Ada ‘Penalti Hantu’ di Jayapura, Persipura Gasak Persebaya 3 - 1

Persipura Jayapura balik ke jalur kemenangan setelah dalam empat pertandingan sebelumnya di Liga 1 hanya bisa meraih hasil seri dua kali dan kalah juga dua kali.
M. Syahran W. Lubis | 30 Oktober 2018 15:24 WIB
Persipura Jayapura - Antara/Indrayadi TH

Bisnis.com, JAKARTA – Persipura Jayapura balik ke jalur kemenangan setelah dalam empat pertandingan sebelumnya di Liga 1 hanya bisa meraih hasil seri dua kali dan kalah juga dua kali.

Dalam pertandingan pekan ke-28 Liga 1 di Stadion Mandala di Jayapura, Papua, pada Selasa (30/10/2018) Persipura berhasil memetik kemenangan dengan skor telak 3 – 1 atas tamunya, Persebaya Surabaya.

Pertandingan ini tak ubahnya merupakan pertemuan dua saudara, mengingat setidaknya empat pemain Persebaya yang ikut bermain di laga kali ini adalah eks-pemain Persipura. Mereka adalah Feri Pahabol, Ricky Kayame, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi.

Di luar keempat pemain itu, dua pemain Persebaya lainnya juga eks-pemain Persipura yakni Fandri Imbiri yang tidak diturunkan pelatih Djadjang Nurdjaman serta Robertino Pugliara yang sedang cedera berat sehingga harus absen sampai akhir musim.

Dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh Indosiar, Persipura membuka keunggulan pada menit ke-6 melalui kapten tim Boaz Solossa dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah mendapat umpan mendatar dari Gunansar Mandowen.

Setelah sejumlah peluang gagal dikonversi menjadi gol, tuan rumah mendapatkan gol kedua pada menit ke-56 melalui sontekan Marcio Rosario menuntaskan setelah menerima umpan dari sesama pemain belakang Ricardo Salampessy.

Persipura mencetak gol ketiga pada menit ke-66 melalui ujung tombak Hilton Moreira dengan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti, lagi-lagi Gunansar Mandowen yang memasok assist umpan tarik dengan cerdik setelah melihat Moreira dalam posisi bebas.

Persebaya menghasilkan satu gol balasan pada menit ke-71 dari titik penalti. Penalti ini diberikan wasit Agus Fauzan Arifin tanpa alasan jelas setelah kiper Persipura Dede Sulaiman meninju bola keluar kotak penalti.

Penalti ini bisa disebut ‘penalti hantu’ karena sama sekali tidak terlihat apa penyebab wasit memutuskan memberi hadiah penalti untuk Persebaya. Bahkan, beberapa pemain Persebaya sendiri sempat memperlihatkan mimik wajah tak percaya mendapat hadiah penalti.

Skor 3 – 1 terpelihara hingga pertandingan berakhir, membawa Persipura naik tiga setrip ke posisi kesembilan dengan nilai 38, sedangkan Persebaya turun satu setrip ke slot ke-12 dengan koleksi poin 35.

Tag : persipura, persebaya, Liga 1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top