Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BESIKTAS VS LIVERPOOL: Ini 3 Fakta Buruk Skuat Brendan Rodgers

Klub Liga Primer Inggris Liverpool datang ke markas klub Turki Besiktas di Istanbul dengan bekal tiga fakta buruk.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 26 Februari 2015  |  20:58 WIB
Pelatih Liverpool Brendan Rodgers - Liverpoolfc.com
Pelatih Liverpool Brendan Rodgers - Liverpoolfc.com

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool dihantui tiga kekalahan saat bertandang ke Turki. Fakta buruk lainnya, The Reds belum pernah menang sejak Desember 2012 saat menjalani laga tandang di kompetisi Eropa dan selalu kesulitan menjebol gawang lawan saat away.

Itulah bekal yang dibawa skuat asuhan Brendan Rodgers saat bertandang ke Stadion Ataturk, Istanbul, markas Besiktas, untuk melakoni laga leg kedua 32 besar Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Chamlions, yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat WIB (27/2/2015) mulai pk. 01:00 WIB dan akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Secara keseluruhan, rekor Liverpool di kompetisi Eropa 194 kali menang dari 347 pertandingan, sisanya 76 berakhir seri, dan kalah 77 kali. Sedangkan khusus di Liga Europa (termasuk saat masih bernama UEFA Cup) main 130 kali, menang 72, imbang 31, dan 27 kali menelan kekalahan.

Liverpool berangkat ke Stadion Ataturk di Kota Istanbul, Turki, dengan keunggulan skor tipis 1-0 setelah Mario Balotelli mencetak gol kemenangan pada menit ke-85 dari titik penalti pada leg pertama pekan lalu di Anfield.

Kedua tim telah bertemu sekali sebelumnya di Turki yaitu pada babak penyisihan grup Liga Champions pada Oktober 2007, saat itu Liverpool kalah tipis dengan skor 1-2. Steven Gerrard mencetak gol hiburan yang terlambat setelah gol bunuh diri Sami Hyypia dan gol dari Deyvison ‘Bobo’ Rogerio da Silva membuat tuan rumah sempat unggul 2-0.

Secara keseluruhan Liverpool telah bertemu klub-klub Turki sebanyak 11 kali, menang 6, imbang 2 dan kalah 3.

Namun fakta buruknya, saat berlaga di Turki Liverpool telah kalah tiga kali dan menang sekali dari lima kali. Satu-satunya kemenangan ialah saat melawan di Trabzonspor dalam kualifikasi Liga Europa di bawah Roy Hodgson pada 2010. The Reds tertinggal hingga tinggal 8 menit tersisa sebelum gol bunuh diri dan gol kemenangan Dirk Kuyt dan Liverpool menang agregat 3-1.

Kunjungan Liverpool paling fenomenal ke Turki terjadi pada 2005 ketika mereka mengalahkan AC Milan di final Liga Champions di Stadion Ataturk—yang juga menjadi venue saat vs Besiktas—melalui adu penalti setelah tertinggal 0-3 di babak pertama dan akhirnya bisa menyamakan skor 3-3.

Sayangnya, ada fakta buruk lainnya yakni The Reds belum pernah menang dalam empat laga tandang di Eropa sejak kemenangan 1-0 atas klub Serie A Italia Udinese dalam babak penyisihan grup Liga Europa pada Desember 2012 dengan Jordan Henderson mencetak gol tunggal.

Fakta buruk ketiga, Liverpool telah gagal mencetak gol dalam delapan laga dalam 14 laga away terakhir di Eropa, meskipun mencetak 11 gol dari 14 laga tersebut dengan 5 gol datang dalam satu pertandingan di markas klub Swiss Young Boys.

Liverpool dalam posisi unggul 37 kali jelang leg kedua tandang dalam sejarah mereka di Eropa dan telah memenangi 33 dari leg kedua tandang tersebut.

Ketika unggul dengan satu gol mereka telah lolos 10 kali dari 13 kesempatan. Mereka hanya kalah dari klub Georgia Dinamo Tbilisi pada 1979, CSKA Sofia (Bulgaria, 1982) dan Bayer Leverkusen (Jerman, 2002), semua di Piala Eropa atau Liga Champions.

Berikut daftar pencetak gol Liverpool dan Besiktas pada musim ini (jumlah gol di kompetisi Eropa dalam kurung):

Liverpool: Gerrard 10 (2), Sterling 10 (0), Lallana 5 (0), Balotelli 4 (2), Coutinho 4 (0), Henderson 3 (1), Lambert 3 (1), Markovic 3 (0), Sturridge 3 (0), Moreno 2 (0), Borini 1 (0), Can 1 (0), Johnson 1 (0), Lovren 1 (0), Rossiter 1 (0), Skrtel 1 (0), Suso 1 (0), gol bunuh diri 4 (0).

Besiktas: Demba Ba 22 (8), Olcay Sahan 7 (0), Gokhan Tore 7 (3), Cenk Tosun 7 (1), Kerim Frei Koyunlu 4 (1), Jose Sosa 3 (0), Veli Kavlak 2 (1 ), Oguzhan Ozyakup 2 (1), Mustafa Pektemek 2 (1), Tolgay Ali Arslan 1 (0), Atinc Nukan 1 (0), Ramon 1 (0), Ceyhun Uysal 1 (0), Furkan Yaman 1 (0), gol bunuh diri 1 (0).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liverpool liga europa uefa

Sumber : Liverpoolfc.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top