Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Euro 2016: Italia Menang 2-0, Spanyol Tersingkir

Italia melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menaklukkan juara bertahan Spanyol dengan skor 2-0 dalam babak 16 besar yang berlangsung di Stade de France di Paris.
Pemain Italia Graziano Pelle setelah mencetak gol kedua ke gawang Spanyol dalam 16 besar Euro 2016/Reuters-Darren Staples
Pemain Italia Graziano Pelle setelah mencetak gol kedua ke gawang Spanyol dalam 16 besar Euro 2016/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, JAKARTA - Italia melaju ke perempat final Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menaklukkan juara bertahan Spanyol dengan skor 2-0 dalam babak 16 besar yang berlangsung di Stade de France di Saint-Denis, Paris, Prancis, dalam laga yang berakhir pada Selasa dini hari WIB (28/6/2016).

Sebagaimana disiaran secara langsung oleh RCTI, Italia membuka skor pada babak pertama, dicetak bek Italia Giorgio Chiellini dengan memanfaatkan kemelut selepas tendangan bebas keras mendatar yang dieksekusi Eder Citadin Martins di hadapan kotak penalti.

Tendangan keras Eder, pemain berdarah Brasil, masih dapat diantisipasi kiper Spanyol David de Gea. Bola rebound hendak disambar Emanuele Giaccherini, namun De Gea masih bisa menahan gerakan lawan, bola sentuhan Giaccherini mental liar dan dicocor oleh Chiellini yang bergerak lebih cepat dari bek Spanyol Gerard Pique. Skor 1-0 untuk Italia pada menit ke-33.

Italia memang langsung menekan begitu wasit Cuneyt Cakir dari Turki memulai pertandingan. Dalam 10 menit pertama saja, gawang Spanyol terancam dua kali di mana De Gea dipaksa bekerja keras menepis bola dan si kulit bundar hanya menghantam tiang kiri gawang Spanyol.

Secara keseluruhan pada babak pertama sebenarnya Spanyol lebih banyak menguasai bola, namun kenyataannya serangan berbahaya lebih banyak dilakukan skuat Gli Azzurri asuhan Antonio Conte.

Bahkan, menjelang turun minum, Italia hampir saja menggandakan keunggulan. Tendangan keras Giaccherini dari dalam kotak penalti mengarah ke sudut kiri atas gawang, tetapi masih bisa ditepis dengan susah payah oleh De Gea. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, 10 menit berjalan, Italia kembali hampir menggandakan keunggulan. Eder yang telah berhadapan dengan kiper De Gea gagal menjebol gawang Spanyol, tendangannya masih dapat diblok kiper Manchester United tersebut.

Selepas itu, Spanyol menaikkan intensitas serangan. Tiga tendangan dari posisi sedikit di luar kotak penalti hampir menjebol gawang Italia yang dikawal Gianluigi Buffon.

Tendangan keras Aritz Aduriz tipis menyamping sisi luar tiang kanan, berikutnya bidikan Andres Iniesta ditepis kiper sekaligus kapten tim Italia Gianluigi Buffon hingga menjadi sepak pojok, lantas tendangan keras Pique pun bisa ditepis Buffon sambil ‘terbang’.

Salah satu peluang emas kembali diperoleh Pique. Tendangan panjang dari De Gea gagal disapu bersih pemain belakang Italia, bola menerobos kotak penalti dan disambut cocoran Pique, namun lagi-lagi Buffon mampu membloknya.

Asyik menyerang hingga penguasaan bolanya mencapai 75 persen, Spanyol justru membuka celah pertahanannya. Itu kemudian yang dimanfaatkan Matteo Darmian pada injury time.

Pemain yang baru masuk menggantikan Alessandro Florenzi pada menit ke-84 lolos hingga kotak penalti dan mengirim umpan silang yang gagal diantisipasi oleh Pique. Bola mengarah ke Graziano Pelle yang langsung menyambar keras dengan tendangan voli, bola masuk gawang, skor berubah menjadi 2-0.

Selesailah sudah kiprah Spanyol di Euro 2016 dan lepaslah gelar yang dia edisi terakhir, 2008 dan 2012, diraihnya. Italia juga sukses membalas dendam atas kekalahan di final Euro 2012 di mana saat itu Spanyol menang 4-0.

Di babak perempat final, Italia kembali menjalani laga keras yakni melawan tim favorit lainnya, Jerman. Laga itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (3/7/2016) mulai pk. 02:00 WIB yang kembali akan disiarkan secara langsung oleh RCTI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper