Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JADWAL FA CUP: Minim Recovery, Arsenal Berjuang di Markas Hull

Arsenal akan menghadapi tuan rumah Hull City dalam pertandingan ulang (replay) babak kelima Piala FA.
Arsenal juara FA Cup 2014-2015/Reuters-Carl Recine
Arsenal juara FA Cup 2014-2015/Reuters-Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA - Arsenal akan menghadapi tuan rumah Hull City dalam pertandingan ulang (replay) babak kelima Piala FA (Football Association) sebagai bagian dari upayanya meraih gelar juara FA Cup tiga kali beruntun.

Sebagaimana dilaporkan Soccerway, pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Kingston Communications di Kota Hull pada Rabu (9/3/2016) mulai pk. 02:00 WIB.

Sementara itu, menurut laman resmi FA, otoritas sepak bola Inggris, wasit yang akan memimpin pertandingan tersebut ialah Kevin Friend dibantu dua penjaga garis atau asisten yakni Mick McDonough & Darren Cann.

The Gunners, julukan Arsenal, harus memenangi laga ini jika ingin mempertahankan gelar yang direbutnya musim lalu setelah mengalahkan Aston Villa dengan skor telak 4-0 di final.

Ini merupakan laga ulangan setelah dalam pertemuan sebelumnya di kandang Arsenal, Stadion Emirates di London, kedua tim bermain imbang tanpa gol pada 20 Februari lalu.

Regulasi yang diberlakukan dalam perebutan Piala FA memang apabila dalam pertemuan pertama selama 2 x 45 menit skor imbang, maka dilakukan replay untuk mendapatkan pemenang.

Jika dalam replay selama 2 x 45 menit imbang lagi, maka pertandingan dilanjutkan dengan tambahan waktu 2 x 15 menit. Kalau masih imbang juga, barulah digelar adu penalti untuk menentukan pemenang.

Menurut BBC, laga ini akan menjadi ulangan final edisi 2013-2014. Saat itu Arsenal mampu menang 3-2 setelah ketinggalan 0-2 dalam 8 menit pertama akibat dua gol Hull—yang ketika itu masih berkompetisi di Liga Primer sebelum terdegradasi musim lalu—yang dicetak James Chester (4’) dan Curtis Davies (8’).

Arsenal mampu menyamakan skor menjadi 2-2 saat 2 x 45 menit usai lewat dua gol dari Santi Cazorla (17’) dan Laurent Koscielny (71’). Memasuki perpanjangan waktu, Arsenal akhirnya membalikkan skor menjadi 3-2 lewat gol Aaron ramsey pada menit 108.

Kali ini agak sial bagi Arsenal bahwa dalam memulai pertandingan, skuat asuhan Arsene Wenger memiliki waktu recovery yang sangat minim dibandingkan dengan Hull.

Arsenal terakhir main melawan Tottenham Hotspur di Liga Primer Inggris pada Sabtu malam lalu (5/3/2016) dalam laga yang berakhir imbang 2-2. Sementara Hull terakhir main pada Jumat dini hari WIB (5/3/2016) saat kalah di kalah 0-1 dari tuan rumah Birmingham City.

Jadi, masa recovery Hull sekitar 42 jam lebih banyak ketimbang Arsenal dan itu tentu saja memengaruhi kebugaran pemain suatu tim.

Terkait dengan minimnya masa pemulihan kebugaran, Wenger pun, seperti ditulis Antara, mengonfirmasi bahwa dia akan melakukan beberapa perubahan pada timnya untuk pertandingan melawan Hull.

"Saya akan harus melakukannya (membuat beberapa perubahan). Saya tidak khawatir untuk mengganti seorang pemain dengan pemain lainnya. Saya harus sedikit merotasi dan menjaga keseimbangan tim," kata Wenger.

Wenger memberi pujian kepada kiper David Ospina, yang melakukan sembilan penyelamatan saat pertandingan melawan Tottenham Hotspur. "Dia kiper kelas dunia," kata pelatih asal Prancis itu.

Gelandang Alex Iwobi, yang telah 10 kali main musim ini, dimasukkan dalam skuat untuk menghadapi Hull dan Wenger menyebut pemain 19 tahun itu sebagai pemain yang menarik.

Arsenal telah 12 kali menyabet gelar juara FA Cup yang merupakan rekor terbanyak, sedangkan Hull dalam perjalanan merebutnya untuk pertama kali. Prestasi edisi 2013-2014 saat kalah di final dari Arsenal merupakan prestasi terbaik sepanjang sejarah klub ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : TheFA.com, BBC, Soccerway.com, & Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper