Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KUALIFIKASI PIALA DUNIA U-20: Brasil & Argentina Tak Ingin Gagal Lagi

Conmebol menggelar Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20 mulai Kamis pagi WIB (15/1/2015) hingga 7 Februari 2015 di Uruguay. Ini merupakan turnamen 2 tahunan yang sekaligus babak kualifikasi Piala Dunia U-20.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 14 Januari 2015  |  22:57 WIB
Pelatih Timnas Uruguay U-20 Fabian Coito - Reuters/Andres Stapff
Pelatih Timnas Uruguay U-20 Fabian Coito - Reuters/Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA - Conmebol menggelar Kejuaraan Sepak Bola Amerika Selatan U-20 mulai Kamis pagi WIB (15/1/2015) hingga 7 Februari 2015 di Uruguay. Ini merupakan turnamen 2 tahunan yang sekaligus merupakan babak kualifikasi Piala Dunia U-20.

Piala Dunia U-20 tahun ini digelar di Selandia Baru pada pertengahan tahun. Dari zona Amerika Selatan, tersedia empat slot untuk masuk putaran final Piala Dunia U-20.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) beranggotakan 10 negara. Turnamen ini dibagi menjadi dua grup. Grup A berisi Argentina, Paraguay, Ekuador, Bolivia, dan Peru. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Uruguay, Brasil, Chile, Kolombia, dan Venezuela.

Dari setiap grup, tiga tim teratas pada klasemen akhir melaju ke putaran final. Dengan demikian terdapat enam tim yang beradu kekuatan di putaran final. Empat tim terataslah yang akan berangkat ke Selandia Baru untuk bertarung di putaran final Piala Dunia U-20.

Menilik sejarah, Brasil, Argentina, dan Uruguay layak dijagokan untuk menjuarai turnamen ini. Meskipun begitu, ada catatan hitam terjadi pada ajang ini 2 tahun lalu yang sekaligus merupakan babak kualifikasi Piala Dunia U-20 edisi 2013 di Turki.

Dalam turnamen yang digelar di Argentina, tuan rumah bersama Brasil gagal masuk putaran final kejuaraan tersebut yang terdiri dari enam tim. Dengan sendirinya kedua tim raksasa sepak bola dunia itu pun gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2013.

Tentu Brasil dan Argentina belajar banyak dari kejadian tersebut, di mana untuk pertama kalinya secara bersama-sama kedua negara itu tidak lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 sejak turnamen digelar pada 1977. Mereka tentu ingin menghapus noda hitam itu.

Di sisi lain, Uruguay, yang ketika itu masuk final Piala Dunia U-20 edisi 2013 di Turki sebelum kalah adu penalti dari Prancis, tentu ingin mengulangi prestasi tersebut.

Jika Brasil, Argentina, dan Uruguay bisa disebut pantas mewakili zona Conmebol ke Selandia Baru, berarti tinggal satu slot lagi diperebutkan oleh tujuh tim lain. Sebagai juara bertahan, Kolombia layak digadang-gadang bakal melengkapi kontestan dari Amerika Selatan ke Selandia Baru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil piala dunia u-20 timnas argentina timnas uruguay
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top