Soal Kontroversi Gol Hantu Messi, Wasit Dibela RFEF

Soal Kontroversi Gol Hantu Messi, Wasit Dibela RFEF
Newswire | 28 November 2017 17:27 WIB
Gol hantu Lionel Messi ke gawang Valencia yang dijaga Neto - ESPN

Bisnis.com, JAKARTA - Kontroversi gol Lionel Messi ke gawang Valencia pada akhir pekan lalu masih menjadi pembicaraan hangat di Spanyol. Presiden RFEF, federasi sepak bola Spanyol, Juan Luis Larrea pun memberikan pembelaan kepada wasit Ignacio Iglesias yang tak mengesahkan gol Messi pada menit ke-29 itu.

Larrea menyatakan bahwa kesalahan Iglesias itu sebagai hal yang manusiawi. Dia juga menyerahkan kepada komite perwasitan untuk memutuskan nasib Iglesias.

"Wasit tak bisa melihat segalanya," ujarnya seperti dilansir media Spanyol, Marca. "Menjadi seorang wasit itu sangat sulit dan sayangnya hal seperti ini terjadi."

"Itu adalah urusan komite perwasitan, saya tak akan menjawab hal itu," ujarnya ketika ditanya soal apakah Iglesias layak untuk mendapatkan hukuman.

Larrea juga menjawab kritikan terhadap tak diterapkannya teknlogi seperti bantuan video dan sensor garis gawang di Liga Spanyol. Menurut dia, tahun depan Liga Spanyol akan menerapkan teknologi yang telah diterapkan di sejumlah liga besar dunia tersebut.

"Liga Spanyol tak membuat dirinya bodoh dengan keputusan wasit, tetapi kami juga mencoba untuk mengimplementasikan teknologi dalam sepak bola tahun depan," katanya.

"Tak berarti bantuan video dibutuhkan, teknologi mata elang (sebutan lain untuk sensor garis gawang) akan cukup," tutup pria berusia 64 tahun itu.

Kontroversi gol lionel Messi mewarnai laga Valencia vs Barcelona akhir pekan lalu yang berakhir dengan skor imbang 1-1. Barcelona seharusnya unggul sejak babak pertama setelah tendangan keras Lionel Messi tak dapat diblok sempurna oleh penjaga gawang Neto.

Neto yang berdiri tepat di arah datangnya bola mencoba meredam tendangan keras kaki kiri tersebut dengan memantulkan bola ke bawah. Namun bola justru memantul di antara kedua kakinya dan menerobos ke belakang. Bola pun sempat melewati garis gawang sebelum Neto kemudian meninjunya kembali ke luar gawang.

Meskipun Lionel Messi mengajukan protes, wasit Ignacio Iglesias tak menggubris hal itu. Pada akhir pertandingan, Barcelona pun harus puas dengan skor imbang 1-1.


Sumber : Tempo.co

Tag : barcelona
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top