Hasil Brasil Vs Belgia: Kalahkan Brasil, Belgia Ke Semifinal

Hasil Brasil Vs Belgia: Kalahkan Brasil, Belgia Ke Semifinal
Andhika Anggoro Wening | 07 Juli 2018 02:54 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Brasil vs Belgia di perempat final Piala Dunia 2018  berakhir dengan kemenangan Belgia, skor 2-1.

Jalannya pertandingan

Dalam pertandingan yang digelar di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari, kedua tim menurunkan kekuatan terbaiknya.

Peluang pertama di pertandingan ini didapatkan Brasil lewat Thiago Silva di menit ke-7 namun sontekannya yang memanfaatkan sundulan flick Miranda terlalu lemah dan membentur mistar gawang.

Asyik menyerang, Brasil malah tertinggal lebih dahulu dari Belgia. Fernandinho melakukan gol bunuh diri pada menit 13 setelah gagal menghalau bola yang malah mengenai tangannya. Skor Brasil vs Belgia 0-1.

Brasil kembali menyerang. Sepakan keras Philippe Coutinho pada menit 20 dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap dengan baik kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Marcelo yang kembali bermain setelah cedera, mencoba keberuntungannya dengan melakukan tembakan usai meliukliuk melewati pemain Belgia, lagi-lagi peluang Brasil dimentahkan Courtois.

Gollll...Belgia kembali mencetak gol di menit 31. Lewat serangan balik cepat yang dimotori Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne menjebol gawang Brasil yang jaga Alisson dengan tendangan kerasnya ke sudut kanan gawang. Skor Brasil vs Belgia 0-2.



Hilangnya Casemiro di skuat Brasil karena terkena akumulasi kartu kuning sangat terasa. Karena lini tengah Brasil sangat bolong saat mengantisipasi serangan balik Belgia.

Brasil harus mengubah gaya bermain mereka jika ingin mencetak gol di pertandingan ini.

Courtois melakukan penyelamatan combo dengan menangkis dua peluang bersih Brasil dalam mencetak gol di nenit 36. Skor Brasil vs Belgia masih 0-2.

Kali ini giliran Alisson yang beraksi di menit 40 dan 41. Setelah menepis tendangan bebas, Alisson dengan cekatan menangkap bola flick dari Vincent Kompany.

Masuk babak kedua, Brasil mengubah permainan dengan memasukkan Firmino dan membuat Neymar bebas berkreasi di lini tengah menopang serangan.

Gabriel Jesus jatuh di kotak penalti setelah melakukan aksi individu pada menit 55. Brasil sempat mendapat penalti namun setelah dicek di VAR, wasit Milorad Mazic dari Serbia menganulir keputusan penalti tersebut.

Belgia kembali mengancam gawang Brasil pada menit 62. Lewat serangan balik cepat, tendangan Eden Hazard menyamping tipis dari gawang Alisson.

Brasil terus melakukan serangan. Kali ini Douglas Costa mencoba tendangan dari jarak jauh tapi bisa diselamatkan Courtois. Skor Brasil vs Belgia masih 0-2 hingga menit 72.

Gollllll...Setelah melakukan serangan terus menerus, Brasil akhirnya bisa mencetak gol. Renato Agusto yang baru masuk di babak kedua mencetak gol lewat sundulan kepalanya di menit 76 memanfaatkan umpan terobosan Coutinho.



Tendangan Firmino di menit 78 melambung tipis di atas mistar gawang Courtois. Brasil yang mendapat momentum kebangkitan semakin semangat menyerang setelah gol Renato Agusto.

Renato Agusto nyaris mencetak gol keduanya di menit 80. Sayang, meski sudah berhadapan dengan langsung dengan Courtois dan tanpa pengawalan tendangannya malah melebar.

Courtois melakukan penyelamatan akrobatik sangat penting dalam pertandingan ini setelah menepis tendangan Neymar di menit 93.

Hingga wasit meniupkan pluit terakhir, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Belgia. Dengan kemenangan ini maka Belgia menembus babak semifinal dan akan berhadapan dengan Prancis yang maju ke fase empat besar usai menundukkan Uruguay dengan skor 2-0.

Kekalahan Brasil ini membuat tidak ada lagi tim asal Amerika Selatan di Piala Dunia 2018.

Susunan pemain Brasil vs Belgia:

Brasil:

Goalkeeper: 1 Alisson (Roma)

Defenders: 22 Fagner (Corinthians), 12 Marcelo (Real Madrid), 2 Thiago Silva (Paris St Germain), 3 Miranda (Inter Milan)

Midfielders: 17 Fernandinho (Manchester City), 15 Paulinho (Barcelona), 11 Philippe Coutinho (Barcelona), 19 Willian (Chelsea)

Forwards: 10 Neymar (Paris St Germain), 9 Gabriel Jesus (Manchester City)

Belgia:

Goalkeeper: 1 Thibaut Courtois (Chelsea)

Defenders: 2 Toby Alderweireld (Tottenham), 4 Vincent Kompany (Manchester City), 15 Thomas Meunier (Paris St Germain), 5 Jan Vertonghen (Tottenham)

Midfielders: 7 Kevin de Bruyne (Manchester City), 8 Marouane Fellaini (Manchester United), 10 Eden Hazard (Chelsea), 6 Axel Witsel (Tianjin Quanjian)

Forwards: 22 Nacer Chadli (West Brom), 9 Romelu Lukaku (Manchester United)


Data fakta Brasil dan Belgia:

- Brasil memainkan perempat final untuk turnamen Piala Dunia ketujuh berturut-turut. Mereka hanya keluar dua kali pada tahap ini dalam pertandingan itu (melawan Prancis pada 2006 dan Belanda pada 2010).

- The Selecao telah tersingkir dari Piala Dunia oleh tim Eropa di masing-masing dari tiga turnamen terakhir (Prancis pada 2006, Belanda pada 2010 dan Jerman pada 2014).

- Eden Hazard telah terlibat langsung dalam 19 gol dalam 18 pertandingannya untuk Belgia di bawah pelatih Roberto Martinez, mencetak 10 gol dan sembilan assist.

- Neymar telah terlibat dalam 20 gol dalam 19 pertandingan terakhirnya untuk Brasil, mencetak 11 gol dan mencetak sembilan assist untuk rekan satu tim.

- Romelu Lukaku dari Belgia telah mencetak empat gol di Piala Dunia dan lima tembakan diantaranya menyasar target.


Tag : piala dunia 2018
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top