Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Faktor ini Bisa Buat Nasib Conte Sama Seperti Mourinho

Empat Faktor ini Bisa Buat Nasib Conte Sama Seperti Mourinho
Pelatih Chelsea FC Antonio Conte/Reuters
Pelatih Chelsea FC Antonio Conte/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Antonio Conte berpeluang mengikuti jejak Jose Mourinho pada akhir kepemimpinannya di Chelsea pada 2015. Mourinho mendapatkan perlawanan dari sebagian besar pemainnya sebelum dipecat dari Chelsea tiga tahun lalu.

Setelah pertandingan Chelsea di kandang Watford, Selasa, 6 Februari 2018 ini, Conte melakukan tindakan yang mirip dengan Mourinho di tim The Blues itu.

Mourinho pada saat-saat terakhirnya menangani Chelsea untuk yang kedua kalinya itu lebih temperamental dan cenderung menyalahkan timnya sendiri. Hal itulah yang menimbulkan rasa antipati di sebagian pemain dan awak The Blues.

Conte berpotensi menghadapi situasi yang sama dengan Mourinho setelah Chelsea kalah 1-4 di Vicarage Road melawan tuan rumah, Watford, Selasa itu.

Meski menegaskan ia bertanggung jawab dengan kekalahan itu, tapi Conte kali ini lebih terbuka mengkritik para pemainnya. “Adalah benar, semua mesti mengambil tanggung jawab: saya dan para pemain. Tapi, sejak awal pertandingan, saya tidak melihat adanya keyakinan tim,” kata Conte.

Menurut ESPN, pelatih asal Italia berusia 48 tahun itu akan benar-benar dipecat jika kalah melawan tim raksasa di Liga Champions Eropa, yaitu Barcelona, pada babak 16 besar 21 Februari dan 15 Maret mendatang.

Berikut ini ada empat faktor yang akan memperkuat prediksi pemecatan Conte, terutama jika gagal menumbangkan Barcelona.

1 Chelsea kalah telah 0-3 di kandang sendiri, Stamford Bridge, pada 2 Februari 2018. Sebelumnya, mereka disingkirkan Arsenal pada Piala Liga Inggris. Seusai kalah lagi 1-4 melawan Watford, Selasa 6 Februari ini, mereka terancam terlempar dari empat besar Liga Primer Inggris.

2 Keputusan Antonio Conte memecat Diego Costa, pencetak gol terbanyak Chelsea musim lalu dan ikut membawa The Blues juara, melalui pesan pendek elektronik (sms) dinilai mengawali kekacauan yang sekarang dialami klub.

Pesan sms Conte kepada Costa itu juga mengundang kemarahan dari pemilik Chelsea, Roman Abramovich, dan tangan kanannya, direktur tim, Marina Granovskaia.

3 Pertengkaran Antonio Conte dengan gelandang kawakan asal Brasil, David Luiz, turut memperburuk keadaan. Luiz sering dibangkucadangkan setelah mereka berdebat soal kekalahan telak di kandang AS Roma dalam laga Liga Champions. Luiz, pemain senior dan salah satu pemimpin di tim, yang juga merupakan kesayangan Abramovich.

4 Antonio Conte terus mengkritik kebijakan direksi Chelsea dalam pembelian pemain. Ia mengatakan kurang dilibatkan dalam masalah tersebut dan mengeluhkan manajemen timnya yang berhemat di bursa transfer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper