Hasil Gold Cup : Amerika & Panama Lolos ke Perempat Final

AS dan Panama lolos ke perempat final Gold Cup 2019 setelah mencatat kemenangan dalam matchday kedua Grup D.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Juni 2019  |  13:21 WIB
Hasil Gold Cup : Amerika & Panama Lolos ke Perempat Final
Ujung tombak Timnas Amerika Serikat Gyasi Zardes ketika menjebol gawang Trinidad & Tobago. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat dan Panama lolos ke perempat final Gold Cup 2019, turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), setelah mencatat kemenangan dalam matchday kedua Grup D.

Bermain di Stadion FirstEnergy di Cleveland, Ohio, tuan rumah AS pesta enam gol tanpa balas ke gawang Trinidad & Tobago yang ditandai dengan masing-masing dua gol kontribusi Aaron Long dan Gyasi Zardes.

AS seperti menemui kesulitan untuk mengakhiri pertandingan pada Minggu (23/6/2019) pagi WIB itu dengan skor telak ketika baru pada menit ke-41 membuka keunggulan lewat Long. Skor 1 - 0 untuk AS bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, AS tetap seperti menemui kesulitan untuk menambah gol. Baru pada menit ke-66 atau hampir separuh masa babak kedua, tuan rumah yang berstatus sebagai juara bertahan mampu menggandakan keunggulan melalui Zardes.

Selepas itu, barulah gol demi gol mengalir deras. Gol ketiga muncul 3 menit berselang kembali lewat Zardes. Pada menit ke-73 atau 4 menit berikutnya giliran Christan Pulisic menjaringkan bola ke gawang lawan untuk mengubah kedudukan menjadi 4 - 0.

Dua gol berikutnya dicetak Paul Joseph Arriola pada menit ke-78 dan kembali Long mencatatkan namanya di papan skor pada menit terakhir waktu reguler. Skor akhir setengah lusin hol tanpa balas untuk kemenangan AS.

Dalam pertandingan sebelumnya yang juga digelar di Stadion FirstEnergy, Panama mencatat kemenangan dengan skor 4 - 2 atas Guyana.

Baru 16 menit pertandingan berjalan, Panama, yang tahun lalu untuk pertama kalinya lolos ke putaran final Piala Dunia, membuka keunggulan lewat aksi Abdiel Arroyo.

Guyana sempat men yamakan kedudukan berkat gol penalti Neil Danns pada menit ke-33, tetapi Panama memulihkan keunggulan akibat gol bunuh diri pemain lawan Terence Vancooten 5 menit menjelang rehat.

Pada babak kedua Panama berhasil menambah dua gol lagi melalui penalti Eric Davis (51’) dan Gabriel Torres (86’), sementara Guyana hanya bisa menambah sebiji gol pada injury time yang dikontribusi Danns, lagi-lagi lewat titik putih.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, AS dan Panama sama-sama mendulang nilai 6 dan dipastikan lolos ke perempat final, sedangkan Guyana dan Trinidad & Tobago tersingkir karena selalu kalah di dua laga awal mereka.

Pertandingan matchday ketiga Grup D dijadwalkan berlangsung pada Kamis (27/6/2019) pagi WIB. Pertandingan AS versus Panama diperlukan untuk menentukan posisi juara dan runner up dengan hasil seri menempatkan AS di pucuk klasemen akhir karena unggul selisih gol.

Sementara itu, pertandingan Guyana versus Trinidad & Tobago digelar sekadar untuk hiburan sebelum kedua tim meninggalkan pulang ke negara mereka.

Langkah AS dan Panama lolos ke fase knock out ini menyusul dua tim di Grup B, Kosta Rika dan Haiti, 2 hari lalu lebih dahulu memastikan menggenggam tiket ke perempat final setelah meraih dua kemenangan di dua matchday awal.

Klasemen sementara Grup D (peringkat, tim, main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

1

Amerika Serikat

2

2

0

0

10

0

+10

6

2

Panama

2

2

0

0

6

2

+4

6

3

Guyana

2

0

0

2

2

8

-6

0

4

Trinidad & Tobago

2

0

0

2

0

8

-8

0

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas as, Timnas Panama

Sumber : Reuters & GoldCup.org

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top