Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Siapa Raja Gol, Messi, Ronaldo, Genderang 'Perang' Ditabuh?

Rivalitas antara Cristiano Ronaldo dan Lionell Messi, tak kunjung usai. Selalu ada pentas dan tajam. Terutama persaingan menjadi top skor Liga Champions 2014-2015. Diprediksi, bakal sengit antara Cristiano ROnaldo (Real Madrid) versus Lionel Messi (Barcelona). Penggulingan penguasa sementara Luiz Adriano (Shakhtar Donetsk) dengan 9 gol, seperti tinggal menunggu waktu. Ini seiring dengan tersingkirnya Shakhtar Donetsk).
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan)./Reuters
Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan)./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Rivalitas antara CristianoRonaldo dan Lionell Messi, tak kunjung usai. Selalu ada pentas dan tajam. Terutama persaingan menjadi top skor Liga Champions 2014-2015. Diprediksi, bakal sengit antara Cristiano ROnaldo (Real Madrid) versus Lionel Messi (Barcelona). Penggulingan penguasa sementara  Luiz Adriano (Shakhtar Donetsk) dengan 9 gol, seperti tinggal menunggu waktu. Ini seiring dengan tersingkirnya Shakhtar Donetsk).

Kendat ikalah 3-4 di leg kedua dari Schalke 04 Jerman, wakil sekaligus juara bertahan Liga Champions Real Madrid memastikan diri ke perempat final. Ini berkat kemenangan 2-0 di leg pertama.

Hasil itu, membuat Madrid setidaknya, masih akan tampil dua kali di perempat final. Dua kesempatan itu, membuat peluang Ronaldo menggeser Luiz Adriano dan menguasai puncak top skor, terbuka lebar. Kini, kapten tim nasional Portugal yang juga mantan pemain Manchester United itu, sudah mengoleksi delapan gol. Jika di dua pertandingan masing-masing mencetak satu gol, Ronaldo langsung menggeser Luiz dari puncak daftar top skor.

Namun, jika Barcelona mampu lolos ke perempat final dengan menumbangkan Manchester City di leg kedua,  Rabu pekan depan, Messi juga membuka peluang untuk duduk di puncak klasemen top skor. Dengan menang berapa pun, setelah unggul 2-1 di leg pertama, Barcelona lolos ke perempat final. Itu berarti, seperti halnya Ronaldo, setidaknya, Messi masih akan tampil, dua kali di Liga Champions. Di kedua partai itulah, Messi masih berpotensi menambah koleksi golnya pada musim tahun ini.

Kalau Barceloan tersandung, peluang Messi menjadi top skor musim ini, selesai. Delapan gol akan menjadi jumlah maksimal. Sebaiknya, jika City yang lolos, striker tim nasional Argentina Sergio Aguero, yang kini sudah mengoleksi enam gool, bakal berpeluang menjadi top skor. Penampilan pemain yang lebih suka menemai dirinya Kun Aguero, sejauh ini, masih cukup diperhitungkan sebagai striker haus gol dan berbahaya.

Messi nampaknya akan berjuang agar Barceloa tetap bertahan di Liga Champions. Secara pribadi, mungkin, Messi memiliki 'dendam' pribadi. Pasalnya, posisi  teratas di rekor pencetak gol Liga Champions all times, posisinya sudah digusur Ronaldo. Selisih satu gol, Messi 75 gol dan Ronaldo 76 gol.

Pencetak Gol

Gol

Pemain

Tim

9

Luiz Adriano

Shakhtar Donetsk 

8

Lionel Messi

Barcelona 

8

Cristiano Ronaldo

Real Madrid 

6

Sergio Agüero

Man. City 

6

Edinson Cavani

Paris 

5

Karim Benzema

Real Madrid 

5

Jackson Martínez

Porto 

5

Mario Manduki*

Atlético 

5

Thomas Muler

Bayern Munchen

Ronaldo bercerita tentang Lionell Messi: "Beberapa orang mengatakan aku lebih baik, orang lain mengatakan itu padanya [Lionel Messi], tapi pada hari akhir, mereka akan memutuskan siapa yang pemain terbaik," kata Ronaldo kepada CNN dalam sebuah wawancara eksklusif. "Saat ini ... saya pikir itu adalah saya," katanya sambil tertawa.

"Kadang-kadang [perbandingan dengan Messi] membuat saya lelah ... baginya juga karena mereka membandingkan kami bersama-sama sepanjang waktu."

"Anda tidak bisa membandingkan Ferrari dengan Porsche karena itu mesin yang berbeda. Anda tidak bisa membandingkan mereka. Dia melakukan hal-hal terbaik untuk Barcelona, saya melakukan hal-hal terbaik bagi Madrid."

"Saya pikir kita mendorong satu sama lain kadang-kadang dalam kompetisi, ini adalah mengapa kompetisi begitu tinggi. Inilah sebabnya mengapa Madrid dan Barcelona adalah tim terbaik di dunia karena semua orang mendorong satu sama lain, bukan hanya saya dan Messi, tapi pemain lain."

Apa kata Lionel Messi? "Saya pikir Cristiano Ronaldo adalah orang yang baik dan pemain yang baik, yang membawa banyak ke Real Madrid. Dia setiap saat pasti bisa memutuskan nasib  pertandingan.",

"Sejujurnya aku tidak berpikir itu… Saya tidak pernah khawatir atau mencoba untuk membandingkan diri dengan pemain lain. Dalam pikiran saya, saya selalu menetapkan  tujuan saya untuk menjadi pemain yang lebih baik setiap tahun, baik secara individu maupun sebagai tim, dan jika Cristiano Ronaldo tidak bermain, target saya akan persis sama."

"Saya tidak merasakan tekanan untuk mencetak gol hanya karena Ronaldo melakukannya. Saya tertarik pada bagaimana Real Madrid tidak dalam permainan mereka, karena mereka bersaing dengan kami di liga yang sama di mana kita bermain. Mereka adalah rival terbesar kami.. , karena tahun demi tahun, kita saling rebutan  gelar dengan mereka, jadi itu adalah hal yang wajar terjadi. Tapi tidak ada persaingan pribadi [saya] terhadap Cristiano Ronaldo ... "

Rekor Pencetak Gol Liga Champions 

Cristiano Ronaldo

76 gol

115 games

Lionel Messi

75 gol

93 games

Raul

71 gol

142 games

Ruud van Nistelrooy

56 gol

73 games

Thierry Henry

50 gol

112 games

Karim Benzema & Cavani Mengintai

Madrid tidak hanya menempatkan Ronaldo. Karim Benzema, juga masuk dalam daftar top skor dengan lima gol. Jika penampilannya di dua perempat final mendatang ciamik dan mampu memproduksi banyak gol, striker tim nasional Prancis itu, bakal ikut meramaikan perebutan top skor Liga Champions tahun ini.

Paris Saint Germain, yang menyingkirkan Chelsea berkat gol tandang (1-1 di leg pertama di Prancis dan 2-2 di leg kedua di Chelsea), mempunyai kandidat juga. Melalui striker tim nasional Uruguay, Edinson Cavani. Sejauh ini, dia sudah mengoleksi enam gol. Masih akan menjalani, setidaknya, dua pertandingan lagi di perempat final.

Pencetak Gol

Gol

Pemain

Tim

9

Luiz Adriano

Shakhtar Donetsk 

8

Lionel Messi

Barcelona 

8

Cristiano Ronaldo

Real Madrid 

6

Sergio Agüero

Man. City 

6

Edinson Cavani

Paris 

5

Karim Benzema

Real Madrid 

5

Jackson Martínez

Porto 

5

Mario Manduki*

Atlético 

5

Thomas Muler

Bayern Munchen


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa/reuters/cnn
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper