Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL INDONESIA VS THAILAND: Gol Teerasil Dangda Buat Indonesia Tertinggal

HASIL INDONESIA VS THAILAND: Gol Teerasil Dangda Buat Indonesia Tertinggal
Teerasil Dangda (paling kanan)/AFF
Teerasil Dangda (paling kanan)/AFF

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Indonesia untuk sementara tertinggal 0-1 dari Thailand hingga babak pertama usai dalam laga final pertama Piala AFF 2016, di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu. Gol Thailand itu menyasar sisi kiri atas gawang Indonesia yang dijaga kiper Kurnia Meiga. 

Indonesia tertinggal akibat gol yang diciptakan penyerang sekaligus kapten Thailand, Teerasil Dangda, pada menit 33, lewat sundulannya menyambut umpan silang Theerathon Bunmathan.

Gol itu tidak lepas dari keteledoran pertahanan Indonesia. Pertama, ada tiga pemain di sisi kanan ketika Bunmathan mengendalikan bola, yakni Benny Wahyudi, Zulham Zamrun dan Bayu Pradana, namun tak satu pun dari mereka berinisiatif untuk menghalau upaya Bunmathan saat melepaskan umpan silang, yang celakanya terarah tepat ke Dangda di dalam kotak penalti.

Lantas, di dalam kotak penalti, Dangda berdiri di antara duet bek tengah Indonesia, Hansamu Yama Pranata dan Fachruddin, namun keduanya seolah tak tergerak untuk berusaha menjaga ketat Dangda yang dengan mudah membelokkan bola yang datang dengan kepalanya ke sudut kiri gawang Kurnia Meiga.

Kehilangan Andik Vermansah digantikan Zulham pada menit 19, menjadi salah satu faktor krusial hambarnya variasi serangan Indonesia yang sejak itu lebih banyak mengandalkan dari sisi kiri lewat inisiatif Rizky Pora.

Di sisi lain, Zulham menampilkan pengambilan keputusan yang lumayan aneh di menit tambahan kedua babak pertama alias menit 45+2 saat memilih untuk mengangkat bola mengincar handsball dari pemain belakang Thailand, Koravit Namwiset, ketimbang melakukan upaya umpan silang kepada Boaz Solossa yang ada di tengah kotak penalti atau setidaknya egois menusuk lebih dalam.

Jika kedudukan bertahan, maka Thailand akan memiliki keuntungan besar menyambut laga final kedua di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12).

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga Hermansyah (PG); Benny Wahyudi, Hansamu Yama Pranata, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Zulham Zamrun), Stefano Lilipaly, Rizky Pora; Boaz Solossa

Pelatih: Alfred Riedl

 

Thailand (3-5-2): Kawin Thamsatchanan (PG); Tristan Do, Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan; Chanthip Songkrasin, Adison Promrak, Pokklaw Anan, Sarach Yooyen, Kroerit Thaweekarn; Sarawut Masuk, Teerasil Dangda

Pelatih: Kiatisuk Senamuang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper