Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juara Liga Champions 2019, Berapa Hadiah yang Diterima Liverpool?

Gelaran final Liga Champions telah usai dini hari tadi dengan menampilkan raksasa Merseyside Liverpool sebagai raja di Benua Biru Eropa.
Liverpool Juara Liga Champions 2019/REUTERS-Carl Recine
Liverpool Juara Liga Champions 2019/REUTERS-Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA - Gelaran final Liga Champions telah usai dini hari tadi dengan menampilkan raksasa Merseyside Liverpool sebagai raja di Benua Biru Eropa.

All English Final antara Liverpool dan Tottenham Hotspur yang digelar di Madrid ini telah menarik para penggemar untuk menghabiskan ribuan euro demi melihat tim kebanggaannya menang.

Namun demikian, pihak yang akan mengeluarkan duit paling besar tentunya adalah UEFA. Pasalnya sebagai penyelenggara turnamen mereka akan membayar banyak uang untuk hadiah.

Pertanyannya, seberapa besar uang hadiah Liga Champions?

Dilansir dari Metro.co.uk, pihak UEFA tahun ini akan membagikan hadiah senilai €2,4 miliar sekitar Rp38,3 triliun.

Hadiah ini akan dibagikan ke setiap klub, bahkan klub yang lolos pada fase grup juga berpotensi mendapatkan duit  €82,45 juta (Rp1,3 triliun) dengan struktur mencakup biaya dasar untuk babak penyisihan grup senilai €15,25 juta (Rp244 miliar), kemenangan pertandingan senilai €2,7 juta (Rp43 miliar), hasil seri senilai €900.000 (Rp14,3 miliar).

Sementara itu untuk 16 besar klub akan mendapatkan pendapatan  senilai €9,5 juta (Rp152 miliar), perempatfinal senilai €10,5 juta (Rp168 miliar), semi final €12 juta (Rp192 miliar), kalah di final senilai €15 juta (Rp240 miliar) dan juara mencapai €19 juta (Rp304 miliar).

Sebagai pemenang dan runner up berapa banyak uang yang akan didapat Liverpool dan Tottenham?

Seperti sudah dijelaskan di atas, finalis yang menang akan mendapatkan €19 juta sementara runner-up akan meraup €15 juta (belum termasuk pendapatan dari market pool dan bagian penjualan merchandise dari turnamen).

Akan tetapi yang mereka akan dapatkan jauh lebih dari itu. Liverpool sebagai juara mendapatkan hadiah uang €74,35 juta (Rp1,189 triliun), sedangkan Spurs senilai €73,45 juta (Rp1,174 triliun).

Jumlah ini juga tidak termasuk bagian mereka dari market pool,  senilai €292 juta (Rp4,671 triliun) yang dibagi kepada setiap tim yang ikut liga terbesar di Eropa itu berdasarkan nilai pasar televisi.

Ini diperkirakan €110 juta (Rp1,759 triliun) untuk Liverpool dan €109 juta (Rp1,743 triliun) untuk Spurs.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper