Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: PSG vs Chelsea 1-1, Cavani Jadi Bintang

Paris St Germain akan menjamu Chelsea dalam leg pertama Liga Champions pada Selasa (17/2/2015) atau Rabu (18/2/2015) dengan pesimistis kendati di perempat final musim lalu --di leg pertama-- mereka menang 3-1 dari the Blues. Pasalnya,m sejumlah pemain PSG cedera.
Striker Paris ST Germain asal Uruguay Edinson Cavani  merayakan usai mencetak gol ke gawang Chelsea dalam babak 16 Liga Champions yang berakhir 1-1 di Paris, Selasa (17/2/2015) atau Rabu (18/2/2015) dini hari WIB./Reuters
Striker Paris ST Germain asal Uruguay Edinson Cavani merayakan usai mencetak gol ke gawang Chelsea dalam babak 16 Liga Champions yang berakhir 1-1 di Paris, Selasa (17/2/2015) atau Rabu (18/2/2015) dini hari WIB./Reuters
Live Timeline

Bisnis.com,JAKARTA -

Bisnis.com, PARIS -  Striker asal Uruguay Edinson Cavani menjadi bintang. Gol tunggalnya untuk Paris ST Germain menggagalkan Chelsea meraih poin penuh. Hasil akhir leg pertama babak 16  Liga Champions di Parc Des Princes pada Selasa (17/2/2015) atau Rabu (18/2/2015) menjadi 1-1.

 

Hasil itu membawa Paris Saint Germain  memelihara harapan mereka untuk lolos  ke perempat final Liga Champions. Tandukan keras Edinson Cavani pada babak kedua mengamankan hasil imbang 1-1 dengan Chelsea pada pertandingan putaran 16 besar.

Cavani mencetak gol pada fase awal babak kedua untuk membatalkan gol tandukan kepala Branislav Ivanovic yang ditorehkan pada babak pertama, yang dimainkan melalui permainan terbuka setelah sang juara Prancis mendominasi dari awal laga di Parc des Princes.

Chelsea, yang memenangi perempat final pada tahun lalu atas PSG berkat keunggulan gol-gol tandang, mencetak gol pada satu-satunya peluang mereka, di mana tuan rumah memiliki sejumlah peluang untuk memimpin menjelang pertandingan kedua melalui Cavani dan Zlatan Ibrahimovic, namun gagal mengkonversinya menjadi gol.

Pertandingan kedua akan dimainkan di Stamford Bridge pada 11 Maret.

Pelatih PSG Laurent Blanc, yang diganggu masalah cedera pemain, memainkan David Luiz di posisi gelandang bertahan, sedangkan Marquinhos dipasangkan dengan sesama pemain Brazil Thiago Silva di jantung pertahanan.

PSG tidak diperkuat gelandang bertahan Yohan Cabaye dan Thiago Motta, bek Serge Aurier, dan penyerang Lucas, yang semuanya diganggu cedera.

Gregory van der Wiel dimainkan di bek kanan dengan tugas untuk menahan penyerang Chelsea yang berasal dari Belgia Eden Hazard, yang dilakukannya dengan cukup baik.

Chelsea, yang hanya kehilangan John Obi Mikel, terlihat menunggu di belakang dan lebih banyak menunggu, berharap untuk dapat menggebrak melalui serangan balik.

Cavani nyaris mencetak gol PSG mendominasi penguasaan bola dan nyaris membuka keunggulan pada menit ke-11, ketika kiper Chelsea Thibaut Courtois menepis tandukan Blaise Matuidi dari umpan silang Cavani.

Sundulan penyerang Uruguay Cavani di tiang dekat dari tendangan sudut Ezequiel Lavezzi juga dapat dihentikan Courtois pada menit ke-34.

Namun justru Chelsea yang mampu membuka keunggulan dua menit kemudian melalui ancaman ke gawang yang mereka dapatkan pertama kalinya, yang melibatkan tiga pemain bertahan ketika Ivanovic menanduk bola yang berbuah gol setelah Gary Cahill melepaskan sepakan ringan untuk meneruskan umpan silang John Terry.

PSG segera menyerang setelah turun minum dan mendapatkan hasilnya ketika Cavani yang tidak terkawal menyamakan kedudukan pada menit ke-54, melalui tandukan keras dari umpan silang Matuidi di sisi kanan.

Ibrahimovic kemudian melaju melewati pertahanan sebelum tembakan mendatarnya dapat digagalkan Courtois, dan bola pantul jatuh ke kaki Lavezzi, yang upayanya dapat diblok oleh Terry.

Cavani kemudian menanduk bola yang ditepis ke atas mistar gawang oleh Courtois, dan setelah merangsek ke depan ia melihat tembakan mendatarnya melebar saat pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit.

Blanc menarik Lavezzi untuk digantikan Javier Pastore sebelum Ibrahimovic nyaris mencetak gol kemenangan melalui sundulan kepala, yang masih dapat digagalkan Courtois pada masa tambahan waktu.

Head To Head PSG vs Chelsea

09 Apr 2014 Chelsea 2–0 PSG
03 Apr 2014 PSG 3–1 Chelsea
23 Jul 2012 Chelsea 1–1 PSG
25 Nov 2004 Chelsea 0–0 PSG
15 Sep 2004 PSG 0–3 Chelsea

Prediksi susunan pemain PSG Vs Chelsea :


PSG : Salvatore Sirigu, Thiago Silva, David Luiz, Maxwell, Marquinhos, Marco Verratti, Yohan Cabaye, Thiago Motta, Lucas, Zlatan Ibrahimovic, Edison Cavani.

Chelsea : Thibaut Courtois, Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Cesar Azpillicueta, Willian, Oscar, Cesc Fabregas, Eden Hazard, Nemanja Matic, Diego Costa.

5 Pertandingan Terakhir Paris St Germain

14/02/15

(h) Caen

2-2

S

11/02/15

(h) Nantes

2-0

M

08/02/15

(a) Lyon

1-1

S

30/01/15

(h) Rennes

1-0

M

25/01/15

(a) St Etienne

0-1

M

 

5 Pertandingan Terakhir Chelsea

11/02/15

(h) Everton

1-0

M

07/02/15

(a) Aston Villa

1-2

M

31/01/15

(h) Man City

1-1

S

27/01/15

(h) Liverpool

1-0

M

24/01/15

(h) Bradford

2-4

K

Pertemuan Terakhir: Chelsea 2-0 Paris St Germain

14:19 WIB
Jose Mourinho, Manajer Chelsea

José Mourinho:

Liga Champions adalah ruang untuk kejutan: dalam dekade terakhir ini sudah 50-50 antara favorit dan bukan  untuk memenangkan piala. Pada saat ini, bagi saya ada 16 calon juara.

Musim lalu kami mengalahkan mereka, tapi kami kalah di Paris dan lagi pukulan knockout datang hanya dalam beberapa menit terakhir. Saya tidak mengatakan kami menang karena kami lebih baik dari Paris; itu turun ke rincian - kami telah mencetak gol tandang  di leg pertama dan tidak mengakui imbalan tersebut.

Paris adalah tim besar, pada dasarnya sama dengan musim lalu dengan David Luiz. Tim yang sama, pelatih yang sama, bentuk yang sama ... Chelsea adalah tim yang berbeda: beberapa pemain baru, kami mengubah profil permainan kami. Saya tidak yakin kita lebih baik, tapi kami berbeda.

Saya memiliki empat pemain Brasil dan Anda bertanya kepada saya tentang pemain Brasil dari PSG ?! Para pemain saya mewakili sekitar 50% dari tim nasional dan saya sangat senang untuk bekerja dengan mereka. Saya bekerja dengan David Luiz musim lalu, tentu saja. Aku tidak pernah melatih Thiago Silva, tapi aku tahu dia secara pribadi: dia anak yang baik dan jelas pemain hebat. (uefa.com/foto Reuters)

14:11 WIB
Laurent Blanc, Pelatih Paris ST Germain

Laurent Blanc:

Keadaan ini jauh dari ideal, tapi kami  harus bersabar. Mari kita berharap kondisi ini memiliki dampak positif dan memperkuat ikatan antara pemain, staf teknis dan para fans. Saya berharap kami bisa mengandalkan chemistry ini, karena kami akan membutuhkannya melawan tim dari kualitas yang hebat. Kita semua harus  baik untuk mengganggu ketenangan tim Chelsea ini sangat baik.

Saya pikir pertahanan tidak hanya kunci untuk pertandingan, tapi untuk semua pertandingan besar. Musim lalu Chelsea berhasil mencetak gol tandang ketika kita tidak bisa - itulah bagaimana mereka menang. Kedua tim akan memiliki banyak pemain kreatif yang sangat berbakat, tetapi paradoksnya adalah bahwa itu adalah tim yang melakukan defensif yang terbaik yang akan memiliki kesempatan terbaik untuk menang dan lolos.

Semua tim mengandalkan banyak pada para pemimpin mereka dan Zlatan Ibrahimovic salah satu untuk kita. Dalam perlengkapan besar,  para pemain hebat itu yang menarik tim ke tingkat yang lebih tinggi. Kita akan membutuhkan dia yang terbaik melawan Chelsea, karena kami harus mengambil permainan mereka dan mencoba untuk mencetak gol. Ini akan sama untuk José [Mourinho] dengan pemain seperti [Eden] Hazard, yang dapat mengganggu kestabilan tim mana pun.

Akan ada tekanan tingkat tinggi  dalam pertandingan ini, di semua tingkatan, tetapi Marco [Verratti] akan menikmati tanggung jawabnya - sama sekali tidak ada keraguan tentang hal itu. Dia selalu mengambil tanggung jawab di lapangan, tapi di pertandingan besar ini   dia perlu membuktikan bahwa ia telah membaik. Saya pikir Mourinho akan melakukan segalanya untuk muncul panas, tapi para pemain harus tetap dingin. (uefa.com/foto-Antara)

13:16 WIB
Kemungkinan lineup versi UEFA

Kemungkinan Lineup versi UEFA

Paris ST GermainChelsea

ParisParis SG: Sirigu; Maxwell, Luiz, Silva, Van der Wiel; Matuidi, Motta/Pastore, Verratti; Cavani, Ibrahimovic, Lavezzi.
• Absen: Aurier (thigh), Cabaye (groin), Lucas (hamstring)
• Diragukan: Motta (calf), Matuidi (knee), Marquinhos (hamstring), Pastore (calf)

ChelseaChelsea: Courtois; Azpilicueta, Terry, Cahill, Ivanovic; Mati, Fàbregas; Hazard, Oscar, Willian; Costa.
• Absen: Mikel (knee).
09:11 WIB
Jose Mourinho: Chelsea Kali Ini Berebda

 

Manajer Chelsea Jose Mourinho (foto/Reuters) mengatakan ia menikmati bekerja dengan David Luiz, tapi itu di masa lalu, dan perhatiannya adalah pada pemain yang saat ini bekerja denganya.

Mourinho ditanya, apakah  hal yang baik  tersingkir dari Piala FA. Ia dengan tegas membantah itu, dan tegas mengatakan itu karena berapa banyak permainan klub-klub Inggris bermain dibandingkan dengan tim di liga lain.

Akankah Cech atau Courtois yang turun? Mourinho mengatakan keduanya penjaga yang sangat baik, tetapi dia tidak akan mengungkapkan siapa karena dia belum akan memilih.

Melihat kembali tahun lalu, Mourinho mengatakan PSG adalah tim yang bagus dan inti tim itu telah tidak berbeda  dari sisi mereka, itu  akan menjadi bermanfaat. Chelsea  sebaliknya telah mengubah profil tim, dan Parc des Princes akan melihat Chelsea yang berbeda dari yang musim lalu.

Mourinho menyangkal  Real dan Barca adalah favorit, dia mengatakan ada 16 calon yang sama untuk piala. (the telegraph)

01:28 WIB
David Luiz: Saya Ingin Menang Untuk PSG

Defender PSG David Luiz (foto/Reuters --saat masih bermain untuk Chelsea) membantu mengatasi PSG di perempat final Liga Champions tahun lalu, tetapi (kini) ia akan berbaris untuk klub Prancis pada Selasa (17/2/2015) atau Rabu (18/2/2015) dini hari WIB.



Pemain internasional Brasil pindah dari Stamford Bridge ke Paris musim panas lalu dalam kesepakatan £ 50 juta. "Saya ingin lolos, seperti saya memenuhi syarat tahun lalu, tapi saya ingin lolos dengan PSG," katanya.

"Jika saya mencetak gol ke gawang Chelsea, saya tidak akan merayakan guna menghormati, tapi aku akan senang."

Luiz memenangkan Liga Champions dengan Chelsea pada  2012 dan membantu mereka untuk gelar Liga Europa tahun berikutnya.

Sejak kepergiannya, Diego Costa, Cesc Fabregas dan Filipe Luis  semua bergabung ke The Blues. "Mereka  tiga pemain itu bergabung dengan klub dengan kualitas luar biasa. Bagi saya mereka lebih kuat dari tahun lalu," tambahnya.

00:55 WIB
Prediksi: Chelsea 2-1 PSG

David Luiz dan pertahanan PSG  akan menghadapi cobaan berat melalui  striker yang baru dibel Chelsea  Juan Cuadrado, Eden Hazard dan Diego Costa. Mereka akan memimpin serangan Chelsea. Cesc Fabregas memimpin kompetisi Liga Champions dengan empat assist.

 Pertahanan PSG  harus menjadi yang terbaik, tetapi tim dalam keadaan pincang dalam leg pertama setelah kebobolan dua gol Sabtu malam ke SM Caen. Pertandingan berakhir imbang karena PSG mengakhiri pertandingan dengan  sembilan pemain, memiliki dua pemain yang cedera setelah penggantian ketiga  digunakan.

Pertahanan Chelsea  akan diuji oleh Edinson Cavani (foto/Reuters), Zlatan Ibrahimovic dan Ezequiel Lavezzi. Cavani sudah tampil  untuk ketiga kalinya dalam kompetisi dengan lima gol. Namun, tim ini habis dengan cedera, dan  mungkin akan membatasi gempuran  ke depan yang akan mengancam gawang Chelsea. Serge Aurier, Yohan Cabaye, Lucas Moura dan Marquinhos dipastikan keluar. Blaise Matuidi diragukan dan Javier Pastore dipertanyakan.

Meski bermain di kandang, PSG akan memiliki waktu yang sulit menghadang Chelsea. Chelsea telah mencetak gol terbanyak sejauh ini di kompetisi dan kebobolan kurang dari satu gol per game rata-rata. Dari 17 gol mereka, 12 datang dalam kotak pinalti. Cedera pemain harus membuat lebih mudah untuk menembus pertahanan PSG. Zlatan mungkin memiliki saat untuk memperlihatkan kecemerlangan, tapi tidak akan cukup.(.rantsports.com)

Prediksi: Chelsea 2-1 PSG

21:37 WIB
David Luiz: Chelsea Berpengalaman

David Luiz, yang diasah untuk bermain melawan mantan klubnya Chelsea di leg pertama babak 16 Liga Champions, mengatakan para pemimpin Liga Premier itu telah meningkat sebagai tim sejak ia meninggalkan klub itu delapan bulan yang lalu.

Pemain bertahan, yang dijual ke PSG dengan biaya yang menurut laporan media sekitar 50 juta pound (US$76,96 juta), meyakini pembelian Cesc Fabregas telah membuat pemimpin Liga Premier itu menjadi tim yang lebih tangguh.

"Chelsea lebih baik musim ini," kata Luiz kepada surat kabar Evening Standard. "Kini mereka seimbang setelah kedatangan Fabregas. Dia menyeimbangkan lini tengah, membuat tim bermain dengan baik dan tahu bagaimana untuk berpegang pada bola," ujar David Luiz (foto/Reuters)

"Dengan kedatangan Diego Costa, seorang striker yang selalu ingin mencetak gol dan yang secara kontinuitas ditampilkan oleh Jose Mourinho, meski kerap disembunyikan di ruang istirahat, logis Chelsea lebih kuat musim ini."

Luiz, yang musim lalu digunakan lebih di lini tengah oleh Mourinho daripada di pertahanan, berada di  Chelsea saat memenangkan kompetisi klub elit Eropa di Munich pada  2012. Mantan pemain The Stamford Bridge tentu memiliki pengethuan lebih tentang PSG di Liga Champions  dan mengakui mantan klubnya adalah favorit untuk mencapai perempat final.

"Chelsea adalah tim yang berpengalaman yang telah memenangkan Liga Champions," kata Luiz. "Mereka terbiasa dengan ini dan PSG tersingkir tahun lalu oleh Chelsea, tapi kita tidak harus berpikir tentang hal itu terlalu banyak."

"Kita harus naikkan tingkat kami dan bermain untuk kekuatan kami. Kami harus melakukan apa yang kita lakukan yang terbaik, ke depan, bermain untuk menang. Saya memiliki keyakinan dengan tim saya."

20:23 WIB
PSG Tak Difavoritkan

Kondisi Paris St Germain, memebuat mereka tidak dalam predikat sebagai favorit saat melawan Chelsea di babak 16 Liga Champions. Cedera  pemain  PSG bahkan merusak peluang juara Prancis itu menjadi lebih buruk.

Hasil gambar untuk zlatan ibrahimovic, Reuters

Itu sudah terlihat saat Sabtu lalu. PSG  unggul 2-0 melawan Caen di Ligue 1, tetapi akibat  sejumlah pemain mereka menderita cedera, membuat PSG harus bermain dengan sembilan pemain dan harus kebobolan dua gol pada saat akhir sehingga hasil akhir imbang 2-2, membuat posisi mereka di posisi ketiga dalam klasemen.

Di antara mereka yang cedera kembali Marquinhos dan stiker Lucas, yang sudah dipersiapkan untuk memulai leg pertama melawan Chelsea di Parc des Princes, Selasa atau Rabu dinbihari WIB, mengulang perempat final tahun lalu di mana klub London menang gol tandang.

Gregory van der Wiel dan Ezequiel Lavezzi mungkin akan tampil, tetapi manajer Laurent Blanc juga akan tanpa Yohan Cabaye dan Serge Aurier yang juga cedera.

Masalah-masalah ini hanya menempatkan lebih banyak tekanan pada Blanc dri pemilik klub, yang akan semakin merasa panas lebih lanjut  jika klub itu gagal.  "Kami  dalam kesulitan seperti ini sebelum pertandingan pertama melawan Barcelona (di babak grup) dan kami berhasil melaluinya," kata Blanc, yang  berharap  Blaise Matuidi akan fit setelah cedera melawan Caen.

September lalu, PSG mengalahkan Barcelona 3-1 saat mereka tanpa Lavezzi dan Zlatan Ibrahimovic (foto/Reuters).

Namun, Jose Mourinho, manajer Chelsea, tetap waspada terhadap ancaman Ibrahimovic meskipun ia telah jauh dari penampilan terbaik musim ini, sama seperti PSG. Pemain asal Swedia itu, bagaimanapun, mencetak satu-satunya gol keempatnya dari open play musim ini melawan Caen.

"Zlatan adalah bintang," kata striker Chelsea Diego Costa di Majalah Sport. "Dia adalah salah satu striker terbaik dalam sejarah sepak bola.”

David Luiz mengatakan keinginan bermain dengan Ibrahimovic merupakan faktor utama alasan dirinya pindah ke PSG dari Chelsea.

"Tentu saja, Mourinho mengenalnya dengan baik saat di Inter dan berencana  mencoba untuk menghentikannya, tetapi Zlatan kini dalam kondisi terbaik saat dimainkan," kata David Luiz.

Chelsea memiliki akhir pekan yang tak terduga  setelah keluar dari Piala FA melawan tim tingkat ketiga Bradford City dan pemimpin Liga Premier itu tidak memiliki masalah cedera utama karena itu mereka mengalihkan perhatian mereka untuk membuat kemajuan di Eropa.

Selain ada faktor lain yang bekerja dalam mendukung mereka. "Jose Mourinho adalah jenius. Dia kehilangan pertandingan Piala dan menyerahkan diri satu minggu untuk mempersiapkan leg kedua," kata Blanc bercanda dengan wartawan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters/uefa.com.bbc
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper