Menggantikan Luis Enrique Latih Timnas Spanyol, Siapa Robert Moreno?

Robert Moreno "dipaksa" masuk ke dalam pekerjaan kepelatihan terbesar di sepak bola Spanyol meskipun tidak memiliki karier bermain dan tidak pernah menjadi pelatih kepala sebuah tim utama.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 20 Juni 2019  |  00:56 WIB
Menggantikan Luis Enrique Latih Timnas Spanyol, Siapa Robert Moreno?
Robert Moreno - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA – Robert Moreno "dipaksa" masuk ke dalam pekerjaan kepelatihan terbesar di sepak bola Spanyol meskipun tidak memiliki karier bermain dan tidak pernah menjadi pelatih kepala sebuah tim utama setelah Luis Enrique mengundurkan diri sebagai pelatih tim nasional pada Rabu (19/6/2019).

Moreno, 41 tahun, diangkat sebagai asisten pelatih ketika Enrique mengambil alih kursi pelatih kepala Spanyol Juli tahun lalu dan bertindak sebagai pelaksana sementara ketika mantan manajer Barcelona itu cuti pada Maret untuk menangani apa yang digambarkan sebagai masalah keluarga yang mendesak.

Spanyol memenangi ketiga pertandingan mereka di bawah Moreno dan unggul 5 poin atas Swedia di fase grup kualifikasi Euro 2020 mereka. Presiden Federasi Luis Rubiales mengatakan penting untuk mempertahankan proyek yang telah dimulai oleh Enrique sehingga pilihan pun jatuh ke Moreno.

"Mereka (staf pelatih) mengatakan kepada saya bahwa mereka siap pergi jika saya menginginkannya, tetapi mereka bekerja dengan sangat baik dan mereka adalah pilihan terbaik," kata Rubiales.

"Hasilnya kelak akan memberi tahu kami apakah saat ini kami membuat pilihan yang tepat atau tidak, tetapi semua pemain mengidentifikasi dengan staf pelatih dan itu adalah keputusan terbaik untuk federasi."

Moreno, yang akan bertanggung jawab sampai setelah Euro 2020, menyebut pengangkatannya "pahit manis", tetapi mengaku siap untuk mengambil peran itu setelah didorong oleh Enrique untuk melakukannya.

"Saya merasakan perasaan yang bertentangan, kesedihan di satu sisi tetapi tanggung jawab di sisi lain. Di atas semua fakta bahwa Luis mendukung kami dan ingin kami melakukan ini, telah membantu saya dengan baik dan membuat saya memutuskan untuk mengambilnya. Dukungannya kunci bagi kami. Saya yakin kami akan meraih hasil yang baik.

"Kami tahu bahwa kami tidak akan menyenangkan semua orang, tetapi kami tidak bisa mengendalikan itu. Yang bisa kami lakukan hanyalah menawarkan untuk bekerja keras dengan para pemain dan membantu mereka, karena merekalah yang akan menentukan apakah kami menang atau kalah."

Moreno, sarjana dari Universitas Barcelona dalam perdagangan dan hubungan internasional, mulai bekerja bersama Enrique dengan tim B Barcelona pada 2010 di departemen penjaringan bakat.

Dia mengikuti Enrique ke AS Roma dan Celta Vigo dan kemudian kembali ke Barca, dengan klub Katalan itu memenangi dua gelar La Liga, tiga trofi Copa del Rey, dan Liga Champions 2015 sebelum Enrique mengundurkan diri pada 2017.

Ditanya tentang kurangnya pengalaman, Moreno membela keyakinannya. "Saya punya pengalaman. Saya sudah bersama Luis selama 9 tahun, mengawasinya bekerja dengan para pemain top di dunia."

"Saya yakin kami akan melakukan pekerjaan dengan baik meskipun saya tidak bisa menjanjikan hasil. Jika kami memenangi Kejuaraan Eropa, tidak ada yang akan ingat apakah saya punya pengalaman atau tidak."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas spanyol

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup