Hasil Piala Asia U-19, Indonesia Libas Chinese Taipei 3 - 1

Timnas Indonesia menundukkan Chinese Taipei (Taiwan) dengan skor 3 – 1 dalam pertandingan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Utama Bung Karno di Senayan, Jakarta, pada Kamis (18/10/2018) malam.
M. Syahran W. Lubis | 18 Oktober 2018 21:08 WIB
Penyerang Timnas Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri dikepung tiga pemain Chinese Taipei (Taiwan) dalam pertandingan Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Indonesia menang 3 - 1. - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia menundukkan Chinese Taipei (Taiwan) dengan skor 3 – 1 dalam pertandingan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Utama Bung Karno di Senayan, Jakarta, pada Kamis (18/10/2018) malam.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI, pada babak pertama Garuda Muda menekan habis-habisan wilayah pertahanan Chinese Taipei, tetapi para penyerang Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Rafli Mursalim, dan Witan Sulaeman selalu gagal menembus pertahanan ketat anak asuh Vom Ca Nhum.

Di sisi lain, Chinese Taipei hanya mengandalkan serangan balik terutama melalui penyerang naturalisasi mereka, William Donkin, tetapi tidak terlalu merepotkan penjaga gawang Indonesia Muhammad Riyandi.

Salah satu peluang terbaik Indonesia didapat pada ujung babak pertama ketika Egy telah mendekati gawang lawan, tetapi kontrol bolanya tidak sempurna dan bola bergulir ke sisi kiri gawang Chinese Taipei yang dikawal kiper Li Guan Pei.

Memasuki babak kedua, Indonesia meneruskan tekanan ke lini pertahanan Chinese Taipei. Hasilnya, 5 menit berjalan, Egy berhasil menjebol gawang lawan dengan tendangan kaki kiri setelah memanfaatkan umpan silang dari Witan.

Namun, hanya 3 menit kemudian, Chinese Taipei berhasil melesakkan gol balasan. Huang Jyun-Wun menyisir sisi kiri pertahanan Indonesia dan melepas umpan ke kotak penalti yang dapat disambar Wang Chung-Yu. Bola sempat menyentuh kiper Muhammad Riyandi, tapi tetap meluncur masuk gawang.

Indonesia berhasil memulihkan keunggulan pada menit ke-70 melalui sundulan kepala Witan memanfaatkan kemelut di hadapan gawang lawan yang bermula dari situasi tendangan bebas.

Anak asuh Indra Sjafri menegaskan keunggulan kembali lewat Witan dan andil Egy sangat besar dalam proses terjadinya gol ketiga pada menit ke-89. Pergerakan Egy memaksa kiper Li keluar dari garis gawang, dia lalu menyodorkan bola kepada Witan yang menuntaskan dengan tendangan keras mendatar.

Dengan kemenangan ini, Indonesia memimpin klasemen sementara Grup A dengan nilai 3, sama dengan Uni Emirat Arab yang pada Kamis petang menundukkan Qatar 2 – 1, tapi selisih gol Indonesia lebih baik 2 berbanding 1 milik UEA.

Piala Asia U-19 diikuti 16 tim yang dibagi menjadi empat grup dengan setiap grup diisi empat tim. Setiap dua tim teratas di klasemen akhir fase grup lolos ke perempat final atau 8 besar.

Kontestan di grup lain, Grup B diisi Jepang, Irak, Thailand, Korea Utara. Grup C dihuni Vietnam, Korea Selatan, Australia, Jordania. Adapun di Grup D akan bersaing Arab Saudi, Tajikistan, China, dan Malaysia.

Target Indonesia minimal finis sebagai semifinalis untuk menggenggam selembar tiket sebagai satu dari empat wakil Asia ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun depan di Polandia.

Tag : piala asia u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top