Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Manchester City Vs Liverpool: Susunan Pemain, Strategi, Indosiar (22/11) 00.30

Tatapan mata puluhan ribu penonton di Etihad Stadium membidik penyerang Manchester City Raheem Sterling.
Manchester City/Reuters-Andrew Yates
Manchester City/Reuters-Andrew Yates

Bisnis.com, JAKARTA-- Tatapan mata puluhan ribu penonton di Etihad Stadium membidik penyerang Manchester City Raheem Sterling.

Keberadaan orang lain membuat mantan pemain Liverpool itu merasa digunduli sekujur tubuh. Inilah takdir sebuah laga sepak bola yang siap mengadili mereka yang dianggap "tidak setia" oleh fans klub.

Sterling tidak mudah melupakan begitu saja memori selama lima tahun di Merseyside. Hanya saja, dia mampu beradaptasi secara mengesankan ketika membela The Citizens, karena perannya begitu krusial membawa City ke peringkat teratas klasemen Premier League musim 2015/16.

Manchester City menjamu Liverpool dalam laga pekan ke-13 Premier League (Liga Inggris) yang diadakan di Etihad Stadium pada Sabtu waktu setempat, atau Minggu dini hari, pukul 00.30 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar.

Laga ini merupakan ajang reuni bagi Sterling,karena dia bersua kembali dengan Daniel Sturridge dan James Milner. Laga ini juga merupakan bartu ujian bagi pelatih Liverpool Juergen Klopp.

Bakal Seru

Pemain Manchester City Sergio Aguero berpendapat bahwa Klopp menambah bara duel ini berkobar. Liverpool baru saja menerima pukulan dengan kalah 1-2 dari  Crystal Palace.

"Pertandingan ini bakal berlangsung seru," kata Aguero kepada laman City.

 "Kedatangan Klopp membuat persaingan makin ketat di Premier League. Selain itu, pemain terbaik di dunia dan manajer terbaik juga datang ke Inggris. Ini yang membuat Premier League demikian kompetitif di dunia."

"Klopp bekerja dan meraih prestasi gemilang ketika menangani (Borrusia) Dortmund, dan dia berpeluang mengulang sukses di Premier League. Hanya saja dia masih memerlukan waktu untuk beradaptasi," katanya sebagaimana dikutip dari laman Goal. com.

Pelatih City, Manuel Pellegrini, menghadapi masalah cedera pemain. Kapten Vincent Kompany belum pulih benar dari cedera, sementara playmaker David Silva masih berkutat dengan cedera egkel, dan striker Wilfried Bony mengalami cedera hamstring yang menbuat dia tidak diturunkan dalam pertandingan ini.

Kekalahan

Bek Pablo Zabaleta berangsur pulih dari cedera setelah menjalani masalah di lututnya, dan Samir Nasri (cedera bahu) baru saja pulih.

Klopp masih belum pasti menurunkan atau membangkucadangkan striker Sturridge. Pemain timnas Inggris ini telah menjalani latihan penuh selama pekan ini setelah lima pekan menjalani bedah lutut.

Liverpool menelan sekali kekalahan dari enam laga tandang (dua menang dan tiga imbang). The Reds hanya mengleksi 13 gol di ajang Premier League, jumlah capaian ini terendah yang dicapai klub ini selama perjalanan musim kompetisi setelah menjalani 12 pertandingan.

Manchester City justru meraih start terbaik di Premier League, karena musim 2011/12 mereka hanya meraih 34 poin dan musim 2012/13 (28 poin). The Citizens hanya meraih empat kemenangan dari enam laga terakhir melawan Liverpool di Etihad Stadium.

Komentar dua manajer:

*Manuel Pellegrini (Manchester City):

"Salah satu hal terpenting dalam menghadapi laga yang penting yakni mempunyai pikiran yang teduh dan tenang. Bukan dengan hati yang panas. Hal ini penting, dan saya berharap kami mampu menerapkannya dalam pertandingan nanti."

* Juergen Klopp (Liverpool):
"(Mengenai) kondisi (Sturridge), ia fit dan siap turun bertanding setelah menjalani masa pemulihan yang panjang. Tentu ia belum seratus persen fit, dan kami dapat memahaminya."

"Sebagai striker, tidak jarang penampilan demikian gemilang ketika ia turun selama lima menit. Dan setiap penonton di sini ingin menyaksikan penampilan dia di lapangan. Kualitasnya hebat, kami tidak perlu berbicara lagi"

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester City (4-4-2):

Hart (penjaga gawang), Kolarov, Mangala, Otamendi, Signa, De Bruyne, Navas, Fernandinho, Yaya, Aguero, Sterling
Pemain cadangan:
Cabalerro, Zabaletta, Baker, Fernando, Delph, Roberts, Iheanacho, Ko'pnay, Nasri, Silva, Bony

* Liverpool (4-2-3-1):
Mignolet (penjaga gawang), Clyne, Skrtel, Lovren, Moreno, Can, Lucas, Milner, Lallana, Coutinho, Benteke
Pemain cadangan:
Bogdan, Toure, Allen, Firmino, Ibe, Origi, Sturridge
Absen: Sakho, Gomez, Henderson, Ings (cedera)

Data dan fakta:

* Liverpool belum pernah menang dalam enam laga kandang melawan Manchester City di ajang Premier League (dua kali menang, empat kali kalah).
* Kemenangan terakhir Liverpool di Etihad pada 2008 (3-2). Inilah kali pertama kemenangan mereka dalam sembilan laga tandang melawan City (empat imbang, empat kali kalah).
* Manchester City meraih 12 kali kemenangan dari 13 laga kandang di ajang Premier League.
* Pasukan Pellegrini hanya melepas 28 tembakan on target sepanjang musim ini, sementara ada 82 percobaan on target. Capaian ini yang terbaik di Premier League musim ini.   
* Sergio Aguero mencetak gol dalam tiga penampilannya melawan Liverpool di Etihad Stadium di ajang Premier League.
* Kemenangan tentu bakal membuka peluang mereka mencapai peringkat atas untuk kali pertama sejak Maret 2015.
* The Reds hanya mencetak 13 gol dari 12 pertandingan. Capaian ini terendah selama mengikuti Premier League.
* Philippe Coutinho hanya mencetak tiga gol dalam empat penampilan melawan Manchester City di ajang Premier League.
* Simon Mognolet mencapai 13 clean sheets selama 2015 di ajang Premier League. Capaian ini lebih baik dibandingkan dengan Joe Hart yang hanya meraih 14 clean sheets.

Analisa taktik laga:

* Duel ini menarik lantaran memuat adu taktik antar dua pelatih berkharisma di ajang Premier League. Bagi City, fit tidak Sterling menjadi salah penentu kemenangan.
* Manchester City menghadapi masalah dengan cederanya sederet pemain inti. Tinggal kejelian Pellegrini untuk menentukan pilihan pemain menghadapi tim asuhan Klopp.
* Tim tuan rumah berusaha tampil dengan taktik penguasaan bola. Ini menjadi dilema bagi Klopp, apakah pelatih berpaspor Jerman ini akan menurunkan empat pemain belakang dan memasang Coutinho, Firmino dan Lallana sebagai pemain yang berdekatan dengan striker.
* Toure, De Bruyne, dan Silva serta Sterling kemungkian besar akan lebih banyak membuka ruang kesempatan merangsek pertahanan Liverpool.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper