Claudio Bravo Resmi Tinggalkan Barcelona, Kini Milik Manchester City

Manchester City resmi mengontrak secara permanen kiper Claudio Bravo yang didatangkan dari juara Divisi Primer La Liga Spanyol FC Barcelona,
M. Syahran W. Lubis | 25 Agustus 2016 22:06 WIB
Claudio Bravo - Reuters/Ivan Alvarado

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester City resmi mengontrak secara permanen kiper Claudio Bravo yang didatangkan dari juara Divisi Primer La Liga Spanyol FC Barcelona, demikian pengumuman klub Liga Primer Inggris tersebut pada Kamis malam WIB (25/8/2016).

Penjaga gawang Timnas Chile tersebut dikontrak dengan durasi hingga 4 tahun ke depan. City harus merogoh kocek sebesar 18 juta euro untuk tahap awal demi mendatangkannya.

Kiper bernama lengkap Claudio Andres Bravo Munoz itu bergabung ke Barca dari Real Sociedad pada 2014 dan menikmatii musim-musim yang sukses bersama tim Katalan dengan memenangi gelar juara La Liga 2015 dan 2016 serta Liga Champions Eropa 2015.

“Tidak mudah meninggalkan klub seperti Barcelona di mana saya melalui dua musim yang fantastis, namun peluang bekerja dengan Pep Guardiola terlalu bagus untuk ditolak,” kata kiper berusia 33 tahun itu di website resmi City (www.mancity.com).

Bravo menambahkan bahwa kini dia siap bersaing dengan kiper-kiper lain untuk merebut tempat utama di City. Dia juga mengemukakan harapannya untuk bersama-sama meraih banyak trofi.

Kiper tersebut lahir di Santiago, ibu kota Chile, pada 13 April 1983. Dia melalui masa junior bersama klub kondang di negaranya, Colo-Colo. Di klub itu pula dia memulai karier profesional pada 2002. Dia bermain dalam 123 pertandingan.

Pada 2006 dia pindah ke Real Sociedad, klub Spanyol yang menjadi tim pertama perantauannya ke Eropa. Bersama Sociedad, dia tampil dalam 229 pertandingan dan pada Februari 2010 mencetak satu-satunya gol yang pernah dia lakukan yakni ke gawang Gimnastic de Tarragona lewat tendangan bebas.

Sejak bergabung ke Barcelona 2 tahun lalu hingga kepindahannya ke City, Bravo telah bermain dalam 69 pertandingan.

Bravo punya 106 caps untuk Timnas Chile sejak debut pada 2004. Prestasi terbaiknya ialah ketika menjadi kapten Chile saat merebut gelar juara Copa America secara beruntun pada 2015 dan 2016, keduanya mengalahkan Argentina di final lewat adu penalti. Itu dua gelar pertama Chile sepanjang sejarah.

Sangat boleh jadi Bravo akan menjalani debut bersama City ketika menjamu West Ham United pada matchday ketiga Liga Primer Inggris sekaligus menandai makin terdorongnya Joe Hart keluar pintu klub Biru Langit itu.

Sumber : Reuters

Tag : manchester city, barcelona
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top