Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: PSG vs Barcelona, Ini Rekor Pertemuan Terdahulu

Pertarungan leg pertama Liga Champions antara Paris Saint-Germain dan FC Barcelona merupakan pertemuan untuk ketiga kalinya musim ini dengan sang empat kali juara Eropa itu kini berupaya untuk menghindari kekalahan di ibukota Prancis itu.
Trio ujung tombak Barcelona; Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar masih menjadi andalan dalam laga semifinal pertama Copa Del Rey, Barcelona vs Villarreal. Akankah mereka mencetak gol pada laga ini?/Reuters
Trio ujung tombak Barcelona; Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar masih menjadi andalan dalam laga semifinal pertama Copa Del Rey, Barcelona vs Villarreal. Akankah mereka mencetak gol pada laga ini?/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pertarungan leg pertama Liga Champions antara Paris Saint-Germain dan FC Barcelona, Rabu (15/4/2015) atauKamis (16/4/2015) Parc des Princes, Paris merupakan pertemuan  untuk ketiga kalinya musim ini dengan sang empat kali juara Eropa itu kini berupaya untuk menghindari kekalahan di ibukota Prancis itu.

Pertemuan sebelumnya
• Paris mencatat kemenangan terkenal di matchday kedua setelah David Luiz membuka skor. Meskipun Lionel Messi langsung bereaksi, Marco Verratti membuat kedudukan menjadi 2-1 sebelum Blaise Matuidi dan Neymar bertukar gol nanti.

• Formasi di Parc des Princes pada 30 September 2014 adalah:
Paris: Sirigu, Van der Wiel, Marquinhos, David Luiz, Maxwell, Verratti (Cabaye 71), Thiago Motta, Matuidi, Lucas (Bahebeck 90), Pastore (Chantome 86), Cavani.
Barcelona: Ter Stegen, Daniel Alves (Sandro Ramirez 83), Mascherano, Mathieu, Alba, Rakitic (Xavi 69), Busquets, Iniesta, Pedro (El Haddadi 62), Messi, Neymar.

• Ketika tim bertemu lagi pada matchday enam, klub Catalan dijamin posisi teratas di Grup F dengan kemenangan kandang 3-1. Setelah pembuka Zlatan Ibrahimovic, Messi, Neymar dan Luis Suárez mencetak gol yang memastikan Barca selesai dengan dua poin atas lawan-lawan mereka.

• Formasi di Camp Nou pada 10 Desember 2014 adalah:
Barcelona: Ter Stegen, Bartra (Adriano 90), Pique, Mascherano, Mathieu, Pedro (Rakitic 68), Busquets, Iniesta (Xavi 73), Messi, Suárez, Neymar.
Paris: Sirigu, Van der Wiel, Thiago Silva, David Luiz, Maxwell, Verratti (Pastore 62), Thiago Motta, Lucas, Matuidi (Lavezzi 75), Ibrahimovic, Cavani.

• Ini adalah ketiga kalinya tim telah bertemu pada tahap kompetisi. Pada 2012/13 di perempat final Barcelona mengalahkan Paris pada gol tandang setelah dua kali seri - 2-2 di Parc des Princes, 1-1 di Camp Nou.

• Formasi di Paris pada 2 April 2013 adalah:
Paris: Sirigu, Jallet, Alex, Thiago Silva, Maxwell, Beckham (Verratti 70), Matuidi, Lucas, Pastore (Gameiro 76), Ibrahimovic, Lavezzi (Menez 66).
Barcelona: Valdés, Daniel Alves, Pique, Mascherano (Bartra 84), Alba, Xavi, Busquets, Iniesta, Sanchez, Messi (Fabregas 46), Villa (Tello 81).

• Pada 1994-1995 di perempat final away Paris lolos karena mereka maju dengan kemenangan agregat 3-2. Hasil imbang 1-1 di Spanyol diikuti oleh sukses kandang 2-1 di Parc des Princes, Rai dan Vincent Guerin mencetak gol di 18 menit terakhir untuk mengambil Paris melalui.

• Kemenangan di penyisihan grup  Desember lalu  hanya kemenangan kedua Barca dalam tujuh pertandingan melawan Paris. Yang lainnya adalah kemenangan 1-0 di akhir 1997 untuk UEFA Cup Winners 'Cup dengan Ronaldo mencetak satu-satunya gol. Luis Enrique, bermain untuk Barcelona,  Laurent Blanc juga pemain Barcelona, tidak lolos ke  final.

Pelatih dan pemain link
• Blanc dan Luis Enrique bermain bersama di Camp Nou selama mantan kampanye soliter ada (1996-1997).

• Luis Enrique berada di sisi Real Madrid  saat tersingkir dari Eropa dari Paris di perempat final Piala UEFA 1992/93 (3-1h, 1-4a), maka pada triwulan Piala UEFA Cup Winners 1993/94 ' -finals (0-1h, 1-1 a).

• Blanc bertanggung jawab atas sisi Prancis saat dikalahkan 2-0 oleh klub Spanyol itu di UEFA EURO 2012 perempat final. Jordi Alba, Sergio Busquets, Gerard Pique, Xavi, Andres Iniesta dan Pedro Rodríguez semua tampil.

• Thiago Motta datang melalui akademi Barcelona dan membuat 96 penampilan Liga, mencetak enam gol. Dia memenangkan dua gelar Spanyol dan merupakan pengganti yang tidak digunakan untuk kemenangan terakhir mereka di UEFA Champions League melawan Arsenal FC 2006.

• Maxwell membuat 57 penampilan Liga untuk Barcelona (2009-12) dan memenangkan dua gelar liga, tetapi tidak terlibat dalam final Liga Champions UEFA 2011.

• Gol Thiago Silva  pada tambah waktu menyamakan kedudukan melawan Milan jadi imbang 2-2 pada penyisihan grup di Barcelona pada  September 2011.  Milan  dipukuli 3-2 di rumah di pertarungan kemudian dan di perempat final dari dua leg, Barcelona menang agregat 3-1.

• Motta adalah pemain pengganti babak kedua dan Salvatore Sirigu duduk di bangku cadangan saat tim Italia kalah 4-0 dari Spanyol di UEFA EURO 2012 akhir di Kyiv. Jordi Alba mencetak gol kedua dan Pique, Xavi, Iniesta, dan Busquets juga ditampilkan.

• Douglas Pereira dan Lucas Moura berbagi ruang ganti di São Paulo FC untuk paruh kedua 2012, memenangkan Copa Sudamericana bersama-sama.

• Luiz mencetak gol dan menempatkan penalti melewati Claudio Bravo untuk membantu Brasil mengalahkan Chile pada adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di Piala Dunia FIFA 2014 babak 16 besar.

• Neymar, bermain bersama Thiago Silva, mencetak gol dalam kemenangan 3-1 Brasil 3-1 melawan Matuidi di tim Prancis dalam Stade de France ramah pada  26 Maret.

Fakta pertandingan

Paris
• Verratti dan Ibrahimovic menjalani suspensi satu pertandingan, sementara Serge Aurier memulai larangan tiga pertandingan. Matuidi dan Gregory van der Wiel keduanya sudah mengantungi satu kartu kuning.

• Paris telah memenangkan tiga pertandingan terakhir mereka sejak kalah 3-2 di FC Girondins de Bordeaux pada  15 Maret, yang berpuncak pada kekalahan 4-0 Sabtu dari SC Bastia di final Piala Liga - Ibrahimovic dan Edinson Cavani asing-masing mencetak dua.

• Termasuk perlengkapan akhir musim lalu, juara Prancis tak terkalahkan dalam 24 pertandingan kandang.

• Ibrahimovic telah mencetak 13 gol dalam tujuh pertandingan terakhir nya untuk klub dan negara, termasuk hat-trik melawan FC Lorient (3-1) dan AS Saint-Étienne (4-1).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper