Piala Dunia 2018: Siap-Siap, Kuda Hitam Grup H Bakal Menyerbu

Meski tim-tim papan atas meraih dukungan dengan mudah, bukan berarti kesebelasan kuda hitam tak mampu unjuk gigi. Simak profil tim yang bertarung di Grup H.
Newswire | 14 Juni 2018 18:52 WIB
Trofi Piala Dunia FIFA 2018 dipamerkan sebelum Kongres FIFA ke-68 di Moskow, Rusia 13 Juni 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Ketika genderang Piala Dunia 2018 di Rusia mulai ditabuh, bunyinya dengan mudah ditangkap jutaan penggemar sepak bola di yang memang sudah bersiap untuk itu.

Para penonton menyerap gelora Piala Dunia dalam-dalam. Bagi penggemar sejati, itulah saatnya energi dikeluarkan untuk mendukung tim idola.

Meski belum pernah ada survei, bisa diperkirakan tim-tim mantan juara Piala Dunia seperti Brasil, Jerman, Argentina, Inggris, Spanyol, Prancis menjadi yang paling banyak mendapat dukungan untuk menjadi kampiun.

Namun, menjadi tim nasional dengan popularitas selangit tidak menjadikan peluang juara semakin lebar. Karena semua orang tahu, kualitas skuat dan semangat pantang menyerah menjadi faktor utama penentu kemenangan di atas lapangan.

Dan persis di sinilah kesebelasan kuda hitam bisa menunjukkan tajinya. Di Piala Dunia 2018, status ini diemban tim-tim seperti Belgia dengan para pemain top layaknya Eden Hazard (dari klub Chelsea) dan juara Piala Eropa 2016 Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo (Real Madrid).

Namun di luar itu, masih ada beberapa tim lain yang juga pantas dipandang sebagai kuda hitam. Dan mereka semua berkumpul di Grup H, yakni Kolombia, Jepang, Polandia dan Senegal.

Ketika undian grup Piala Dunia 2018 selesai dilakukan, Grup H kurang dipandang karena relatif kurang menarik. Alasannya tentu saja, dari seluruh grup di Piala Dunia edisi ini, hanya Grup H yang tidak beranggotakan tim yang pernah menjadi juara turnamen empat tahunan itu. Grup H sendiri baru akan berlaga pada Selasa (19/6) diawali pertandingan Kolombia kontra Jepang.

Akan tetapi, terlepas dari tidak populernya grup tersebut, tim-tim di dalamnya memiliki skuat yang tidak bisa diremehkan. Mari kita bahas satu persatu.

Pertandingan persahabatan antara Polandia dengan Lithuania./Reuters.

Tag : piala dunia 2018
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top