Jadwal Liga Europa: MU vs Celta, Lyon vs Ajax

Manchester United jumpa Celta Vigo serta Ajax Amsterdam meladeni Olympique Lyonnais dalam dalam babak semifinal Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.
M. Syahran W. Lubis | 21 April 2017 23:36 WIB
Liga Europa - Reuters/Bogdan Cristel

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United jumpa Celta Vigo serta Ajax Amsterdam meladeni Olympique Lyonnais dalam dalam babak semifinal Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Penetapan semifinal tersebut dilakukan berdasarkan undian yang digelar di markas Union of European Football Associations (UEFA) pada Jumat (21/4/2017).

Bagi keempat tim tersebut, membidik gelar juara Liga Europa penting demi selembar tiket otomatis langsung masuk fase grup Liga Champions Eropa musim depan.

Tidak satu pun dari keempat tim tersebut yang di kompetisi reguler domestiknya telah mendapat jaminan untuk langsung masuk fase grup Liga Champions.

MU misalnya, saat ini masih tercecer di peringkat kelima klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 4 angka di belakang peringkat keempat Manchester City. Padahal hanya tiga tim teratas di klasemen akhir Liga Primer yang mendapatkan jatah tiket otomatis fase grup Liga Champions Eropa musim depan.

Lyon bahkan telah dapat dipastikan gagal masuk slot Liga Champions, bahkan sekalipun lewat jalur playoff, lantaran sekarang terdampar di posisi keempat klasemen sementara Ligue 1 Prancis.

Meskipun masih menyisakan enam pertandingan dengan nilai maksimal yang dapat diraih 18, tak mungkin lagi bagi Lyon mengejar peringkat ketiga yang diisi OGC Nice karena rentang nilai keduanya 19. Nilai Nice sudah 74, sedangkan nilai maksimal jika mampu menyapu bersih enam laga hanya 72.

Ligue 1 Prancishanya mendapat jatah dua tim teratas di klasemen akhir yang langsung masuk fase grup Liga Champions mujsim depan, sedangkan tim peringkat ketiga harus beradu di playoff melawan wakil negara lain untuk masuk fase grup.

Membidik gelar juara Liga Europa penting demi selembar tiket otomatis langsung masuk fase grup Liga Champions 

Begitu juga dengan Celta Vigo yang masih terpuruk di peringkat ke-10 Divisi Primer La Liga Spanyol. Dengan koleksi 44 angka, terlalu sulit bagi skuat asuhan mantan bek Timnas Argentina Eduardo Berizzo untuk mengejar slot Liga Champions.

Yang paling dekat dengan zona Liga Champions di antara empat tim semifinalis Liga Europa hanyalah Ajax. Tim ibu kota Belanda itu saat ini menghuni peringkat kedua klasemen sementara Eredivisie di bawah Feyenoord dan masih cukup berpeluang untuk tampil sebagai juara.

Eredivisie Belanda hanya mendapat satu jatah yakni sang juara untuk langsung masuk fase grup Liga Champions musim depan, sedangkan peringkat kedua harus melalui jalur playoff melawan wakil negara lain untuk berebut selembar tiket ke fase grup.

Berikut jadwal pertandingan semifinal Liga Europa musim 2016-2017 (dalam WIB):

Jumat, 5 Mei:

02:00   Ajax Amsterdam vs Olympique Lyonnais

02:00   Celta Vigo vs Manchester United

Jumat, 12 Mei:

02:00   Olympique Lyonnais vs Ajax Amsterdam

02:00   Manchester United vs Celta Vigo

Pertandingan final dijadwalkan berlangsung pada Kamis (25/5/2017) mulai pk. 01:45 bertempat di Friends Arena di Solna, Swedia.

Sumber : UEFA.com

Tag : liga europa uefa
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top