Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Farhad Moshiri Kuasai 49,9 Persen Saham Everton

Klub Liga Primer Inggris Everton mengumumkan pemegang saham baru yakni Ardavan Farhad Moshiri, pebisnis berpaspor Inggris, berdarah Iran, dan bermukim di Monako.
Farhad Moshiri/Bloomberg
Farhad Moshiri/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Klub Liga Primer Inggris Everton mengumumkan pemegang saham baru yakni Ardavan Farhad Moshiri, pebisnis berpaspor Inggris, berdarah Iran, dan bermukim di Monako.

Dia mengambil alih 49,9 persen pemilikan saham klub Merseyside yang bermarkas di Stadion Goodison Park itu. Sementara itu, Robert Elstone, pebisnis Inggris lainnya yang berusia 52 tahun, masih menguasai saham mayoritas yakni 51,1 persen.

Everton telah melakukan pembicaraan dengan konsorsium yang dipimpin oleh mantan pemilik San Diego Padres, John Jay Moores, tapi Moshiri, mantan pemegang saham Arsenal, telah mengalahkan mereka untuk mengambil saham utama di klub berjuluk The Toffees.

“Setelah pencarian yang melelahkan, kami percaya telah menemukan mitra yang sempurna untuk membawa klub menuju ke depan. Farhad orang yang tepat untuk mendukung Everton,” ungkap Chairman Everton Bill Kenwright pada Sabtu (27/2/2016).

Sementara itu Moshiri mengaku senang dengan langkah bisnisnya itu. “Senang berkesempatan menjadi seorang pemegang saham di Everton, yang merupakan warisan yang kaya sebagai salah satu tim sepak bola terdepan di Eropa.”

“Tidak ada yang lebih tinggi dari level bermain di Liga Primer. Bill telah mengajarkan saya bagaimana menjadi seorang Evertonian dan saya berharap bisa bekerja sama dengannya dengan gembira untuk membawa kesuksesan bagi Everton pada masa mendatang,” kata lelaki berusia 60 tahun itu.

Moshiri lahir di Iran pada 18 Mei 1955. Dia mempunyai saham di sejumlah perusahaan baja dan energi di Inggris dan Rusia. Berdasarkan laporan Forbes, nilai asetnya mencapai US$1,93 miliar atau sekitar Rp25 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper