Hasil Liga Prancis: Monaco Libas Lille, Jaga Asa Liga Champions

AS Monaco menjaga asa untuk setidaknya finis di posisi kedua Ligue 1 Prancis demi tiket Liga Champions Eropa musim depan setelah menundukkan Lille dengan skor tipis 2-1.
M. Syahran W. Lubis | 17 Maret 2018 09:52 WIB
Striker AS Monaco Stefan Jovetic mencetak gol penentu kemenangan timnya atas Lille. - Twitter@ASMonaco

Bisnis.com, JAKARTA – Juara bertahan AS Monaco menjaga asa untuk setidaknya finis di posisi kedua Ligue 1 Prancis demi selembar tiket otomatis masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan setelah menundukkan Lille OSC dengan skor tipis 2-1.

Dalam pertandingan pembuka pekan ke-30 yang berlangsung di Stadion Louis II di wilayah Kerajaan Monako pada Sabtu pagi WIB (17/3/2018), Monaco, satu-satunya kontestan Ligue 1 yang ber-homebase di luar Prancis, menang berkat dua gol yang dilesakkan Rony Lopes dan Stefan Jovetic.

Namun, tuan rumah lebih dulu tertinggal setelah Lille—yang tengah berjuang untuk menghindari degradasi—berhasil mencetak gol pada menit ke-16 melalui Lebo Mothiba dengan sontekan jarak pendek menuntaskan umpan silang Thiago Mendes.

Setelah itu, setidaknya tiga kali lagi Lille membahayakan gawang Monaco, tetapi kesigapan kiper Danijel Subasic mampu menahan lahirnya gol kedua tim tamu.

Monaco kemudian justru mampu membuat skor imbang 1-1 lewat kontribusi Lopes 3 menit menjelang rehat. Dia melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti, sempat diblok kiper Lille Mike Maignan, tetapi dia segera menyambar lagi bola rebound untuk menggetarkan jaring gawang.

Pada babak kedua gol kemenangan tuan rumah lahir pada menit ke-61. Mendapatkan umpan terobosan dari Joao Moutinho, Stefan Jovetic menyelesaikannya dengan mencungkil bola melewati kiper Maignan yang mencoba maju dan menjatuhkan diri untuk menutup ruang tembak Jovetic.

Dengan tambahan poin penuh, Monaco memantapkan posisi di posisi kedua dengan koleksi 66 angka. Nilai tersebut jauh tertinggal dari pemuncak klasemen Paris Saint-Germain (PSG) yang mengoleksi 80 angka.

Dengan selisih nilai begitu jauh dan hanya menyisakan delapan pertandingan, dapat dikatakan peluang Monaco untuk mempertahankan gelar praktis sudah habis meskipun secara matematis masih memungkinkan untuk mengejar PSG.

Target paling realistis bagi anak asuh Leonardo Jardim bukan lagi mengejar nilai PSG untuk mempertahankan gelar, melainkan mengakhiri Ligue 1 di peringkat kedua yang diganjar tiket masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan.

Posisi dua teratas saja dari Ligue 1 yang langsung lolos ke fase grup Liga Champions Eropa, sedangkan tim yang finis di posisi ketiga harus melalui jalur kualifikasi melawan wakil negara lain untuk lolos ke fase grup.

Monaco cukup aman berada di posisi kedua karena tim yang saat ini menempati peringkat ketiga, Olympique Marseille, yang ditukangi Rudi Garcia, baru mengumpulkan nilai 59 atau terpaut 7 angka di belakang Monaco.

Sementara itu, bagi Lille, kekalahan ini menekannya di zona degradasi. Tim besutan Christophe Galtier itu berada di posisi ke-19 dari 20 kontestan dengan nilai 28. Namun, peluang untuk keluar dari zona degradasi sebenarnya tak terlalu jauh, karena Lille hanya berjarak 1 angka dari zona aman.

Berikut hasil dan jadwal lengkap pertandingan pekan ke-30 (WIB):

Sabtu, 17 Maret:

AS Monaco 2 vs Lille OSC 1

23:00   Girondins Bordeaux vs Stade Rennais

Minggu, 18 Maret:

02:00   Amiens SC vs ES Troyes

02:00   Angers SCO vs SM Caen

02:00   Montpellier HSC vs Dijon FCO

02:00   Toulouse vs RC Strasbourg

19:00   OGC Nice vs Paris Saint-Germain

21:00   Metz vs Nantes

23:00   Saint-Etienne vs En Avant Guingamp

Senin, 19 Maret:

03:00   Olympique Marseille vs Olympique Lyonnais.

Sumber : Reuters

Tag : liga prancis, as monaco
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top