2 Tim Asia ke Semifinal Piala Dunia Antar-Klub, vs Madrid & River Plate

Dua tim Asia menembus semifinal Piala Dunia Antar-Klub 2018 untuk berhadapan dengan juara Copa Libertadores River Plate dan dan juara Liga Champions Eropa Real Madrid.
M. Syahran W. Lubis | 16 Desember 2018 08:37 WIB
Pemain Al Ain merayakan kemenangan atas Esperance. - Reuters/Andrew Boyers

Bisnis.com, JAKARTA – Dua tim Asia menembus semifinal Piala Dunia Antar-Klub 2018 untuk berhadapan dengan juara Copa Libertadores River Plate dan dan juara Liga Champions Eropa Real Madrid.

Dalam pertandingan perempat final di Stadion Hazza Bin Zayed di Al Ain, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), yang berakhir pada Minggu (16/12/2018) dini hari WIB, wakil tuan rumah Al Ain menggasak juara Liga Champions Afrika Esperance Tunis (Tunisia) dengan skor telak 3 - 0.

Tuan rumah unggul cepat dua melalui Mohamed Ahmad ketika pertandingan baru berjalan 2 menit dan Hussein El-Shahat pada menit ke-16, keduanya dengan memaksimalkan assist Rayan Yaslam.

Pada babak kedua, Al Ain menambah sebiji gol lagi melalui kontribusi Bandar Mohammed pada menit ke-60 dengan memanfaatkan umpan penyerang asal Brasil Caio Lucas Fernandes sehingga skor akhir 3 - 0.

Dengan kemenangan itu, Asia menempatkan dua wakilnya di semifinal dan ini merupakan ketiga kalinya terjadi sejak perhelatan ini digelar dengan format turnamen pada 2000.

Pada edisi 2011 di Jepang, wakil tuan rumah Kashiwa Reysol dan klub Qatar Al Sadd juga berhasil lolos ke semifinal. Begitu juga pada 2015 juga di Jepang, wakil tuan rumah Sanfrecce Hiroshima dan klub China Guangzhou Evergrande masuk semifinal. Namun, keempat tim itu gagal melaju ke final.

Dalam laga perempat final beberapa jam sebelumnya juga di Stadion Hazza Bin Zayed, klub Jepang Kashima Antlers, sebagai juara Liga Champions Asia menundukkan juara Liga Champions Concacaf (Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, Karibia) Chivas Guadalajara.

Di semifinal, Al Ain akan berhadapan dengan juara Copa Libertadores, turnamen antarklub Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), klub Argentina River Plate, pada Selasa (18/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB.

Semifinal lainnya mempertemukan Real Madrid dengan Kashima Antlers pada Rabu (19/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB.

Pertandingan final direncanakan berlangsung pada Sabtu (22/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB di Zayed Sports City di Abu Dhabi.

Real Madrid, klub La Liga Spanyol, merupakan juara bertahan. Di final Piala Dunia Antar-Klub tahun lalu yang juga digeber di UEA, Madrid menundukkan klub Brasil Gremio 1 - 0 berkat gol semata wayang Cristiano Ronaldo—yang kini membela juara Serie A Italia Juventus—pada menit ke-53.

Madrid dan River Plate, sebagai dua tim unggulan dalam turnamen ini, langsung ditempatkan sebagai semifinalis.

Sumber : Reuters

Tag : Piala Dunia Antar Klub
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top