Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Persib vs Sriwijaya FC, Preview Dan Komentar

Pertarungan antara Persib 'Maung' Bandung melawan Sriwijaya 'Laksar Wong Kito' Palembang di final Piala Presiden 2015 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015) ajang balas dendam sekaligus pembuktian.
Pemain depan Persib Bandung M. Ridwan (kiri) dikawal ketat pemain belakang Sriwijaya FC Isnan Ali (kanan) pada laga lanjutan Indonesian International Tournament (IIT) Menpora Cup 2013 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Jabar, Minggu (22/9). Persib Bandung menang dengan skor akhir 2-1 atas Sriwijaya FC./ANTARA
Pemain depan Persib Bandung M. Ridwan (kiri) dikawal ketat pemain belakang Sriwijaya FC Isnan Ali (kanan) pada laga lanjutan Indonesian International Tournament (IIT) Menpora Cup 2013 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Jabar, Minggu (22/9). Persib Bandung menang dengan skor akhir 2-1 atas Sriwijaya FC./ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA --- Pertarungan antara Persib 'Maung' Bandung melawan Sriwijaya 'Laksar Wong Kito' Palembang di final Piala Presiden 2015 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/10/2015) ajang balas dendam  sekaligus pembuktian.

Bagi Persib, kisah 1 September 2010, di Inter Island Cup201, merupakan pukulan yang teramat menyakitkan. Mereka dihajar 6-0 oleh Laksar Sriwijaya. Fakta sejarah kekalahan Persib itu masih ada dalam ingatan kubu Persib.

Itu mengapa, selain tidak ingin mengulangi kegagalan itu, Persib ingin menjadikan partai final ini bukan sekedar final. Namun ajang menghindari kekalahan telak dan membuktikan Persib adalah tim besar yang layak final.

Apa yang akan dilakukan Persib menghindari kekalahan dari Sriwijaya FC? Persib Bandung akan berkaca dari kelengahan Arema Cronous dalam menghadapi Sriwijaya FC.

"Saat berlaga di semifinal, Arema terlalu percaya diri sehingga menjadi kelengahan mereka saat berhadapan dengan Sriwijaya FC. Kami akan belajar dari pengalaman Arema untuk mengatasi tim itu," kata Pelatih Persib Bandung, Jajang Nurjaman.

Jajang mengakui  Sriwijaya menunjukkan permainan yang menanjak sehingga harus diwaspadai para laga terakhir pada final yang akan digelar akhir pekan ini.

"Penampilan mereka di semifinal paling bagus di ajang Piala Presiden 2015, dan saya berharap Persib bisa tampil lebih siap dan mewaspadai setiap pergerakan pemain Sriwijaya," kata Jajang.

Meski sejak awal Persib digadangkan tampil pada final ideal melawan Arema Cronous, namun menurut Jajang hukum sepak bola telah bergulir di ajang Piala Presiden dimana setiap tim paling siaplah yang bisa meraih kemenangan.

Ia sendiri menyatakan para pemainnya sudah sangat siap untuk laga puncak, meski hingga Selasa siang belum ada kepastian tempat pertandingan babak final itu. Dihapusnya kartu kuning dan merah para pemain untuk laga final itu, kata Jajang memungkinkan kedua tim akan tampil dalam kondisi terbaiknya.

"Partai puncak harus menjadi pertandingan paling baik dan permainan terbaik, sehingga dengan bersihnya kartu pemain jelas sangat memungkinkan kami bisa berlaga dengan permainan dengan kelas terbaik kita masing-masing," kata Jajang.

Pelatih yang juga pemain Persib tahun 1980-an itu menyatakan, kekuatan kedua tim sudah bukan rahasia lagi karena sering bertemu di ajang kompetisi maupun turnament. Pelatih Jajang Nurjaman maupun Benny Dollo masing-masing sudah kerap bentrok sebagai juru taktik di lapangan.

"Boleh dikata kita tidak ada rahasia lagi, kekuatan kita sudah terbuka. Sama-sama punya pemain yang pernah merumput di Persib maupun di Sriwijaya FC, sehingga jelas persiapan akhir ini yang menentukan siap tidaknya untuk laga nanti," kata Jajang.

Persib Bandung memiliki ambisi untuk mencetak sejarah sebagai Juara ISL 2015 sekaligus Juara Piala Presiden pertama. Pasalnya Persib juga sebelumnya mengukir sejarah sebagai pemegang abadi Piala Presiden (Kompetisi Perserikatan) setelah menjadi juara musim kompetisi 1992-1993. Kemudian menjadi juara Liga Dunhill I tahun 1993-1994.

Pemain Sriwijaya FC Patrick Wanggai optimistis pertandingan final Piala Presiden 2015 yang mempertemukan Sriwijaya FC dan Persib Bandung   timnya dapat meraih kemenangan.

Pemain yang pernah membela Persidafon Dafonsoro dan Persipura Jayapura tersebut juga yakin bahwa timnya tidak akan tertekan oleh suporter lawan yang kemungkinan akan lebih banyak dari segi kuantitas.

"Kami sudah biasa main tidak di kandang. Saya tetap berharap pada dukungan suporter, walaupun tidak sebanyak Persib," ucap Wanggai.

Prediksi Line Up

Sriwijaya : Dian Agus; Abdoulaye Maiga, Fachruddin, Wildansyah, Fathul Rahman; Asri Akbar, Yu Hyun Koo, Syakir Sulaiman; TA Mushafry, Patrich Wanggai, Titus Bonai.
Cadangan : Yogi Triana, Ichsan Kurniawan, Manda Cingi, Rizsky Dwi, Jecky Arisandi, Yohanis Nabar, Ngurah Nanak.

Persib : I Made Wirawan; Supardi, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Tony Sucipto; Hariono, Firman; Makan Konate; Zulham Zamrun, Ilija Spasojevic, Atep.
Cadangan : Natshir Fadhil, Dias Angga, Agung Pribadi, Taufiq, Abdul Rahman, Dedi Kusnandar, Yandi Sofyan.

BERITA TERKAIT

FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Persib vs Sriwijaya, Head To Head, Preview, Prediksi Skor

FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Ahok, Ridwan Kamil, Kapolda Metro Rapat, Ada Apa?

FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Tim Persib \'Maung\' Bandung Naik Kendaraan Taktis?

Head to Head Persib vs Sriwijaya FC

08-03-2005 Sriwijaya FC vs Persib 1-4 Divisi Utama Ligina
22-06-2005 Persib vs Sriwijaya FC 1-0 Divisi Utama Ligina
11-03-2006 Persib vs Sriwijaya FC 0-0 Divisi Utama Ligina
11-06-2006 Sriwijaya FC vs Persib 0-0 Divisi Utama Ligina
04-03-2007 Sriwijaya FC vs Persib 1-0 Divisi Utama Ligina
27-11-2007 Persib vs Sriwijaya FC 0-1 Divisi Utama Ligina
09-09-2008 Sriwijaya FC vs Persib 4-2 ISL
26-02-2009 Sriwijaya FC vs Persib 3-1 Piala Indonesia
12-04-2009 Persib vs Sriwijaya FC 1-1 Piala Indonesia
17-04-2009 Persib vs Sriwijaya FC 3-2 ISL
12-12-2009 Sriwijaya FC vs Persib 1-1 ISL
17-05-2010 Persib vs Sriwijaya FC 1-0 ISL
01-09-2010 Sriwijaya FC vs Persib 6-0 Inter Island Cup 2010
02-01-2011 Sriwijaya FC vs Persib 4-1 ISL
22-04-2011 Persib vs Sriwijaya FC 1-0 ISL

  • Persib Menang 5 
  • Sriwijaya Menang 6 
  • Seri 4

BERITA TERKAIT

-FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Persib & Bobotoh Mau Bandung Dapat Skema Pengamanan Khusus

-FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Persib vs Sriwijaya FC, Ketat Dan Jokowi Dipastikan Datangi Stadion

-FINAL PIALA PRESIDEN 2015: Analisa Persib vs Sriwijaya FC: Wong Kito Masih Unggul 6-5

REKOR KEKALAHAN TERBESAR

PERSIB BANDUNG vs Sriwijaya FC 0-6
Grup B Inter Island Cup 2010
Rabu, 1 September 2010
Stadion Jakabaring Palembang
Gol: Budi Sudarsono 13, 15, 24, Park Jung Hwan 27, Okto Maniani 58

LINE UP (1/9/2010)

Sriwijaya SFC (Ivan Kolev): Fauzal Mubarok; Supardi, Ahmad Jufrianto, Mandez Claudiano Do Santos; Mahardirga Lasut, Ponaryo Astaman (kapten), Mahyadi Panggabean (Ardiles Rumbiah 90`); Okto Maniani (Bobby Satria 72`), Park Jung Hwan,Budi Sudarsono (Ade Suhendra 82`)

Persib (Darko Janakovic): Dedy Heryanto; Wildansyah, Abdul Rahman, Baihakki Khaizan, Isnan Ali; Jejen Zainal, Hariono (kapten), Esteban Vizcarra, Siswanto (Rahmad Affandi 45`); Fablo Frances, dan Cristian Gonzales.

Komentar Gubernur

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin:

"Saya berharap laga final Piala Presiden mempertemukan Sriwijaya FC dengan Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (18/10/2015), menjadi kemenangan bagi rakyat Sumsel di tengah kabut asap melanda daerah itu".

Pada laga final nanti tidak perlu berapa skor, yang penting Sriwijaya FC bisa menang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad atau Aher

"Saya optimistis Persib Bandung akan meraih gelar juara pada Piala Presiden 2015 pada laga final nanti melawan Sriwijaya FC."

"Menang Persib mah, Insya Allah. Pastinya, salah kalau orang Jawa Barat tidak berharap menang nanti di Piala Presiden. Harus menang. Makanya kita doakan, dukung, hadirkan percaya diri bagi para pemain, Persib melawan Sriwijaya FC layak dan berhak jadi juara."

"Saya  akan menggelar nonton bareng laga final Persib Bandung vs Sriwijaya FC. Iya (nonton bareng) nanti kita lihat lokasinya di mana. Mudah-mudahan bisa nonton."

Sebelumnya, Persib Bandung melangkah ke babak final Piala Presiden 2015 setelah mengalahkan mengalahkan Mitra Kukar 3-1 (3-1) pada semifinal leg kedua yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Sabtu (10/10) Persib memastikan diri lolos setelah unggul agregat 3-2 atas Mitra Kukar, sekaligus melakukan revans atas kekalahan pada leg pertama 0-1 di Kutai Kartanegara pekan lalu.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper