PIALA AFC U-16: Indonesia vs Thailand, Menang? Ini Komentar Fachri dan David Maulana

Tim nasional U-16 Indonesia melakukan pembenahan di sejumlah sektor jelang pertarungan melawan Thailand di Pra Piala AFC U-16 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Rabu (20/9/2017).
Martin Sihombing | 20 September 2017 10:14 WIB
Timnas U-16 Indonesia saat menundukkan Timor Leste 3-1 di Piala AFC U-16 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Senin (18/9/2017) - pssi

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional U-16 Indonesia melakukan pembenahan di sejumlah sektor jelang pertarungan melawan Thailand di Pra Piala AFC U-16 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Rabu (20/9/2017).

Hal itu dikemukakan pelatih Indonesia Fachri Husaini. "Beberapa kekurangan di sektor pertahanan dan tengah  kami perbaiki saat latihan," kata Fachri Husaini jelang laga lawan Thailand, seperti dikutip dari  twitter PSSI, Rabu (20/9/2017).

"Kami sudah punya catatan permainan mereka dan kami evaluasi kinerja permainan kami saat lawan Timor-Leste kemarin," kata Fachri Husaini.

Dia mengatakan evaluasi penampilan tim Garuda muda itu antara lain pada lini belakang dan lini tengah pada sesi latihan ringan. "Kami sudah pernah menghadapi tim Thailand pada Piala AFF 2017 dan kami hanya kalah 0-1. Mereka tentu akan mengubah pola permainannya nanti. Itu wajar karena mereka punya beberapa pilihan taktik," ujar Fakhri.

Tim pelatih, lanjut Fachri, juga memantau hasil pertandingan tim Thailand menghadapi tim Kepulauan Mariana Utara dengan skor 10-0.

"Kami harus mewaspadai semua pemain Thailand dan pola permainan mereka. Ada pemain mereka yang disimpan oleh pelatih pada pertandingan kemarin. Kami minta kepada semua pemain kami untuk tidak meremehkan lawan," kata Fachri.

Kapten timnas U-16 David Maulana berharap rekan-rekan satu timnya mempunyai semangat bermain sebagaimana saat tertinggal 0-1 pada babak pertama ketika menghadapi tim Timor-Leste.

"Semangat teman-teman tidak turun dan pantang menyerah meski tertinggal pada babak pertama. Saya berharap semangat itu juga muncul saat kami menghadapi tim Thailand," ujar David.

Pemain bernomor punggung enam itu mengatakan timnya juga mengevaluasi permainan saat kalah dari Thailand pada kejuaraan Piala AFF 2017, Juli lalu.

"Apapun rintangannya, kami akan mengejar tanpa kenal lelah demi Indonesia," ujar David.

Sebelumnya pada pertandingan perdana grup G, Sabtu (16/9), tim sepak bola nasional Indonesia U-16 meraih kemenangan besar 18-0 atas tim Kepulauan Mariana Utara dan Timor Leste 3-1. Adapun Thailand di pertandingan perdana mereka, menang 10-0 dari Kepulauan Mariana Utara. Timnas U16 Indonesia masih mempunyai dua pertandingan penyisihan grup, selain menghadapi tim Thailand pada Rabu (20/9), juga akan menghadapi tim Laos pada Jumat (22/9).

Partai Krusial

Bagi Indonesia, pertandingan petan ini krusial. Kemenangan akan mengantarkan Indonesia, secara otomatis lolos ke putaran final di Malaysia.

Indonesia, yang kini menjadi pemuncak Grup G dengan nilai sempurna enam hasil dua kali menang di dua penampilan awal mereka, sejauh ini paling produktif. Setelah menang 18-0 dari Kepulauan Mariana Utara, menang pula 3-1 dari Timor Leste. Indonesia sudah mengoleksi 21 gol dan hanya sekali kebobolan.

Sementara itu, Thailand , yang baru tampil satu kali, (hanya) menang 10-0 dari Mariana Utara dan mengumpulkan nilai tiga. Setelah melawan Indonesia, Thailand akan menghadapi Laos dan Timor Leste.

Jika Indonesia menang dari Thailand --berapa pun hasilnya-- tiket ke Piala Asia 2018, yang akan digelar pada 20 September - 7 Oktober 2018 di Malaysia, sudah 90%. Tinggal menunggu hasil melawan Laos, dan bila menang juga jatah ke Malaysia otomatis milik kita. Sebab mengumpulkan nilai sempurna 12, ini tak mungkin dikejar siapa pun juga.

Tag : piala afc
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top