Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA INGGRIS: Ini Sikap Van Gaal Soal Pembelian Pemain

Louis van Gaal tidak akan terburu-buru untuk membeli pemain meskipun dipaksa untuk menggunakan permainan dengan sistem bek-sayap saat menjadi bos Manchester United.
Louis van Gaal,  pelatih Manchester United/Reuters
Louis van Gaal, pelatih Manchester United/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Louis van Gaal tidak akan terburu-buru untuk membuat pemain meskipun dipaksa untuk menggunakan  permainan dengan sistem bek-sayap saat menjadi  bos Manchester United.

 

Pelatih asal Belanda menggunakan formasi itu dalam permainan tur melawan Los Angeles Galaxy dan Roma 3-4-1-2 dan mengatakan skuad dalam kondisi saat ini "tidak seimbang".

Berbicara kepada BBC Sport, Van Gaal mengatakan: "Saya harus memilih sistem ini."

 

Tapi pelatih berusia 62 tahun memperingatkan: "Saya tidak membeli pemain untuk membeli pemain, saya membeli pemain untuk meningkatkan pilihan saya.."

 

Salah satu tantangan Van Gaal dalam peran barunya adalah untuk mendapatkan yang terbaik dari penyerang Wayne Rooney, Juan Mata dan Robin van Persie, tiga pemain dianggap penting untuk harapan mereka meningkatkan posisi dari  musim lalu di peringkat ketujuh  Premier League di bawah mantan manajer David Moyes.

 

"Itulah salah satu argumen mengapa saya memilih sistem ini karena saya bisa bermain dengan mereka semua. Itu yang penting," tambah Van Gaal. "Dengan kualitas skuad saya memilih sistem ini."

 

"Tapi jangan lupa semua yang lain. Javier Hernandez bisa bermain di posisi striker, Danny Welbeck dapat, mungkin Will Keane juga. Dia bisa mengembangkan dirinya."

 

"Rooney bisa bermain pada nomor 10 dan sembilan. Ia mengatakan kepada saya ia juga bisa bermain tujuh dan 11. Tapi aku suka dia lebih  memakai sembilan atau 10."

 

Dalam 3-4-1-2 formasi, dua striker yang didukung oleh gelandang serang, dengan lini tengah dua orang diapit oleh dua bek sayap  dengan tiga pemain di pusat pertahanan.

 

Van Gaal menggunakan taktik yang sama di Piala Dunia FIFA 2014 untuk mengarahkan Belanda ke tempat ketiga di Brasil.

 

Dalam kemenangan 7-0 atas Galaxy, peran bek sayap ditempati oleh Antonio Valencia dan pemain yang baru dibeli seharga £ 27 juta  Luke Shaw, dengan Rafael dan Reece James datang untuk duet  setelah istirahat.

 

Melawan Roma, Ashley Young dipekerjakan di sebelah kanan setelah masuk menggantikan Valencia, sementara James dan Shaw  berbagi tempat  di sebelah kiri.

 

Shaw melakukan latihan ekstra untuk meningkatkan kebugarannya, lantaran Van Gaal khawatir bahwa bek kiri itu tidak sampai dengan kecepatannya setelah perjalanan Piala Dunia.  "Dia harus fit dan dia sangat tidak cocok," kata Van Gaal.

 

"Oleh karena itu ia tidak dapat melakukan apa yang saya inginkan. Jadi pertama dia harus fit dan harus berlatih secara individual."

 

"Saya telah berbicara dengan dia dan kami telah membuat program ini. Ia setuju dengan saya. Kita harus melihat berapa lama [baginya untuk mendapatkan cocok]."

 

Van Gaal siap untuk memberikan pemainnya  kesempatan dalam sistem baru, tetapi mengakui tambahan baru bisa dibawa kepada  mereka untuk membawa keseimbangan yang lebih besar ke samping.

 

Dia telah menghabiskan £ 56 juta  untuk  full-back Shaw dan gelandang Ander Herrera sejak menjadi manajer United di musim panas, tapi Ed Woodward, eksekutif wakil ketua klub, mengatakan ada lebih banyak uang tersedia.

 

Van Gaal menambahkan: "Kita harus melihat apakah pilihan tersebut dalam keseimbangan dan bagaimana kita dapat memperbaikinya. Tidak hanya melalui pelatihan tetapi juga transfer."

 

"Pertama, saya selalu mencari  pemain  karena para pemain adalah hal yang paling penting di klub."  Mantan bos Ajax, Barcelona dan Bayern Munich juga menolak saran dia mendapatkan manfaat dari mengikuti Moyes daripada legendaris Sir Alex Ferguson.

 

Dia berkata: "Saya tidak setuju aku harus mengikuti Bobby Robson di Barcelona. Pada tahun itu ia memenangkan tiga gelar aku harus menggantikannya. Saya tidak berpikir itu adalah masalah.....

 

"Ketika ada kesuksesan, Anda juga memiliki skuad yang sangat bagus. Sekarang aku harus mengikuti dan skuad yang rusak, saya pikir. Saya sudah mengatakan bahwa hal ini tidak seimbang.  Dalam situasi ini,  lebih sulit untuk berhasil  daripada situasi yang fantastis."

 

Van Gaal menambahkan bahwa siapa pun dia pilih  sebagai kaptennya "lebih atau kurang kebutuhan untuk memiliki filosofi yang sama" seperti dirinya sendiri, menambahkan "Untuk itu tidak begitu sederhana untuk memilih dan itulah mengapa saya membutuhkan waktu untuk melakukan itu".

 

Dia juga mengaku keputusan untuk bergabung dengan United "tidak instan ya".

 

Gelar Utama Van Gaal

Liga domestik: Ajax (1993-1994, 1994-1995, 1995-1996),

Barcelona (1997-1998, 1998-1999),

AZ Alkmaar (2008-09),

Bayern Munich (2009-10)

Liga Champions: Ajax (1994-1995)

Piala UEFA: Ajax (1991-1992)


Dia menambahkan: "Pada waktu itu saya mendapat tawaran lain juga saya harus berpikir tentang hal itu, tetapi pada akhirnya saya memilih Manchester."

 

Dalam sebuah wawancara, Van Gaal mengatakan  permainan pikiran yang digunakan oleh beberapa manajer di Liga Premier tidak akan menyibukkan dia ketika musim dimulai.

 

"Bagi saya, itu tidak begitu menarik," katanya. "Saya harus mengelola klub saya. Itu sudah cukup sulit. Saya tidak peduli dengan klub lain atau manajer lain."

 

Dia menambahkan: "Saya seorang manusia yang mencintai sepak bola, saya selalu melihat ke pertandingan di Inggris. Saya suka suasana permainan Inggris karena itu merupakan tantangan bagi saya.... "

 

"Bahwa aku bisa bekerja untuk klub terbesar di Inggris dan  dunia, membuatnya lebih dari sebuah tantangan bagi saya."

 

BACA JUGA

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : bbc.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper