Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luis Enrique Mundur dari Pelatih Spanyol, Digantikan Robert Moreno

Luis Enrique mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Spanyol pada Rabu (19/6/2019) malam WIB.
Luis Enrique/Reuters-Giorgio Perottino
Luis Enrique/Reuters-Giorgio Perottino

Bisnis.com, JAKARTA – Luis Enrique mengundurkan diri dari posisi pelatih Timnas Spanyol pada Rabu (19/6/2019) malam WIB, berselang 3 bulan setelah mengundurkan diri sementara dengan alasan pribadi, dan Robert Moreno menukangi tim tersebut dengan status permanen.

"Karena kenyataan bahwa keadaan yang menghalangi saya untuk menjalankan peran saya sebagai pelatih sejak Maret berlanjut hingga hari ini, saya memutuskan untuk meninggalkan posisi pelatih," kata Enrique dalam pernyataan singkat di laman resmi Timnas Spanyol.

"Saya ingin menunjukkan rasa terima kasih saya kepada semua orang di federasi sepak bola Spanyol (RFEF) atas kepercayaan yang mereka tunjukkan kepada saya dan untuk memahami situasi saya. Juga terima kasih terutama kepada semua anggota staf dan pemain atas profesionalisme mereka, dan media untuk menunjukkan kebijaksanaan dan rasa hormat terhadap situasi ini."

Presiden RFEF Luis Rubiales mengatakan keputusan itu sepenuhnya datang dari Luis Enrique, yang pada Maret lalu pulang ke rumah hanya beberapa jam sebelum kualifikasi Euro 2020 melawan Malta untuk apa yang oleh federasi digambarkan sebagai "masalah keluarga yang sifatnya mendesak".

"Itu keputusan yang diambil Luis untuknya sendiri. Kami akan memiliki ingatan yang sempurna tentangnya. Ini masalah pribadinya kita. Kami pikir itu yang terbaik untuk dia lakukan. Kami tetap bersatu di belakang Luis dan pintu federasi selalu terbuka untuknya," kata Rubiales.

Enrique, 49 tahun, menjadi pelatih kepala Timnas Spanyol pada Juli 2018 selepas tersingkir dari Piala Dunia di Rusia bersama pelatih sementara Fernando Hierro setelah Julen Lopetegui dipecat RFEF akibat membuat persetujuan diam-diam untuk menukangi Real Madrid yang baru ditinggal Zinedine Zidane.

Mengenai pengganti Enrique, Rubiales mengatakan tak ada kandidat selain Robert Moreno yang berangkar dari staf Enrique. “Hanya Robert Moreno solusi yang masuk pertimbangan.”

"Kami memulai proyek olahraga baru di sini setahun yang lalu yang berjalan sangat baik dan kami ingin proyek itu berlanjut. Jika kami menyewa pelatih yang berbeda, proyek itu akan berubah," ujar Rubiales.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper