Tsunami Cup: Indonesia Akhirnya Atasi Mongolia 3-2

Timnas Indonesia menundukkan Mongolia dengan skor tipis 3-2 dalam matchday kedua turnamen Aceh World Solidarity (Tsunami Cup) di Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh pada Senin malam WIB (4/12/2017).
M. Syahran W. Lubis | 05 Desember 2017 00:40 WIB
Penyerang Timnas Indonesia Ilija Spasojevic - Antara/Risky Andrianto

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia menundukkan Mongolia dengan skor tipis 3-2 dalam matchday kedua turnamen Aceh World Solidarity (Tsunami Cup) di Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh pada Senin malam WIB (4/12/2017).

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh RCTI, pada akhir babak pertama Timnas Indonesia asuhan pelatih asal Spanyol Luis Milla Aspas telah unggul dengan skor 3-1.

Pertandingan berlangsung di atas lapangan yang berat karena berlumpur akibat hujan yang turun sebelumnya dan ketika laga berlangsung pun, masih tersisa rintik-rintik.

Indonesia praktis mendominasi jalannya pertandingan, tetapi lapangan yang berat membuat kedua tim sulit mengembangkan permainan. Meski demikian, Indonesia mempunyai sejumlah peluang yang gagal dikonversi menjadi gol.

Skuat Merah Putih yang dalam laga kali ini mengenakan jersey Putih Hijau membuka skor pada menit ke-8 lewat Gavin Kwan Adsit lewat tendangan keras dari dalam kotak penalti menyambar bola liar yang gagal disapu bersih pemain lawan.

Pada menit ke-25 Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Umpan lambung Febri Heriyadi dari sektor kanan pertahanan Mongolia jatuh ke Osvaldo Haay yang lantas menyodorkan bola ke Ilija Spasojevic.

Tapi kontrol bola Spaso kurang baik, bola lepas lagi, dan disambar dengan tendangan keras mendatar oleh Osvaldo Haay dari jarak dekat untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Mongolia memperkecil ketinggalan melalui eksekusi penalti Munkh-Erdene Tuguldur pada menit ke-39 setelah Saddil Ramdani mendorong Battor Davaajav di kotak terlarang.

Namun skor saat turun minum 3-1 untuk keunggulan Indonesia berkat penalti Spaso pada menit ke-45 setelah dia dijatuhkan salah satu pemain belakang Mongolia di kotak terlarang.

Memasuki babak kedua, Indonesia mengalami kerugian besar akibat Gavin Kwan cedera setelah dilanggar keras pemain Mongolia dan harus ditarik keluar, bahkan berpotensi cedera beberapa waktu ke depan.

Mongolia berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 3-2 kembali lewat eksekusi penalti Tuguldur pada menit ke-56. Penalti diberikan wasit Thoriq Alkatiri setelah kiper Satria Tama menjatuhkan pemain depan Mongolia.

Dengan hasil itu, Indonesia untuk sementara berada di posisi kedua klasemen sementara turnamen yang diikuti empat timnas ini dengan nilai 6, sama dengan Kirgistan di tempat pertama, namun Indonesia kalah selisih gol 5 berbanding 7.

Dalam pertandingan sebelumnya pada Senin ini, Kirgistan menghantam Brunei Darussalam 4-0, angka yang sama dengan Indonesia yang diperoleh atas Brunei dalam matchday pertama pada Sabtu (2/12/2017). Pada matchday pertama Kirgistan menang 3-0 atas Mongolia.

Dengan demikian, Indonesia harus menang atas Kirgistan pada Rabu (6/12/2017) untuk tampil sebagai juara dalam turnamen persahabatan yang digelar untuk memperingati 13 tahun musibah tsunami yang melanda Aceh.

Tag : timnas indonesia, tsunami
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top