Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Langgar Aturan Transfer, Atletico & Real Madrid Dihukum Seperti Barca

FIFA menetapkan larangan bagi Real Madrid dan Atletico Madrid untuk mendatangkan pemain baru dalam dua jendela transfer mendatang.
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Arnd Wiegmann

Bisnis.com, JAKARTA - Federation Internationale de Football Association (FIFA) menetapkan larangan bagi Real Madrid dan Atletico Madrid untuk mendatangkan pemain baru dalam dua jendela transfer mendatang.

Sanksi itu diberikan oleh Komite Disiplin FIFA berkaitan dengan transfer internasional dan registrasi pemain berusia di bawah 18 tahun.

Hukuman karena kasus serupa pernah diterapkan terhadap FC Barcelona yang berlaku efektif mulai awal 2015 setelah rangkaian banding klub Katalan itu ditolak dan mereka baru bisa menurunkan pemain yang didatangkannya sebelum Januari 2016 pada awal tahun ini setelah masa sanski itu habis.

Kedua pemain yang menjadi ‘korban’ hukuman itu ialah Arda Turan yang didatangkan Barca dari Atletico Madrid dan Aleix Vidal yang diboyong dari Sevilla. Mereka didatangkan pada bursa transfer musim panas tahun lalu, tetapi baru bulan ini bisa memperkuat Barca.

“Kedua klub ditemukan telah melanggar beberapa ketentuan mengenai transfer internasional dan pendaftaran pertama pemain minor (tak terkenal/muda) serta ketentuan terkait lainnya sehubungan dengan pendaftaran dan partisipasi dari pemain tertentu di kompetisi,” demikian pernyataan FIFA.

FIFA menyatakan larangan itu tidak berlaku pada jendela transfer bulan ini yang telah dibuka sebelum keputusan tersebut ditetapkan, berlaku untuk kedua klub itu secara keseluruhan kecuali untuk tim wanita, futsal, dan sepak bola pantai. Kedua klub itu juga tetap diizinkan menjual pemain.

Sebagai hukuman tambahan, Atletico dikenakan denda 900.000 franc Swiss dan Real Madrid 360.000 franc Swiss.

Mengenai pemain ‘minor’, investigasi FIFA dilakukan terhadap mereka yang bermain di berbagai periode antara 2007 dan 2014 (Atletico Madrid) serta antara 2005 dan 2014 (Real Madrid).

“FIFA bekerja keras untuk melindungi hak-hak pemain di bawah usia 18 pria dan wanita, amatir ataupun profesional,” demikian lanjutan pernyataan FIFA yang dilansir pada Kamis (14/1/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper