Prediksi MU Vs Tottenham: Shearer Nilai MU Tidak Punya Pemimpin

Prediksi MU Vs Tottenham: Shearer Nilai MU Tidak Punya Pemimpin
Newswire | 27 Agustus 2018 18:55 WIB
Manajer Tim Manchester United Jose Mourinho dan Paul Pogba - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan penyerang Inggris, Alan Shearer, menilai Manchester United atau MU tak memiliki kepemimpinan yang kuat baik di lapangan maupun di level klub. Meskipun telah mendatangkan pelatih kawakan dan membeli pemain bintang, MU masih terus gagal meraih kembali gelar Liga Inggris.

Dalam kolomnya di laman The Sun, Shearer menilai hilangnya kepemimpinan di tubuh MU terjadi seiring dengan mundurnya Alex Ferguson dari kursi kepelatihan lima tahun lalu.

"United telah mencoba segalanya untuk menunda kemerosotan. Tiga manajer dan ratusan juta mereka habuskan untuk membeli pemain, tetapi mereka tampak tak memiliki rencana," tulis Shearer.

Dia menilai kemerosotan di tubuh MU terjadi karena tak adanya kepemimpinan yang bisa memberikan klub itu arahan yang tepat. Mourinho sebagai manajer, petinggi klub dan pemainnya tak memiliki arah yang sama kemana mereka akan berjalan.

Kejadian itu, menurut Shearer, tak akan terjadi di bawah Alex Ferguson dan David Gill.

"Pekan lalu kita bahkan bisa melihat agen Paul Pogba mengkritik legenda klub dan mempertanyakan kemampuan manajernya," ujar eks penyerang Blackburn Rovers dan Newcastle United itu.

Di lapangan, menurut Shearer, Pogba pun tampak tak bisa diandalkan sebagai pemimpin para pemain MU. Menurut dia, Pogba tak bisa menyalahkan taktik Mourinho yang membuat dia bermain bukan di posisi terbaiknya.

Sebagai pemain profesional, Pogba seharusnya memberikan penampilan terbaik dimana pun Mourinho menempatkannya. Shearer meminta Pogba mencontoh Wayne Rooney yang selalu berupaya memberikan yang terbaik meskipun tak selalu bermain di posisi terbaiknya.

"Kita bisa melihat apa yang Pogba bisa lakukan di Rusia. Kita melihat pemain yang diharapkan bisa menunjukan permainan seperti itu di Old Trafford setiap pekannya. Tetapi Pogba tak pernah mencapai level permainan seperti itu sejak dia bergabung bersama United," ujarnya.

"Jangan beralasan soal tak bermain di posisi terbaiknya atau karena tak menyukai taktik manajer. Dia harus terbiasa dengan itu dan mencontoh Wayne Rooney. Penyerang hebat di klub dan negara yang secara rutin selalu berpindah di lapangan dia melakukannya dengan sangat baik."

"Saya tak peduli anda menyukai manajer atau tidak. Anda adalah seorang profesional yang dibayar mahal. Dimana kebanggaan anda sebagai pemain profesional? Pogba harus segera mengeluarkan penampilan terbaiknya dan suruh agennya untuk menutup mulut," lanjutnya.

Menurut Shearer, MU harus memperbaiki semuanya dari awal sebelum semuanya terlambat. Dia menilai pihak klub yang diwakili oleh Woodward harus menyatakan kepada publik bahwa mereka sepenuhnya mendukung Mourinho.

Soal pilihan mengganti Mourinho, Shearer menilai hal itu bukan sesuatu yang bagus. Pasalnya, menurut dia, manajer baru akan membuat MU kembali ke titik nol karena dia pasti akan menerapkan taktik baru dan menginginkan pemain baru.

"Saya belum mendengar sepatah kata pun dari Woodward mengatakan bahwa pihak klub mendukung penuh manajer mereka. Jika ini terus terjadi, Mourinho akan pergi sebelum Desember dan itu bukan kabar baik untuk Manchester United."

"Kenapa? Karena mereka akan kembali ke titik nol lagi. Manajer baru dengan ide yang berbeda dan akan menginginkan pemain lain. Manajer yang akan meminta waktu dan kesabatan. Dengan begitu, periode transisi akan kembali terjadi," kata Shearer.

Mourinho memang tengah dalam ancaman setelah kekalahan MU dari Brighton and Hove Albion pekan lalu. Dia dikabarkan akan digantikan oleh eks pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Meskipun kabar tersebut telah berhembus kencang, belum ada sepatah kata pun dari pihak klub. Petinggi-petinggi MU tampak bungkam dan tak memberikan dukungan kepada Jose Mourinho.

MU akan melawan Tottenham Hotspur di lanjutan Liga Inggris pekan ke-3 di Stadion Old Trafford, Selasa (28/8/2018) dini hari.

Sumber : Tempo

Tag : manchester united, tottenham
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top