Kejutan, Kashima ke Semifinal Piala Dunia Antar-Klub Hadapi Madrid

Kashima Antlers, juara Liga Champions Asia, membuat kejutan dengan menundukkan klub Meksiko Chivas Guadalajara di 8 besar untuk menghadapi Real Madrid di semifinal Piala Dunia Antar-Klub.
M. Syahran W. Lubis | 15 Desember 2018 23:32 WIB
Pemain Kashima Antlers Hiroki Abe (kiri) merayakan golnya ke gawang Chivas Guadalajara bersama Koki Anzai. - Reuters/Ahmed Jadallah

Bisnis.com, JAKARTA – Kashima Antlers, juara Liga Champions Asia, membuat kejutan dengan menundukkan klub Meksiko Chivas Guadalajara di 8 besar untuk menghadapi Real Madrid di semifinal Piala Dunia Antar-Klub.

Kemenangan Kashima Antlers itu bisa dikategorikan sebagai sukses besar mengingat Guadalajara berkiprah dalam turnamen ini dengan status sebagai juara Liga Champions Concacaf (Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia).

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Hazza Bin Zayed di Al Ain, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada Sabtu (15/12/2018) malam WIB, Guadalajara sempat unggul lebih dahulu melalui kontribusi Angel Zalvidar pada menit ke-3.

Namun, Kashima Antlers, yang bermarkas di Kashima dan didukung perusahaan Nippon Steel & Sumitomo Metal, membalas tiga gol pada babak kedua lewat Ryota Nagaki (49’), penalti Serginho (69’), dan Hiroki Abe (84’).

Guadalajara hanya bisa menambah satu gol lagi pada waktu tambahan babak kedua. Setelkah menyaksikan sideo asisten wasit (VAR), Wasit Tessema Bamlak dari Ethiopia menetapkan penalti untuk Guadalajara setelah bek Kashima Shuto Yamamoto menjatuhkan Jair Pereira di kotak terlarang.

Eksekusi Alan Pulido dapat digagalkan kiper Kasima asal Korea Selatan Kwoun Sun-tae, tetapi bola rebound justru didorong masuk bek Kashima asal Brasil Leo Silva ke gawang sendiri sehingga skor akhir 3 - 2 untuk Kashima.

Dengan hasil pertandingan tersebut, Kashima Antlers akan berhadapan dengan juara Liga Champions Eropa Real Madrid di semifinal yang dijadalkan berlangsung pada Rabu (19/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB.

Di semifinal lainnya, juara Copa Libertadores, turnamen antarklub Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), klub Argentina River Plate, akan meladani pemenang laga 8 besar Al Ain, wakil tuan rumah, melawan juara Liga Champions Afrika ES Tunis dari Tunisia, yang digelar pada Sabtu tengah malam WIB ini.

Pertandingan semifinal River Plate melawan pememang Al Ain versus ES Tunis digelar pada Selasa (18/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB, sedangkan final direncanakan berlangsung pada Sabtu (22/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB.

Real Madrid, klub La Liga Spanyol, merupakan juara bertahan. Di final Piala Dunia Antar-Klub tahun lalu yang juga digeber di UEA, Madrid menundukkan klub Brasil Gremio 1 - 0 berkat gol semata wayang Cristiano Ronaldo—yang kini membela juara Serie A Italia Juventus—pada menit ke-53.

Sumber : Reuters

Tag : real madrid, river plate, Piala Dunia Antar Klub
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top