Hasil & Jadwal Piala Dunia: Brasil & Swiss Wakili Grup E ke 16 Besar

Brasil dan Swiss sukses mewakili Grup E ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam matchday ketiga pada Kamis dini hari WIB (28/6/2018), Brasil menggulung Serbia dengan skor 2-0, sedangkan Swiss imbang 2-2 versus Kosta Rika.
M. Syahran W. Lubis | 28 Juni 2018 02:57 WIB
Paulindo setelah mencetak gol Brasil ke gawang Serbia. - Reuters/Axel Schmidt

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil dan Swiss sukses mewakili Grup E ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam matchday ketiga pada Kamis dini hari WIB (28/6/2018), Brasil menggulung Serbia dengan skor 2-0, sedangkan Swiss imbang 2-2 versus Kosta Rika.

Dengan hasil dua laga tersebut, Brasil memuncaki klasemen akhir Grup E dengan nilai 7, sedangkan Swiss menjadi runner up Grup E juga dengan koleksi 5 angka.

Adapun Serbia dan Kosta Rika tersingkir. Serbia yang hanya menang satu kali dengan skor 1-0 atas Kosta Rika di pertandingan pembuka menempati peringkat ketiga dengan nilai 3, sedangkan Kosta Rika finis di dasar klasemen tanpa dengan nilai 1.

Dalam pertandingan di Otkrytiye Arena di Moskwa yang disiarkan secara langsung oleh Trans TV, Brasil menang 2-0 atas Serbia. Saat turun minum, Brasil telah unggul 1-0 berkat gol Paulinho.

Penyerang yang sehari-hari merumput bersama FC Barcelona itu dengan cerdik melob bola melewati kepala kiper Serbia Vladimir Stojkovic pada menit ke-36 setelah menerima umpan terobosan dari Philippe Coutinho.

Memasuki babak kedua, Serbia mencoba memberikan gol balasan dan memforsir serangan mengingat hanya kemenangan yang bisa membawa mereka lolos ke fase knock out.

Namun, Brasil justru berhasil mencetak gol kedua mereka pada menit ke-68 melalui sundulan kepala pemain belakang Thiago Silva dengan menyambar umpan sepak pojok Neymar da Silva Jr.

Selepas itu, Brasil berulang kali kembali membahayakan gawang Serbia, tetapi tidak terjadi gol tambahan sehingga pertandingan berakhir dengan skor 2-0.

Sementara itu pada saat bersamaan di Stadion Nizhny Novgorod di Kota Nizhniy Novgorod, Swiss diimbangi Kosta Rika dengan skor 2-1.

Dalam laga yang disiarkan secara langsung oleh Trans7, Blerim Dzemaili membuka keunggulan Swiss pada menit 31, tapi sempat disamakan menjadi 1-1 oleh Kosta Rika lewat Kendall Watson pada menit 56.

Swiss kembali memimpin 2-1 melalui kontribusi gol penentu Josip Drmic 3 menit menjelang laga usai. Namun, Kosta Rika menyamakan skor menjadi 2-2 akibat gol bunuh diri kiper Yann Sommer saat injury time. Tendangan penalti Bryan Ruiz menghantam mistar gawang, memantul kena tubuh Sommer dan malah masuk gawang, 2-2.

Di 16 besar, Brasil akan bertemu runner up Grup F Meksiko pada Senin (2/7/2018) mulai pk. 21:00 WIB, sedangkan Swiss jumpa juara Grup F Swedia 24 jam kemudian.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top