Feyenoord Rebut Piala Super Belanda, Bekuk PSV di Eindhoven

Feyenoord Rotterdam berhasil merengkuh Johan Cruijff Schaal (Piala Super Belanda) setelah menaklukkan PSV Eindhoven melalui adu penalti dengan skor 6 – 5.
M. Syahran W. Lubis | 05 Agustus 2018 11:07 WIB
Feyenoord Rotterdam juara Piala Super Belanda. - NOS

Bisnis.com, JAKARTA – Feyenoord Rotterdam berhasil mempertahankan Johan Cruijff Schaal (Piala Super Belanda) setelah menaklukkan PSV Eindhoven melalui adu penalti dengan skor 6 – 5  setelah permainan selama 120 menit berakhir tanpa gol.

Dalam pertandingan pada Minggu (8/5/2018) dini hari WIB yang dimainkan di Stadion Philips di Kota Eindhoven, yang merupakan markas PSV, tuan rumah gagal mengambil keuntungan kecuali hanya penguasaan bola yang sedikit lebih dominan yakni mencapai 56 persen.

Selebihnya, serangan demi serangan silih berganti tak menghasilkan gol sehingga penentuan pemenang mesti ditetapkan melalui tos-tosan alias adu penalti.

Jalannya adu penalti cukup sengit. Masing-masing tim harus mengeksekusi penalti hingga delapan tembakan setelah dalam lima kesempatan pertama skor 4 – 4 dan setiap tim kemudian juga gagal menjebol gawang lawannya dalam dua kali kesempatan eksekusi.

Jordy Clasie menjadi penendang penalti yang menentukan kemenangan Feyenoord pada eksekusi kedelapan setelah eksekusi kedelapan dari PSV gagal dilaksanakan dengan sempurna oleh Pablo Rosario.

Perebutan Piala Super Belanda ini mempertemukan PSV sebagai juara kompetisi reguler Eredivisie dan Feyenoord Rotterdam sebagai juara Piala Belanda (KNVB Beker).

Ini merupakan gelar keempat Piala Super Belanda bagi Feyenoord sepanjang sejarah termasuk tahun lalu ketika menang adu penalti 4 – 2 atas Vitesse Arnhem setelah permainan 120 nmenit berakhir 1-1.

Adapun PSV merupakan pengoleksi trofi ini terbanyak yakni 11 kali, diikuti Ajax Amsterdam delapan kali. Kemudian, Twente mendapatkannya dua kali, sedangkan Utrecht, AZ Alkmaar, PEC Zwolle, dan SVV Schiedamse masing-masing satu kali.

Perebutan Piala Belanda digelar pertama kali pada 1949 dengan SVV menaklukkan Quick 1888 Nijmegen dengan skor 2 – 0 di Stadion Goffer di Nijmegen.

Namun, perhelatannya kemudian terhenti dan baru dimulai pagi pada 1991 dengan Feyenoord muncul sebagai pemenang setelah menundukkan PSV 1 – 0 di Stadion De Kuip, Rotterdam.

Selain pada 1991 dan dua perhelatan terakhir, Feyenoord meraih trofi Piala Belanda juga pada edisi 1999 dengan mengatasi tuan rumah Ajax Amsterdam 3 – 2 di Amsterdam Arena.

Sumber : Football Oranje & NOS

Tag : eredivisie, Piala Belanda
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top