Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hasil Piala Dunia U-20: Uruguay vs Venezuela di Semifinal

Dua tim Amerika Selatan, Uruguay dan Venezuela, lolos ke semifinal Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Korea Selatan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 04 Juni 2017  |  21:05 WIB
Timnas Uruguay U-20 merayakan kemenangan atas Portugal U-20 - FIFA.com
Timnas Uruguay U-20 merayakan kemenangan atas Portugal U-20 - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dua tim Amerika Selatan, Uruguay dan Venezuela, lolos ke semifinal Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Korea Selatan setelah menaklukkan lawan-lawannya dalam perempat final pada Minggu (4/6/2017).

Dalam pertandingan di Stadion Daejeon, Uruguay menaklukkan Portugal melalui adu penalti 5-4 setelah selama 120 menit pertandingan termasuk tambahan waktu 2 x 15 menit skor imbang 2-2.

Portugal sempat unggul dua kali, namun Uruguay berhasil dua kali pula menyamakan kedudukan. Pertandingan baru berjalan 55 detik, Portugal langsung unggul melalui tendangan mendatar dari dalam kotak penalti yang dilepas Alexandre Silva setelah menerima umpan terobosan Bruno Xadas.

Pada menit ke-16 Uruguay berhasil menyamakan skor melalui sundulan kepala jarak dekat Santiago Bueno menuntaskan kemelut di depan gawang Portugal yang bermula dari sepak pojok.

Namun, 5 menit menjelan turun minum, Portugal mampu memulihkan keunggulannya melalui kontribusi Diogo Goncalves melalui gol indah tendangan keras voli dari luar kotak penalti yang menusuk sudut kiri atas gawang Uruguay yang dikawal kiper Santiago Mele.

Babak kedua berjalan 5 menit, Uruguay kembali melesakkan gol balasan, kali ini lewat penalti Federico Santiago Valverde. Wasit Cesar Ramos dari Meksiko menetapkan hukuman tersebut lantaran bek Portugal Yuri Oliveira Ribeiro menginjak kaki penyerang Uruguay Agustin Canobbio di kotak penalti.

Eksekusi Valverde mengarah ke sudut kanan bawah gawang Portugal sebenarnya telah dapat dibaca kiper Diogo Costa, tapi laju bola terlalu deras untuk ditepis. Skor 2-2 bertahan bukan hanya waktu reguler 90 menit, bahkan hingga perpanjangan waktu usai, sehingga pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada adu penalti, pada lima kesempatan pertama skor imbang lagi 4-4. Kemudian eksekusi keenam sama-sama gagal hingga terus dilakukan eksekusi ketujuh.

Eksekutor penalti ketujuh Portugal, Andre David Ribeiro gagal, sedangkan eksekutor ketujuh Uruguay Santiago Bueno sukses menunaikan tugasnya dengan tendangan keras mengarah ke sudut kiri atas gawang Portugal, skor akhir 5-4.

Dalam pertandingan perempat final lainnya, di Jeonju Venezuela menalukkan Amerika Serikat dengan skor tipis 2-1 melalui perpanjangan waktu.

Skor hingga waktu reguler 90 menit usai 0-0 sehingga penentuan pemenang dilakukan melalui babak tambahan waktu 2 x 15 menit.

Sebenarnya di babak kedua waktu reguler Venezuela sempat hampir mencetak gol, tetapi sundulan kepala yang keras dari dalam kotak penalti oleh Sergio Cordova hanya menghantam mistar gawang AS yang dikawal kiper Jonathan Klinsmann, yang tak lain adalah putra kandung mantan striker Timnas Jerman Barat dan Timnas Jerman (setelah unifikasi) Jurgen Klinsmann.

Pada perpanjangan waktu, Venezuela berhasil memecah kebuntuan dengan gol Adalberto Penaranda pada menit ke-96 setelah memaksimalkan umpan silang Samuel Sosa yang dilepaskan dari sisi kanan wilayah pertahanan AS.

Pada menit 115 Venezuela mampu menambah gol. Kali ini melalui sundulan kepala Nahuel Ferraresi setelah memaksimalkan umpan sepak pojok Ronaldo Lucena.

Tertinggal dua gol, AS tetap mencoba bangkit. Namun, hanya sebiji gol yang mampu dijaringkan tim asuhan pelatih Tabares Ramos. Pada menit ke-117, Jeremy Ebobisse mencatatkan nama di papan skor untuk menjadikan skor akhir 2-1 dengan gol yang dicetak melalui sundulan kepala.

Di semifinal, Urugiay dan Venezuela akan bertarung berebut satu tiket ke final. Pertandingan semifinal kedua tim dijadwalkan berlangsung pada Kamis (8/6/2017) mulai pk. 15:00 WIB.

Semifinal lainnya digelar pada hari yang sama pk. 18:00 WIB mempertemukan pertandingan pemenang perempat final Italia versus Zambia dan Inggris versus Meksiko. Kedua laga perempat final itu dijadwalkan digelar pada Senin (5/6/2017).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia u-20 timnas uruguay timnas venezuela

Sumber : FIFA.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top