Hasil Piala Dunia U-20 : AS, Nigeria Lolos ke 16 Besar. Norwegia Buat Rekor 12 - 0

Amerika Serikat dam Nigeria menyusul Ukraina lolos ke 16 besar Piala Dunia U-20 di Polandia sebagai wakil dari Grup D.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  05:26 WIB
Hasil Piala Dunia U-20 : AS, Nigeria Lolos ke 16 Besar. Norwegia Buat Rekor 12 - 0
Pemain Uruguay U-20 bersukacita selepas menjebol gawang Selandia Baru U-20. - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat dam Nigeria menyusul Ukraina lolos ke 16 besar Piala Dunia U-20 di Polandia sebagai wakil dari Grup D setelah menuntaskan laga terakhir fase grup pada Jumat (31/5/2019) dini hari WIB.

AS lolos sebagai runner up setelah menundukkan Qatar dengan skor tipis 1 - 0 di Stadion Kota Tychy berkat gol semata wayang Timothy Weah pada menit ke-76.

Timothy Weah adalah putra kandung legenda sepak bola Liberia dan AC Milan George Weah yang sekarang menjadi Presiden Liberia. Timothy lahir di New York sehingga kemudian memilih berkewarganegaraan AS.

Sebenarnya AS berpeluang menambah gol pada menit ke-86, tetapi eksekusi penalti Alexis Mendez gagal membuahkan gol.

Di laga lain Grup D yang digelar di Stadion Stadion Miejski Bielsko-Biala di Kota Bielsko-Biala, Nigeria menahan imbang Ukraina 1 - 1. Ukraina, yang sebelum pertandingan dimulai sudah memastikan lolos ke 16 besar, lebih dahulu membuka skor pada menit ke-30 melalui kontribusi Danylo Sikan.

Nigeria menyamakan skor menjadi 1 - 1 lewat eksekusi penalti Mohamed Tijani ketika babak kedua memasuki menit ke-6.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Ukraina finis di posisi teratas dengan nilai 7, AS runner up dengan poin 6, sedangkan Nigeria dengan nilai 4 lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Sementara itu, di Grup C, Norwegia mencatatkan rekor kemenangan terbesar dalam sejarah Piala Dunia U-20 sejak digelar pertama kali pada 1977 di Tunisia dengan mengghancurkan Honduras 12 - 0.

Dari pertandingan di Arena Lublin di Kota Lublin itu, Erling Haland pun mencatatkan rekor tersendiri dengan mencetak sembilan gol dan menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan sepanjang sejarah Piala Dunia U-20.

Meski menang, peluang Norwegia untuk lolos paling tidak sebagai salah satu dari empat peringkat terbaik terhitung kecil karena kahal di dua laga awal dari Uruguay dan Selandia Baru.

Dengan nilai Norwegia hanya 3, apabila di matchday terakhir Grup F Portugal seri saja melawan Afrika Selatan atau Korea Selatan menahan imbang Argentina, maka Norwegia tersingkir.

Begitu pula jika di Grup E Panama menang dengan selisih satu gol saja atas Arab Saudi, Panama mengumpulkan nilai 4 sehingga memastikan Norwegia tersingkir.

Di pertandingan lain di Grup C, Uruguay menaklukkan Selandia Baru dengan skor 2 - 0 di Stadion Widzewa di Lodz melalui gol-gol Darwin Nunez (40’) dan Brian Rodriguez ketika pertandingan babak kedua telah memasuki waktu tambahan.

Pertandingan ini sekadar untuk menentukan juara grup, karena kedua tim telah lolos sejak matchday kedua karena di dua laga awal selalu menang atas Honduras dan Norwegia.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Uruguay tampil sebagai juara grup dengan nilai maksimal 9, diikuti Selanida Baru 6, Norwegia 3, dan Honduras 0.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala dunia u-20, timnas uruguay, Timnas Selandia Baru

Sumber : FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top