Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ISC 2016: 1.466 Personel Amankan Laga Persib vs Arema (18/12)

Sedikitnya 1.466 personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan laga pamungkas Arema di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (18/12/2016).
Polisi/Reuters
Polisi/Reuters

Bisnis.com, MALANG - Sedikitnya 1.466 personel keamanan dikerahkan untuk mengamankan laga pamungkas Arema di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 yang menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Minggu (18/12/2016).

Ketua Panpel Arema, Abdul Haris, di Malang, Sabtu mengakui jumlah aparat keamanan yang disiagakan tidak seperti laga Arema sebelumnya. Biasanya petugas keamanan hanya sekitar 500 hingga 600 personel, namun pada laga Arema yang menjamu Persib Bandung besok (Minggu, 18/12) jumlahnya dilipat-gandakan.

"Kami tak mau ambil risiko dalam menggelar pertandingan Arema melawan Persib di Stadion Kanjuruhan. Kami mengantisipasi tingginya animo suporter di laga pamungkas ini, sehingga personel keamanan yang disiagakan ditambah menjadi dua kali lipat agar situasi tetap kondusif," kata Abdul Haris.

Tidak hanya meningkatkan jumlah personel pengamanan, Panpel juga akan menyiapkan empat kendaraan lapis baja atau Baracuda untuk pemain Persib. Kendaraan ini akan digunakan saat Persib menuju dan meninggalkan Stadion Kanjuruhan.

"Kami percaya sikap Aremania bisa diandalkan, namun kami harus tetap melakukan antisipasi karena pertandingan antara Arema dan Persib ini mampu menarik massa cukup besar tentu situasinya tidak bisa diprediksi. Apalagi rivalitas dengan Persib sangat kental dan pertandingan ini sebagai laga pamungkas di ajang ISC," urainya.

Semenatra itu, untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah penonton di Stadion kanjuruhan, Panpel Arema mulai persiapkan segala sesuatu menjelang laga big match pamungkas. Beberapa fasilitas seperti tempat duduk dan lapangan dibersihkan setelah dipakai pembukaan Porkab Malang.

Untuk penonton, kata Haris, Panpel akan menyiapkan empat layar lebar di luar stadion. Mengingat antusias suporter di laga terakhir ISC itu sangat besar dan dikhawatirkan tidak bisa masuk stadion karena kapasitasnya terbatas.

Tiket yang disediakan panpel pada laga terakhir itu sebanyak 45 ribu dan saat ini sudah habis di loket, hanya menyisakan di korwil dan agen resmi. "Kami semaksimal mungkin melayani suporter yang hadir. Banyak juga suporter dari luar Malang, seperti Jakarta, Kalimantan, dan Bali yang ingin memberikan dukungan langsung pada Arema di Stadion Kanjuruhan," paparnya.

Hanya dengan menyisakan satu pertandingan, posisi Arema untuk menggeser Persipura dan merengkuh gelar juara sangat berat dan peluangnya semakin menipis, karena selain masih tertinggal 2 poin (65-63), Arema juga dihadang lawan yang cukup berat, Persib Bandung. Sementara Persipura lebih ringan dengan menghadapi PSM Makasar pada laga pamungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper