Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Champions: Upaya Ajax & Milan Tak Semudah Barcelona (SCTV)

Chelsea, Arsenal, Barcelona, Ajax dan AC Milan mencari kepastian lolos tidaknya ke babak knock-out di perdelapan final Liga Champions, Rabu atau Kamis (12/12/2013) WIB.

 Bisnis.com, JAKARTA – Chelsea, Arsenal, Barcelona, Ajax dan AC Milan mencari kepastian lolos tidaknya ke babak knock-out di perdelapan final Liga Champions, Rabu atau Kamis (12/12/2013) WIB.

Pasalnya, poisis mereka masih belum aman. Hanya kemenangan yang memastikan langkah lolos ke babak knock out Liga Champions itu. Kamis dini hari WIB, Chelsea akan menjamu FC Steaua Bucureti.

Chelsea, kini bercokol di posisi teratas Grup E, mengumpulkan sembilan poin. Di posisi kedua ditempati FC Basel 1893 dengan delapan poin dan FC Schalke di posisi ketiga dengan tujuh poin. Hanya Steaua yang sudah dipastikan gugur.

Dengan komposisi itu, Chelsea harus menang: berapa pun hasilnya. Dengan begitu mereka lolos. Peluang untuk menang, sangat terbuka. Melihat kinerja di penyisihan Grup E, Steaua menjadi yang terlemah. Mereka belum mampu membukukan kemenangan selain tiga kali kalah dan dua kali seri.

Pertarungan yang sesungguhnya di Grup E bakal terjadi antara Schalke 04 versus Basel 1893. Mereka akan serasa bertarung di final. Pasalnya, siapa yang kalah tersingkir.

Saat bermain di kandang Basel di Stadion St Jakob-Park, Basel, Swiss,  Schalke mampu meraup poin tiga dengan kemenangan tipis, 0-1. Kini, pertandingan akan digelar di kandang Schalke, Stadion Gelsenkirchen, Gelsenkirchen (Jerman).

Bahkan, kalau Chelsea dan Basel bermain seri dengan lawannya masing-masing, cukup membawa kedua tim lolos ke babak knock-out. Jadi, siapa yang bakal lolos ke babak knock-outdariGrupE?

Pertarungan yang tidak kalah menariknya ada di Grup F. Arsenal, Borussia Dortmund dan Napoli masih harus bertarung hingga peluit akhir untuk memperoleh tiket ke babak perdelapan final. Arsenal, di posisi puncak klasemen, mengumpulkan nilai 12. Disusul Dortmund dan  Napoli di posisi kedua dan ketiga dengan sembilan poin.

Napoli akan menghadapi Arsenal di Stadion San Paolo, Napoli, Italia. Arsenal hanya membutuhkan hasil seri untuk memastikan diri lolos. Namun, karena Napoli harus memperoleh kemenangan demi tiket ke perdelapan final, pertarungan Napoli versus Arsenal menjadi ramai. Kendati, ketika main di kandang Arsenal, Stadion Arsenal, Napoli kalah 0-2. Dan Arsenal, kini suprlus gol lima dam Napoli minus 1.

Jika ketiga tim ini sama-sama mengumpulkan nilai 12, lolos kualifikasi akan ditentukan hasil pertandingan antaketiga tim itu –Arsena, Napoli dan Dortmund. Kecuali. Napoli menang dan Dortmund kalah dari Marseille. Sayangnya, Dortmund menang 3-0 atas Marseille di pertemuan pertama antar mereka.

Partai yang paling menarik terjadi Grup H. Barcelona, Ajax dan AC Milan masih menyimpan peluang lolos ke babak knock-out (perdelapan final). Barcelona akan melawan Celtic dan Ajax versus Milan.

Namun, AC Milan dan Ajax menjadi partai paling menarik. Kedua tim ini harus saling mengalahkan. Hasil seri, hanya menguntungkan Milan. Adapun, peluang Barcelona lolos sangat besar. Celtic bukanlah tim kuat di grup itu. Hingga kini, klub asal Skotlandia ini hanya mampu mengoleksi tiga poin saat mengalahkan Ajax di Stadion Celtic Park, Glasgow 2-1.

 

Kamis, 12 Desember 2013
Schalke 04 vs Basel
Chelsea vs Steaua Bucureti
Marseille vs Borussia Dortmund
Napoli vs Arsenal
Austria Wien vs Zenit
Atlético Madrid vs Porto
Milan vs Ajax
Barcelona vs Celtic

Group E

Klub

M

M

S

K

G

K

SG

Pts

 Chelsea FC

5

3

0

2

11

3

8

9

 FC Basel 1893

5

2

2

1

5

4

1

8

 FC Schalke 04

5

2

1

2

4

6

-2

7

 FC Steaua Bucureti

5

0

3

2

2

9

-7

3

M-Main, M-Menang, S-Seri, K-Kalah, G-Gol, K-Kemasukan, SG-Selisih gol, PTS-Poin

Group F

Klub

M

M

S

K

G

K

SG

Pts

 Arsenal FC

5

4

0

1

8

3

5

12

 Borussia Dortmund

5

3

0

2

9

5

4

9

 SSC Napoli

5

3

0

2

8

9

-1

9

 Olympique de Marseille

5

0

0

5

4

12

-8

0

Group G

Klub

M

M

S

K

G

K

SG

Pts

 Club Atlético de Madrid

5

4

1

0

13

3

10

13

 FC Zenit

5

1

3

1

4

5

-1

6

 FC Porto

5

1

2

2

4

5

-1

5

 FK Austria Wien

5

0

2

3

1

9

-8

2

Group H

Klub

M

M

S

K

G

K

SG

Pts

 FC Barcelona

5

3

1

1

10

4

6

10

 AC Milan

5

2

2

1

8

5

3

8

 AFC Ajax

5

2

1

2

5

8

-3

7

 Celtic FC

5

1

0

4

2

8

-6

3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : UEFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper