Menang Dramatis vs Metz, PSG Bayangi AS Monaco di Liga Prancis

Blaise Matuidi mencetak dua gol PSG, salah satunya pada injury time babak kedua, untuk memenangkan tim ibu kota Prancis itu 3-2 di kandang Metz.
M. Syahran W. Lubis | 19 April 2017 03:33 WIB
Para pemain PSG merayakan gol ketiga di detik terakhir yang menentukan kemenangan 3-2 atas Metz dalam lanjutan Ligue 1 Prancis - Reuters/Vincent Kessler

Bisnis.com, JAKARTA - Blaise Matuidi menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol Paris Saint-Germain (PSG), salah satunya pada injury time babak kedua, untuk membawa kemenangan tim ibu kota Prancis itu dengan skor 3-2 di kandang Metz dalam lanjutan Ligue 1 Prancis.

Laga tersebut merupakan bagian dari pekan ke-31 yang seharusnya digelar pada awal bulan ini, tetapi diputukan ditunda karena PSG ketika itu harus bertarung di final Piala Liga Prancis (Coupe de la Ligue) melawan AS Monaco di Lyon yang dimenangi juara bertahan PSG dengan skor 4-1.

Oleh karena alasan yang sama, pertandingan pekan ke-31 Ligue 1 AS Monaco menjamu Saint-Etienne juga harus dijadwal ulang, tetapi hingga saat ini belum ditentukan kapan akan digelar.

Pertandingan yang digelar pada Rabu dini hari WIB (19/4/2017) di Stadion Saint-Symphorien di Kota Metz itu, PSG, yang merupakan juara bertahan, membuka skor melalui kontribusi gol Edinson Cavani pada menit ke-33 dengan sundulan kepala memanfaatkan umpan lambung silang Maxwell Andrade.

Matuidi menggandakan keunggulan tim tamu 3 menit kemudian. Menerima umpan pendek Maxwell, Matuidi menerobos ke dalam kotak penalti Metz dan mengakhiri dengan tendangan keras mendatar ke sudut kanan bawah gawang yang gagal dicegah kiper veteran Timnas Jepang Eiji Kawashima.

Pada babak kedua, striker Edinson Cavani sempat membuang satu peuang emas ketika telah berhadapan dengan penjaga gawang Metz Kawashima, tetapi sontekan bola chips-nya yang telah melewati kiper justru terlalu tinggi juga melewati mistar gawang.

Metz, yang tengah berjuang menghindari degradasi, bangkit dan membalas melalui gol tendangan bebas Yann Jouffre (78’) dan kemudian Cheick Diabate menyamakan skor pada menit 88 dengan sontekan jarak dekat menuntaskan umpan Ismail Sarr.

Tuan rumah hampir saja membalikkan skor menjadi keunggulan ketika pada menit ke-90 tendangan bebas Jouffre gagal ditepis kiper Kevin Trapp, tetapi hanya menghantam mistar gawang PSG.

Sebaliknya apa yang terjadi 2 menit kemudian sangat mengecewakan Metz. Upaya hebat mereka akhirnya menjadi percuma setelah Blaise Matudi mencetak gol keduanya atau ketiga bagi PSG ketika injury time telah berjalan selama 3 menit.

Melalui sentuhan terakhir dalam pertandingan yang dipimpin wasit Johann Hamel, Matudi menanduk bola umpan lambung Javier Pastore, tidak keras, tetapi mengarah ke sudut kiri gawang Metz dan kiper Kawashima sama sekali tak sempat bereaksi. Gol sehingga skor akhir 2-3 untuk PSG.

Dengan kemenangan dramatis itu, PSG mendulang nilai 77 dari 33 pertandingan dan menghuni posisi kedua klasemen sementara Ligue 1. Perolehan angka itu menyamai pemimpin klasemen AS Monaco, tetapi PSG kalah selisih gol 46 berbanding 63. Selain itu, Monaco baru memainkan 32 pertandingan.

Sumber : Reuters & Ligue1.com

Tag : liga prancis, psg, as monaco
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top