Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tuchel Senang Bisa Sukses di Musim Pertamanya Bersama Dortmund

Tuchel Senang Bisa Sukses di Musim Pertamanya Bersama Dortmund
Thomas Tuchel/Reuters-Ina Fassbender
Thomas Tuchel/Reuters-Ina Fassbender

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Thomas Tuchel mengklaim Borussia Dortmund telah mencapai target pra-musim mereka dengan enam pertandingan tersisa di Liga Jerman, jika mereka mampu mengamankan tiket Liga Champions dengan mengalahkan Werder Bremen pada Sabtu.

Pasukan Tuchel menikmati musim yang cukup baik pada musim pertamanya mengasuh tim itu sejak menggantikan Juergen Klopp, di mana timnya sejauh ini belum terkalahkan pada tahun ini, memenangi 13 pertandingan dan imbang pada dua pertandingan di seluruh kompetisi pada 2016.

Dortmund, yang memiliki catatan penampilan yang lebih baik dari pemuncak klasemen Bayern Munich sejak libur musim dingin, berada di peringkat kedua dengan koleksi 64 angka, sedangkan tim Bavaria memiliki 69 angka, sambil mengejar gelar Liga Jerman untuk keempat kalinya secara beruntun sekaligus "treble."

Dortmund juga masih berpotensi untuk mengakhiri musim dengan tiga gelar, jika Bayern tergelincir, di mana tim itu masih terlibat di Liga Europa dan Piala Jerman.

Tuchel menegaskan bahwa tujuan pra musim bukanlah mengklaim gelar liga untuk pertama kalinya sejak 2012, namun tampil gemilang yang layak bagi klub, khususnya setelah kemerosotan pada musim lalu.

Mereka berada di juru kunci pada separuh musim 2014/2015 dan meski mampu bangkit, mereka tersingkir dari Liga Champions ketika Klopp mengungkapkan niatnya untuk hengkang pada April.

Bagaimanapun, pada musim ini mereka membayang-bayangi Bayern sejak awal musim dan telah membangun keunggulan 16 angka atas tim peringkat ketiga Hertha Berlin, di mana Schalke 04 tertinggal empat angka di peringkat keempat.

Kemenangan atas Bremen akan mengamankan finis di tiga besar atau bahkan dua besar, jika Hertha kalah di markas Borussia Moenchengladbach, menjamin kembalinya klub itu ke kompetisi klub elit Eropa.

Tuchel memiliki gelandang-gelandang Julian Weigl, yang telah pulih dari infeksi tenggorokan pada pekan ini, dan Sven Bender untuk dimainkan, meski partisipasi Ilkay Gundogan masih diragukan.

Pemain internasional Jerman itu, yang dirawat untuk cedera kaki pada beberapa pekan terakhir, belum kembali menjalani latihan penuh dengan tim dan bek tengah Nevan Subotic juga meragukan.

Werder, yang unggul satu angka di atas zona degradasi, berpeluang tampil tanpa penyerang Peru Claudio Pizarro, yang mengalami cedera punggung saat timnya kalah 0-1 dari Uruguay pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia pada Rabu.

"Saya mengalami punggung yang tertarik pada akhir babak pertama," kata Pizarro, yang akan menjalani pemeriksaan medis pada Kamis malam. "Setelah turun minum, saya berusaha untuk bermain namun saya tidak dapat melakukannya tanpa merasa sakit."

Bayern, yang akan berhadapan dengan Benfica pada perempat final Liga Champions pada Selasa, akan menjamu Eintracht Frankfurt, yang akan menorehkan rekor liga yang baru jika mereka gagal mencetak gol ke gawang pemuncak klasemen untuk delapan pertandingan beruntun melawan Bayern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper