Brasil Gagal ke Piala Dunia U-20, Uruguay Ikuti Argentina Lolos

Brasil gagal lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun ini di Polandia meski di laga terakhir kualifikasi zona Amerika Selatan menaklukkan Argentina.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  17:49 WIB
Brasil Gagal ke Piala Dunia U-20, Uruguay Ikuti Argentina Lolos
Ekuador juara Copa Sudamericana U-20 2019 di Cile. - Conmebol.com

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil gagal lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun ini di Polandia meski di laga terakhir kualifikasi zona Amerika Selatan menaklukkan Argentina—yang telah dipastikan lolos—dengan skor tipis 1 - 0.

Dalam pertandingan di Stadion El Teniente di Rancagua, Cile, pada Senin (11/2/2019) WIB, Brasil menang berkat satu-satunya gol yang dicetak dari titik penalti oleh Lincoln Correa 6 menit menjelang turun minum.

Meski menang, Brasil gagal lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 di Polandia pada pertengahan tahun ini karena dalam klasemen fase akhir Copa Sudamericana U-20 2019 yang sekaligus kualifikasi Piala Dunia U-20 hanya finis di peringkat kelima di bawah Ekuador, Argentina, Uruguay, dan Kolombia.

Dengan kemenangan itu, Brasil mengoleksi nilai 5. Di puncak klasemen atau tampil sebagai juara Copa Sudamericana U-20 2019 adalah Ekuador dengan nilai 10 setelah menaklukkan Venezuela 3 - 0, diikuti Argentina 9, Uruguay 8, dan Kolombia 5.

Nilai Kolombia—di laga terakhir seri 0 - 0 versus Uruguay—sama dengan Brasil, tetapi berhak duduk di peringkat keempat, batas terbawah tiket untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20, karena unggul selisih gol yakni 0 berbanding -2. Venezuela duduk di dasar klasemen putaran akhir dengan nilai 4.

Kegagalan Brasil dan Venezuela ke putaran final Piala Dunia U-20 ini bisa disebut ironis karena Brasil merupakan juara Piala Dunia U-20 terbanyak kedua yakni lima kali, hanya satu di bawah Argentina yang juara paling sering yakni enam kali.

Sementara itu, Venezuela memang belum pernah satu kali pun tampil sebagai juara Piala Dunia U-20, tetapi edisi terakhir 2 tahun lalu di Korea Selatan menjadi runner up, di final dikalahkan Inggris 0 - 1 di Suwon.

Copa Sudamericana U-20 ini diikuti 10 tim anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederacion Sudamericana de Futbol/Conmebol) termasuk empat lainnya ialah tuan rumah Cile, Bolivia, Peru, dan Paraguay.

Ke-10 tim itu dibagi menjadi dua grup. Tiga tim dari setiap grup teratas lolos ke putaran akhir. Venezuela, Brasil, dan Kolombia lolos dari Grup A, sedangkan Ekuador, Argentina, dan Uruguay lolos sebagai wakil Grup B.

Enam tim tersebut beradu di putaran akhir dan empat tim yang finis teratas mewakili zona Conmebol ke putaran final Piala Dunia U-20 yang direncanakan digelar di Polandia pada 23 Mei hingga 15 Juni 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas brasil, piala dunia u-20, timnas argentina, timnas uruguay

Sumber : Soccerway & Conmebol.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top