Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Piala Dunia 2014: Penerbangan Brasil Tekan Harga Tiket

Avianca Brasil menjadi maskapai penerbangan Brasil kedua yang membatasi harga perjalanan menjelang Piala Dunia 2014, kesepakatan janji oleh Azul Linhas Aereas terjadi pekan lalu menegaskan bahwa tidak ada perjalanan yang akan menelan biaya lebih dari 999 reais ($424).
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 15 Januari 2014  |  04:27 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Avianca Brasil menjadi maskapai penerbangan Brasil kedua yang membatasi harga perjalanan menjelang Piala Dunia 2014, kesepakatan janji oleh Azul Linhas Aereas terjadi pekan lalu menegaskan bahwa tidak ada perjalanan yang akan menelan biaya lebih dari 999 reais ($424).

Langkah ini muncul setelah perusahaan mendapat peringatan dari pemerintah  bahwa maskapai penerbangan dan hotel tidak menaikkan harga  selama turnamen selama sebulan yang dimulai 12 Juni.

"Kami bertaruh bahwa promosi ini akan membawa lebih banyak penumpang," kata Chief Executive Officer Avianca Jose Efromovich kepada wartawan di Sao Paulo Selasa (14/1/2014)  mengatakan tawaran itu akan berlangsung dari Februari sampai 31 Juli.

Agen wisata Brasil Embratur menerbitkan sebuah laporan pada  Agustus 2013 yang menunjukkan hotel di 12 kota tuan rumah  menaikkan harga sebanyak lima kali lipat, sementara media Brasil melaporkan penerbangan 50 menit antara Rio de Janeiro dan Sao Paulo selama turnamen menjadi  US$1.000, lebih biaya penerbangan dari Rio ke New York.

Operator terbesar di Brasil, Tam Linhas Aereas, belum memperkenalkan sikapnya pada tarif, dan maskapai No 2 Gol belum mengumumkan rencananya untuk Piala Dunia. Pada  Oktober, Tam memiliki 39%  pasar dan 36% milik Gol, menurut data total kilometer dari perjalanan udara yang dibeli oleh pelanggan yang dirilis oleh Badan Nasional Penerbangan Sipil. Azul memiliki 13% dan Avianca memiliki 7,5%.

Akhir pekan ini pemerintah akan memberikan rincian dari grid penerbangan baru untuk Piala Dunia. Turnamen ini diharapkan dapat membawa 600.000 pengunjung asing dan 3 juta wisatawan domestik untuk game yang akan dimainkan di negara terbesar di Amerika Selatan.

Ditambahkan Penerbangan

Efromovich mengatakan perusahaannya, yang belum menguntungkan dalam lebih dari satu dekade, telah meminta regulator negara untuk 430 penerbangan tambahan untuk Piala Dunia, sekitar setengah dari 850 diminta Tam. Secara total, maskapai penerbangan domestik telah meminta untuk total 1.523 penerbangan ekstra, kata regulator.

"Investasi kami untuk mengoperasikan penerbangan ini akan lebih dari 50 juta reais," kata Presiden Tam Claudia Sender dalam sebuah pernyataan. Perusahaan mengatakan harganya akan "kompetitif dan dapat diakses."

Pendiri Azul David Neeleman mengatakan kepada wartawan pekan lalu bahwa pembatasan penerbangan di 999 reais akan membuat maskapainya kehilangan pendapatan 20 juta reais, dan Piala Dunia akan memukul pendapatan karena hilangnya pelancong bisnis selama periode tersebut.

Otoritas penerbangan sipil Brasil, ANAC, menyambut baik langkah Azul, mengatakan tengah memantau untuk harga kasar dan akan melaporkan setiap pelanggaran kepada pengawas konsumen. ANAC mengatakan itu tidak mengatur harga maksimal tiket.

Harga Promosi

"Kami berharap perusahaan lain akan mengikuti tren ini, tapi kami menganggap itu penting bahwa mereka terus juga menawarkan harga promosi," kata CEO ANAC Marcelo Guaranys

Ukuran Brasil berarti penggemar mengikuti negara-negara tertentu menghadapi treks panjang. AS memiliki jadwal yang paling menantang dalam tahap pembukaan, bermain tiga pertandingan di kota-kota terpisah yang jika digabung seluas 8.866 mil (14.268 kilometer).

Keadaan bandara di kota-kota tuan rumah salah satu yang mengkhawatirkan  penyelenggara Piala Dunia. Pekerjaan renovasi di banyak lokasi berada di belakang jadwal, dan beberapa proyek tidak akan selesai sampai usai acara tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala dunia 2014 piala dunia brasil

Sumber : Bloomberg

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top