Peru Tim Terakhir Lolos ke Putaran Final Piala Dunia 2018

Peru menjadi tim terakhir yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam laga leg kedua play-off antarbenua babak kualifikasi menundukkan Selandia Baru 2-0.
M. Syahran W. Lubis | 16 November 2017 14:26 WIB
Para pemain Timnas Peru merayakan kelolosan mereka ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Selandia Baru 2-0 dalam pertandingan terakhir keseluruhan babak kualifikasi pada Kamis pagi WIB (16/11/2017). - Reuters/Douglas Juarez

Bisnis.com, JAKARTA - Peru menjadi tim terakhir yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah dalam laga leg kedua play-off antarbenua babak kualifikasi menundukkan Selandia Baru dengan skor 2-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Lima pada Kamis pagi WIB (16/11/2017), tuan rumah Peru memetik kemenangan dengan menjaringkan dua gol melalui kontribusi Jefferson Farfan (28’) dan Christian Guillermo Ramos (65’).

Dengan hasil itu, Peru menjadi tim ke-32 atau terakhir yang lolos ke Rusia dengan kemenangan agregat 2-0 setelah di leg pertama di Wellington, Selandia Baru, akhir pekan lalu kedia tim imbang tanpa gol.

Laga itu mempertemukan Peru sebagai peringkat lima babak kualifikasi zona Amerika Selatan dengan Selandia Baru sebagai juara kualifikasi zona Oseania.

Pemerintah Peru menetapkan hari libur nasional setelah negara itu memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak terakhir edisi 1982 di Spanyol.

Ini partisipasi Peru kelima sepanjang sejarah Piala Dunia. Peru pertama kali ikut serta dalam edisi perdana di Uruguay pada 1930 dengan raihan terbaik 8 besar pada 1970 di Meksiko dan 1978 di Argentina.

Bagi Selandia Baru, hasil ini membuat mereka urung merayakan kelolosan ke putaran final untuk ketiga kali. Sebelumnya Selandia Baru masuk putaran final edisi 1982 di Spanyol dan 2010 di Afrika Selatan.

Dengan kemenangan ini, Peru tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir, hasil terbaik yang mereka torehkan selama 75 tahun belakangan.

Pelatih Timnas Peru asal Argentina Ricardo Gareca menyampaikan terima kasih kepada para pemainnya. “Misi selesai, terima kasih. Kami telah melakukan sesuatu yang sangat penting bagi negara ini. Saya sangat emosional,” paparnya selepas laga.

Sementara itu gelandang serang Peru Christian Cueva menyatakan hasil ini merupakan impian yang menjadi kenyataan. “Ini saatnya merayakan. Namun, kami tetap akan bekerja keras dan bersiap untuk putaran final,” kata pemain yang mengkreasi dua gol Peru yang dicetak Farfan dan Ramos.

Peru, yang terakhir menduduki peringkat ke-10 FIFA, akan masuk pot yang berisi negara-negara unggulan kedua ketika undian pembagian grup dilakukan di Moskwa pada 1 Desember mendatang.

Sumber : Reuters

Tag : Timnas Peru, pra piala dunia 2018, Timnas Selandia Baru
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top