Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Carlo Ancelotti/Reuters-Susana Vera
Carlo Ancelotti/Reuters-Susana Vera

Luis Enrique-1

Tanggal lahir: 10 Juni 1959
Kebangsaan: Italia
Karir pemain: Parma FC, AS Roma, AC Milan
Karir kepelatihan: AC Reggiana, Parma FC, Juventus, AC Milan, Chelsea FC, Paris Saint-Germain, Real Madrid CF

• Salah satu dari  enam orang yang telah mengangkat Juara Eropa Klub 'Cup sebagai pemain dan pelatih dan  Kedua manajer kedua setelah Bob Paisley, yang memenangkan trofi tiga kali. Gelandang agresif, ia membantu Roma memenangkan gelar Serie A 1983 dan empat Piala Italia sebelum bergabung dengan Milan pada  1986 di mana ia menambahkan kejuaraan liga lebih dari dua , serta-back to-back kemenangan Piala Eropa pada  1989 dan 1990.

• Mulai pembinaan pada  1995 dengan satu tahun di Reggiana, menghasilkan  mereka promosi dari Serie B, sebelum dua musim di Parma. Digantikan Marcello Lippi di Juventus pada  Februari 1999 dan kembali ke San Siro sebagai pelatih Milan pada  2001.

• Selama delapan musim yang bertanggung jawab, dia memenangkan Liga Champions pada  2003 dan 2007, tapi kalah di final 2005 lewat adu penalti dari Liverpool FC setelah memimpin 3-0. Milan anche memenangkan gelar Serie A, Piala Italia pada 2007 dan Piala Dunia FIFA Club.

• Mengundurkan diri pada  31 Mei 2009 dan diberi nama sebagai manajer baru Chelsea. Musim pertamanya di London berakhir dengan klub memenangkan liga dan piala ganda untuk pertama kalinya. Diberhentikan pada akhir kampanye keduanya, Ancelotti mengambil alih Paris ST Germain pada Desember 2011.

• Dalam satu musim penuh di ibukota Prancis, 2012/13, Ancelotti mengarahkan Paris untuk gelar pertama  Ligue 1 dalam 19 tahun. Meninggalkan untuk mengambil alih di Madrid pada kontrak tiga tahun, memenangkan Copa del Rey dan Piala Eropa kesepuluh klub di musim pertamanya, menjadi  pelatih kelima yang memenangkan trofi dengan dua klub dalam proses. Madrid menambahkan Piala Super UEFA pada awal kampanye menjadi  kelima kalinya Ancelotti telah memenangkan piala itu sebagai pemain atau pelatih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper