Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Lengkap Liga Prancis: PSG Sikat Marseille, Monaco Tertahan

Bomber asal Swedia Zlatan Ibrahimovic mencetak dua gol untuk membawa Paris Saint Germain (PSG) menundukkan Olympique de Marseille dengan skor tipis 2-1 dalam big match pekan kesembilan Ligue 1 Prancis.
Zlatan Ibrahimovic/Reuters
Zlatan Ibrahimovic/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bomber asal Swedia Zlatan Ibrahimovic mencetak dua gol untuk membawa Paris Saint Germain (PSG) menundukkan Olympique de Marseille dengan skor tipis 2-1 dalam big match pekan kesembilan Ligue 1 Prancis.

Dalam pertandingan Stadion Parc des Princes di Kota Paris pada Senin pagi WIB (5/10/2015), tim tamu Marseille membuka keunggulan pada menit 30 lewat tandukan Michy Batshuayi menyambut umpan Abdel Barrada. 

Namun pada menit 40, penjaga gawang Steve Mandanda dinilai melakukan pelanggaran terhadap Ibrahimovic sehingga wasit menunjuk titik putih. Ibrahimovic yang menjadi algojo sukses mengecoh Mandanda serta membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Hanya 3 menit berselang, PSG kembali memperoleh tendangan penalti saat bek Marseille, Rolando, dianggap dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti. Ibrahimovic kembali menunaikan tugasnya dengan baik, mengarahkan bola ke arah yang sama dengan sebelumnya kanan gawang dan Mandanda pun tetap terkecoh dengan melompat ke kiri.

Ibrahimovic mungkin menjadi aktor utama keberhasilan PSG membalikkan keadaan, namun penjaga gawang Kevin Trapp patut mendapat acungan jempol.

Pasalnya, pada menit 55 pemain PSG Serge Aurier melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti yang berujung pada wasit Benoit Basten menunjuk titik putih. Tetapi, Trapp sukses membaca arah tembakan Barrada dan menjaga keunggulan PSG atas rivalnya itu.

Berkat kemenangan tersebut, PSG kian kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 23 poin, sementara Marseille kian terpuruk di posisi 16 dengan total 8 poin saja, demikian dilaporkan Antara berdasarkan laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Selain Marseille, tim lain yang juga secara tradisional merupakan kekuatan tradisional Prancis, Girondins de Bordeaux dan Saint-Etienne juga menelan kekalahan dalam pekan kesembilan.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, dalam laga di Stadion Yves Allainmat-Le Moustoir, tuan rumah Lorient lebih dulu tertinggal dari Bordeaux lewat gol Diego Rolan pada menit ke-38 dan skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Namun, begitu memasuki babak kedua, arah permainan berbalik untuk tuan rumah. Lorient menggelontor tiga gol lewat Benjamin Moukandjo (47’), penalti Abdul Majeed Waris (64’), dan Zargo Toure (79’). Sementara Bordeaux hanya bisa memperkecil skor lewat Adam Ounas 2 menit menjelang laga usai. Skor akhir 3-2 untuk Lorient.

Sementara itu Saint-Etienne, juara terbanyak Ligue 1 yakni 10 kali, takluk 0-1 dari SM Caen. Gol semata wayang tuan rumah dihasilkan oleh Andy Delort pada menit 62 setelah memaksimalkan assist Vincent Bessat.

Dalam pertandingan lainnya, Monaco tertahan di kandang sendiri dan hanya bisa bermain imbang dengan skor 1-1 menghadapi tim tamu yang merupakan kekuatan baru yakni Stade Rennais, tim peringkat keempat.

Bermain di Stadion Louis II di Kerajaan Monako—AS Monaco merupakan satu-satunya tim di luar Prancis yang ikut bertarung di Ligue 1—Rennais lebih dulu unggul melalui gol Abdoulaye Doucoure dan tuan rumah enyamakan skor ketika babak kedua memasuki menit ke-6 melalui Wallace Fortuna do Santos.

Hasil lengkap pertandingan Ligue 1 matchday kesembilan:

Lille 2 vs Montpellier 0

Olympique Lyonnais 1 vs Stade de Reims 0

Angers 1 vs SC Bastia 0

ES Troyes AC 0 vs En Avant Guingamp 1

Gazelec Ajaccio 2 vs Toulouse 2

Nice vs Nantes (ditunda babak I akibat hujan lebat, skor 2-2)

AS Monaco 1 vs Stade Rennais 1

Lorient 3 vs Girondins de Bordeaux 2

SM Caen 1 vs AS Saint-Etienne 0

Paris Saint-Germain 2 vs Olympique de Marseille 1

Klasemen sementara (main, selisih gol, nilai):

1

Paris Saint-Ge…

9

+14

23

2

Angers SCO

9

+5

18

3

SM Caen

9

+1

18

4

Stade Rennais FC

9

+5

16

5

AS Saint-Étienne

9

+1

16

6

Olympique Lyonnais

9

+5

15

7

Stade de Reims

9

+4

15

8

OGC Nice

8

+9

14

9

FC Lorient

9

+1

14

10

AS Monaco FC

9

-1

13

11

En Avant Guingamp

9

-3

13

12

Lille OSC

9

+0

10

13

SC Bastia

9

-2

10

14

FC Girondins d…

9

-3

10

15

FC Nantes

8

-6

10

16

Olympique de M…

9

+3

8

17

Toulouse FC

9

-5

8

18

Montpellier HSC

9

-8

4

19

ES Troyes AC

9

-11

4

20

Gazélec Ajaccio

9

-9

3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & Antara/UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper