Hasil Liga Champions: Madrid Hajar Roma, Keduanya Lolos ke 16 Besar

Real Madrid menundukkan AS Roma dengan skor 2 - 0 dalam matchday kelima Grup G dan keduanya memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa.
M. Syahran W. Lubis | 28 November 2018 06:39 WIB
Pemain Real Madrid Lucas Vazquez (kanan) men jebol gawang AS Roma. - Reuters/Tony Gentile

Bisnis.com, JAKARTA – Real Madrid menundukkan AS Roma dengan skor 2 - 0 dalam matchday kelima Grup G pada Rabu (28/11/2018) pagi WIB dan keduanya memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions Eropa.

Seperti dilansir laman resmi Union of European Football Associations (UEFA), kemenangan Madrid di Stadion Olimpico Roma, Italia, didapat berkat gol-gol di babak kedua yang dibukukan Gareth Bale dan Lucas Vazquez, yang membuat sang juara bertahan dipastikan memuncaki klasemen grup berkat keunggulan catatan head to head atas sang tuan rumah.

Seperti Madrid, Roma telah mengamankan tempat di fase gugur dengan satu pertandingan tersisa berkat kemenangan 2 - 1 yang didapat Viktoria Plzen di markas CSKA Moskwa dalam pertandingan yang dimainkan lebih awal, yang membuat pasukan Eusebio di Francesco unggul 5 poin dari tim di peringkat ketiga.

Madrid dan Roma menuju pertandingan ini dengan sama-sama mengoleksi 9 poin, namun keduanya menelan kekalahan yang mengejutkan di liga domestik pada akhir pekan, klub Italia itu kalah 0 - 1 di markas tim papan bawah Udinese sedangkan Madrid dihantam 0 - 3 oleh tim papan tengah Eibar.

Roma tidak diperkuat penyerang Edin Dzeko yang cedera, pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini dengan koleksi lima gol, dan absennya pemain Bosnia itu begitu terasa pada babak pertama.

Kiper Real Thibaut Courtois memblok upaya Patrick Schick dari jarak dekat sebelum Aleksander Kolarov melepaskan sepakan jarak jauh yang melebar, namun Cengiz Under menyia-nyiakan peluang terbaik sebelum turun minum ketika ia melepaskan tembakan yang melambung dari jarak dekat.

Tim tuan rumah harus membayar kegagalan-kegagalan itu ketika Real membuka keunggulan pada menit kedua babak kedua, saat pemain Wales Bale merebut bola sundulan Federico Fazio, sebelum mengarahkan bola ke sudut gawang.

Pasukan Santiago Solari menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-60. Bale mengirim umpan silang melengkung dan Karim Benzema menyodorkannya kepada Vazquez untuk disambar menjadi gol.

Hal itu membuat Roma terguncang dan tim tamu mengancam untuk mencetak gol ketiga, di mana Marcelo dan Benzema menguji kiper Robin Olsen yang mengawal gawang Roma.

Hasil ini mengakhiri laju delapan pertandingan kandang tanpa terkalahkan di Liga Champions untuk Roma, ketika Madrid menjadi tim tandang pertama yang membawa kemenangan di Olimpico pada kancah Eropa sejak Porto melakukannya pada Agustus 2016.

Di Stadion Luzhniki di Moskwa, Rusia, tuan rumah CSKA menyerah 1 - 2 dari tamunya yang datang dari Republik Ceska, Viktoria Plzen.

CSKA membuka keunggulan dari titik penalti pada menit ke-10, tetapi gagal mencegah dua gol tamu pada babak kedua yang dikontribusi Roman Prochazka (56’) dan Lukas Hejda (81’).

Dengan hasil dua pertandingan itu, klasemen sementara hingga matchday kelima dipimpin Madrid 12, diikuti Roma 9, keduanya lolos ke 16 besar, serta Viktoria dan CSKA masing-masing 4 dan dipastikan tersingkir walaupun setiap tim masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Sumber : Reuters & Antara/UEFA.com

Tag : liga champions, real madrid, as roma
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top