Piala Dunia 2018: Kemenangan Meksiko Torehkan Rekor untuk Rafael Marquez

Meksiko berhasil mengalahkan juara bertahan, Jerman, dengan skor 1-0 di laga pembuka penyisihan Grup F Piala Dunia 2018.
Stefanus Arief Setiaji | 18 Juni 2018 00:29 WIB
Diego Alonso (tengah) bersama pemain Pachuca (Meksiko). - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA — Meksiko berhasil mengalahkan juara bertahan, Jerman, dengan skor 1-0 di laga pembuka penyisihan Grup F Piala Dunia 2018.

Sukses Meksiko itu rupanya menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Rafael Marquez, bek berusia 39 tahun.

Turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-74, Marquez mengukir rekor sebagai salah satu pemain yang paling banyak tampil di Piala Dunia.

Mantan punggawa Barcelona itu berhasil tampil di lima ajang Piala Dunia, mulai pada 2002, 2006, 2010, 2014, dan 2018.

Selain Marquez, pemain lainnya yang tampil di lima ajang Piala Dunia adalah Lothar Matthaus (Jerman)  dan Gianluigi Buffon (Italia). 

Kehadiran Marquez saat melawan Jerman menggantikan Andres Guardado, memberikan kepercayaan tersendiri bagi pemain lainnya.

Pengalamannya di lini belakang terbukti mampu meredam serangan bak gelombang anak asuh Joachim Loew. Praktis, Mezut Ozil dkk. gagal membongkar lini belakang Meksiko.

Kekalahan Jerman itu juga menegaskan adanya 'kutukan' bagi juara bertahan yang acapkali menelan kekalahan di pertandingan perdana selepas mampu merengkuh juara dunia 4 tahun silam.

Tag : piala dunia 2018
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Top