Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Play Off Kualifikasi Euro 2016: Hongaria Tim Ke-21 Lolos ke Prancis

Hongaria, runner up dua kali Piala Dunia pada 1938 dan 1954, menjadi tim ke-21 yang lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 yang digelar di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli tahun depan.
Timnas Hongaria mengelu-elukan pelatih Bernd Storck setelah lolos ke Euro 2016 dengan mengalahkan Norwegia/UEFA.com
Timnas Hongaria mengelu-elukan pelatih Bernd Storck setelah lolos ke Euro 2016 dengan mengalahkan Norwegia/UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA - Hongaria, runner up dua kali Piala Dunia pada 1938 dan 1954, menjadi tim ke-21 yang lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 yang digelar di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli tahun depan.

Kepastian itu didapat setelah dalam pertandingan leg kedua Hongaria sebagai tuan rumah menundukkan tamunya Norwegia dengan skor tipis 2-1, sehingga secara keseluruhan menang agregat 3-1, karena di kandang lawan dalam leg pertama pekan lalu sudah menang 1-0.

Dalam laga di Stadion Groupama Arena di Budapest pada Senin pagi WIB (16/11/2015), Hongaria membuka skor melalui serangan balik pada menit ke-14 lewat kontribusi gol Tamas Priskin dengan memaksimalkan assist umpan panjang dari lini belakang yang dilepas Tamas Kadar.

Priskin mengolah bola dari luar hingga masuk ke kotak penalti, bergerak di antara tiga pemain Norwegia dan mengakhirinya dengan tendangan keras ke sudut kiri atas gawang tim tamu yang gagal dicegah kiper Orjan Nyland.

Terjadi silih berganti serangan termasuk satu peluang terbaik ketika sundulan kepala pemain Norwegia hanya menghantam tiang kiri gawang tuan rumah.

Memasuki babak kedua Hongaria mampu menggandakan keunggulan ketika pada menit ke-83 kiper Nyland gagal mengantisipasi dengan baik bola rebound hasil sundulan kepala bek yang membantu serangan, Richard Guzmics, yang mental seteklah membentur tiang.

Bola yang sebenarnya mengarah meninggalkan gawang setelah menghantam tiang kiri coba ditangkap Nyland—yang sehari-hari merumput bersama klub Bundesliga Jerman Ingolstandt 04—tapi malahan mendorong bola masuk ke dalam gawang. Skor 2-0 untuk Hongaria.

Norwegia hanya bisa membalas sebiji gol saat Markus Henriksen melepas bidikan keras menyelesaikan kemelut di dalam kotak penalti Hongaria untuk menjadikan skor akhir 2-1 untuk tuan rumah.

Hongaria pun menang agregat 3-1 dan lolos ke putaran final Euro 2016 bersama sembilan juara grup babak kualifikasi, runnr up sembilan grup, Turki sebagai tim peringkat ketiga terbaik di antara sembilan tim peringkat ketiga, serta tuan rumah Prancis.

Berikut hasil dan jadwal pertandingan play off (dalam WIB):

Jumat 13 November:

Norwegia 0 vs Hongaria 1

Sabtu 14 November:

Bosnia-Herzegovina 1 vs Republik Irlandia 1

Minggu, 15 November:

Ukraina 2 vs Slovenia 0

Swedia 2 vs Denmark 1

Senin, 16 November:

02:45   Hongaria 2 vs Norwegia 1

Selasa, 17 November:

02:45   Republik Irlandia vs Bosnia-Herzegovina

Rabu, 18 November:

02:45   Slovenia vs Ukraina

02:45   Denmark vs Swedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Uefa.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper