Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Barca Tampil Buruk di Lyon, Begini Komentar Ernesto Valverde

Barca dinilai tampil buruk terutama di lini depan saat ditahan Lyon FC 0-0 dinihari tadi, Rabu (20/2/2019). Tapi, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, tetap optimistis dengan peluang mereka pada babak 16 besar Liga Champions ini.
Penyerang FC Barcelona Ousmane Dembele/Reuters-Albert Gea
Penyerang FC Barcelona Ousmane Dembele/Reuters-Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA – Barca dinilai tampil buruk terutama di lini depan saat ditahan Lyon FC 0-0 dinihari tadi, Rabu (20/2/2019). Tapi, pelatih  Barcelona, Ernesto Valverde, tetap optimistis dengan peluang mereka pada babak 16 besar Liga Champions ini.

“Kam mencoba dalam setiap kemungkinan untuk mencetak gol dan menciptakan banyak peluang. Tapi, kami hanya bisa memanfaatkannya sangat sedikit,” kata Valverde.

“Tapi, ini bukan karena kami kurang berusaha, karena kami mencari gol, tapi hari ini kami tidak mendapakan apa yang dicari,” Valverde melanjutkan.

“Peluang masih terbuka dan akan diputuskan di depan suporter kami sendiri di Camp Nou. Kami tidak akan menyangkal bahwa kami mengharapkan hasil yang berbeda dari pertandingan ini. Sebab, hasil ini berbahaya,” kata Valverde lagi.

“Kami tahu bahwa gol tandang memiliki nilai. Tapi, kami adalah tim kuat di kandang dan mengharapkan suasana yang fantastis dari para suporter kami di kadang,” Valverde menambahkan.

Selain itu, Ernesto Valverde juga tidak khawatir dengan kegagalan penyerang Luis Suarez mencetak gol di kandang Lyon FC dinihari tadi.

“Saya tidak khawatir dengan perfoma Suarez dan saya akan lebih khawatir jika ia tidak mendapat satu peluang untuk mencetak gol,” kata Valverde.

“Itulah yang saya minta dari seorang penyerang untuk dikerjakan. Jika ia tidak punya kesempatan untuk membobol gawang lawan, ia bisa menciptakan peluang buat rekan-rekannya,” kata Valverde seperti yang dikutip koran Spanyol, Marca.

“Ia menakutkan bagi lawan-lawannya, tapi sepak bola memang seperti itu dan penyerang akan menghadapi situasi seperti ini. Yang penting, ia punya peluang, ” Valverde melanjutkan.

Untuk tim sekelas Barca, partai tandang dan kandang bisa sama saja artinya. Apalagi, bila kualitas teknik lawan di bawah mereka. Karena itu, hasil 0-0 mereka di kandang Lyon FC dinihari tadi, bisa dianggap sebagai kerugian buat Barca pada pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions.

Setidaknya ada 25 tembakan yang berhasilkan dilakukan para pemain Barcelona ke arah gawang Lyon. Tapi, tak satu pun bisa menghasilkan gol.

Kiper Lyon, Anthony Lopes, menjadi salah satu pahlawan menghadapi tim raksasa dari provinsi Catalan, Spanyol itu. Lopes menahan tendangan Lionel Messi, Luis Suarez, dan Philippe Coutinho.

Tapi, kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen juga bermain cemerlang. Ia antara berhasil menepis tembakan jarak jauh yang akurat dari Martin Terrier. Pertandingan pertemuan kedua 16 besar Liga Champions ini akan berlangsung di Stadion Camp Nou, 13 Maret mendatang.

Barcelona memang masih memelihara reputasi sebagai juara bertahan La Liga Spanyol. Mereka saat ini unggul tujuh poin di puncak klasemen dari urutan kedua, Atletico Madrid. Tapi, pada kejuaraan antarklub Eropa ini, Barcelona sudah tidak pernah juara sejak mereka mengalahkan Juventus pada final 2015.

Barca juga masih berpeluang besar untuk melangkah ke perempat final Liga Champions untuk ke-11 kali beruntun. Pasalnya, mereka akan ganti bermain di kandang sendiri tanpa defisit gol dalam sistem laga kandang-tandangan pada fase gugur ini. Tapi, mereka kembali memperlihatkan kelemahannya di lini depan.

Barca kini sudah menuai hasil seri empat kali dari lima pertandingan terakhir mereka pada semua kompetisi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper