Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Champions: Pelatih Manchester United Akui Leverkusen Lawan Berat

Pesawat terbang yang mengangkut rombongan pemain Manchester United (MU) sempat gagal mendarat di landasan pacu dalam perjalanan ke Jerman. Moga-moga ini bukan pratanda dari awal buruk bagi pasukan asuhan pelatih David Moyes di Liga Champions melawan Bayer 04 Leverkusen, Rabu atau Kamis (28/11/2013).

Bisnis.com, LEVERKUSEN -  Pesawat terbang yang mengangkut rombongan pemain Manchester United (MU) sempat gagal mendarat di landasan pacu dalam perjalanan ke Jerman. Moga-moga ini bukan pratanda dari awal buruk bagi pasukan asuhan pelatih David Moyes di Liga Champions melawan Bayer 04 Leverkusen, Rabu atau Kamis (28/11/2013).

Pesawat Manchester United akhirnya berhasil menyentuh landasan dengan mulus dalam percobaan kedua pendaratan di Bandara Cologne/Bonn. Dan salah satu pemain pilar juara Liga Inggris (Premier League), Rio Ferdinand kemudian berkomentar, "Mendarat di Jerman...baru saja...Saya baru saja terbebas dari pendaratan yang mencemaskan!"  

Skuad "Setan Merah" bertandang ke Jerman untuk menantang Bayer Leverkusen dalam laga lanjutan Grup A, Liga Champions, yang digelar di Stadion Bay Arena, pada Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan oleh SCTV.

Rasa cemas, rasa gugup kerapkali hinggap di kubu Manchester United belakangan ini. Pada awal pekan ini, Moyes mengaku tidak kuasa menghalau rasa gugup menjelang laga tandang ke Bayer Leverkusen.

Selain selisih perolehan poin yang tipis dari tiga tim di grup ini - United memang telah mengoleksi delapan poin, sementara Leverkusen mengantungi tujuh poin - stadion Bay Arena yang berkapasitas 30 ribuan penonton nyata-nyata bukanlah tempat ramah bagi tim tamu.

Buktinya, lima tim asal Liga Jerman (Bundesliga) menelan kekalahan. Real Sociedad dan Shakhtar juga diganjar pukulan ketika bertanding di kandang Leverkusen di pentas Liga Champions. Apakah Manchester United bakal menuai nasib serupa dengan tim-tim itu?

Masih simpang siur, apakah dua ujung tombak United, Wayne Rooney dan Robin van Persie bakal turun bertanding melawan Leverkusen.

Van Persie disebut-sebut belum pulih benar dari cedera paha, sementara Rooney diganjar kartu kuning ketika menendang gelandang Cardiff Jordon Mutch. Ketika itu, United ditahan imbang 2-2 oleh Cardiff dalam pertandingan Liga Inggris pekan lalu.

Sejak menggantikan manajer gaek Alex Ferguson di Old Trafford, nyata-nyata Moyes mengandalkan Rooney dalam urusan mencetak gol. Hanya saja, Rooney masih perlu berurusan dengan soal tabiat yang kerapkali hilang kendali.

Sejak insiden di Cardiff itulah, pecinta bola mulai mengerling dengan sisi gelap perilaku Rooney. Cepat-cepat Moyes membela pemain berusia 28 tahun itu dengan menegaskan bahwa Rooney kerapkali tampil sepenuh hati, karena itu ia terlihat agresif.

"Tentu, saya tidak ingin mengubah perilaku Wayne Rooney. Saya juga tidak ingin ia menendang seseorang. Saya hanya ingin tampil agresif, terus berlari dan bergerak, bersemangat."

Bukan tidak mungkin, pelatih Leverkusen, Samy Hypia memanfaatkan perilaku Rooney. Dan Moyes paham betul bahwa persaingan antar tim di babak penyisihan Grup A Liga Champions berlangsung demikian ketat.

Moyes juga perlu memutar otak dengan kondisi tim asuhannya. Marouane Fellaini terkena larangan bertanding dan Michael Carrick masih dibekap cedera Achilles, sementara Nemanja Vidic belum jelas benar apakah mampu turun berlaga. Duet palang pintu United, Phil Jones dan Rafael masih dalam masa pemulihan dari cedera.

Batu ujian tiada henti terlontar ke kubu Manchester United. Rooney dan kawan-kawan hanya main imbang 2-2 ketika melawan Cardiff City di Liga Inggris, Minggu (24/11), padahal dii laga itu, MU sudah berada di atas angin karena lebih dulu unggul 2-1 hingga menit ke-90 waktu normal.

Penampilan tim tuan rumah benar-benar mengkilap. Leverkusen di bawah mantan pemain Liverpool, Hypia mampu menyabet sepuluh kali menang dalam 13 laga, bahkan tim ini kini bertengger di peringkat kedua membayangi Bayern Muenchen di sirkuit klasemen Bundesliga.

Leverkusen bukan tanpa masalah. Tim asuhan Hypia tidak diperkuat oleh Sidney Sam yang telah mengoleksi sebanyak 11 gol. Sementara direktur olahraga Rudi Voeller menggarisbawahi penampilan Stefan Kiessling.

Kiessling yang berposisi sebagai striker telah mencetak 27 gol musim lalu. Tanpa ragu, pelatih timnas Jerman, Loachim Loew menaruh minat kepada Kiessling. Sam boleh saja absen, Kiessling siap menempati posisi itu dengan berpasangan bersama Robbie Kruse.

Moyes tiada henti memotivasi pasukannya. Tim papan atas Inggris itu siap tampil rileks, karena mereka toh sudah menang 4-2 dalam pertandingan pertama melawan Leverkusen. Dan beban justru berada di pundak Hypia dan berharap kepada anak asuhannya agar tidak terantuk di "batu keliru" yang sama.

Komentar dua pelatih:

Sami Hyypia (Bayer Leverkusen):

"Pertandingan ini demikian penting bagi kedua tim, meski kami tampil di kandang. Sejauh ini, kami telah tampil baik di sejumlah pertandingan. Hal yang seperti itulah yang juga saya harapkan dalam pertandingan besok. Tentu, tidak mudah mengalahkan United."

"Di Manchester tempo hari, kami tampil sarat beban. Bertanding di kandang, kami ingin menunjukkan bahwa kami mampu tampil berkualitas dan bermain lebih agresif. Tentu saja, United tim yang hebat dengan bermodal banyak  pemain bermutu. Kami harus berusaha dan bekerja sebagai tim, dengan begitu kami mampu mengalahkah mereka."

"Patut diakui bahwa sungguh beban berat menggantikan posisi manajer sekaliber Alex Ferguson. Banyak orang berharap bahwa dia (Moyes) beroleh sukses sebagaimana diraih oleh pendahulunya itu, meski hal itu tidak selalu mudah."

"Ingat, bahwa tahun belakangan ini United kerapkali dirundung masalah ketika memulai kompetisi dan mereka toh akhirnya menjadi juara. Pada tingkat inilah, banyak hal kecil akan menentukan hasil pertandingan, dan boleh jadi Moyes mengubah banyak hal."

David Moyes (Manchester United):
"Persaingan di grup ini demikian terbuka dan ketat. Kami harus mampu memanfaatkan peluang ketika menghadapi Sociedad agar beroleh posisi yang relatif aman (justru hasilnya imbang 0-0). Kini kami harus berada di situasi menentukan dengan bertanding ke Jerman."

"Kami tahu dan paham bahwa pertandingan besok bakal berlangsung sengit, untuk itu kami berusaha keras dalam pertandingan besok. Pertandingan selanjutnya senantiasa teramat penting. Saya berpandangan bahwa pertandingan melawan Shakhtar bakal berlangsung berat. Leverkusen tengah bersemangat karena bertanding di kandang. Kami harus meraih poin dari pertandingan ini."

"Kami perlu menunjukkan bahwa kami mampu tampil sama berkualitasnya ketika bertanding di kandang lawan. Kami harus memperkokoh pertahanan, agar  dapat meraih kemenangan."

"Hypia telah menjalankan tugasnya dengan baik. Leverkusen telah berkembang pesat di bawah arahannya."

Anatomi kedua tim:

Bayer Leverkusen:
* Leverkusen tidak sekedar mengandalkan Stefan Kiessling. Kerjasamanya selama ini bersama Jens Hegeler demikian padu. Umpan-umpan Hegeler kerapkali memanjakan Kiessling, sementara di bawah mistar gawang Bernd Leno banyak membuat aksi penyelamatan gemilang.

* Sidney Sam akan absen karena masih dibekap cedera pada pekan ini, posisinya boleh jadi diisi oleh Sebastian Boenisch yang telah pulih dari cedera karena sebelumnya mengalami cedera otot.

Manchester United:
* Tim asuhan Moyes tidak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan di seluruh kompetisi.
*  Moyes mengonfirmasi bahwa Robin van Persie dan Nemanja Vidic bakal absen, sementara Phil Jones mengalami cedera paha dan Rafael (cedera engkel), Marouane Fellaini absen karena terkena larangan bertanding. Ini artinya, lini tengah United menghadapi masalah. Shinji Kagawa dan Phil Jones masih diliputi tanda tanya apakah keduanya benar-benar siap melawan Leverkusen.

Prakiraan susunan pemain:
Bayer Leverkusen (4-5-1):
Leno (penjaga gawang), Can, Toprak, Spahic, Donati, Son, Reinartz, Rolfes, Bender, Castro, Kiessling
Pemain cadangan:
Lomb, Wolllscheid, Kohr, Stafylidis, Hegeler, Kruse, Derdiyok.

Manchester United (4-2-3-1):
De Gea (penjaga gawang), Smalling, Ferdinand, Evans, Evra, Anderson, Cleverley, Valencia, Rooney, Young, Hernandez.
Pemain cadangan:
Lindegaard, Vidic, Buttner, Giggs, Nani, Welbeck, Januzaj, Van Persie.

Pemain andalan kedua tim:

Simon Rolfes (Bayer Leverkusen):
* Dengan cederanya Michael Carrick dan absennya Marouane Fellaini pada pekan ini, Leverkusen bakal mendominasi bahkan mendikte lini tengah.
* Di sinilah peran Simon Rolfes bakal terang benderang. Pemain berusia 31 tahun ini menjadi salah satu pemain yang tampil impresif bagi timnya.
* Rolfes berperan sebagai jangkar antara lini gelandang dan lini depan.

Wayne Rooney (Manchester United):
* United kini amat berharap kepada Rooney untuk mempertajam daya gempur. United telah dilabel sebagai tim yang mampu tampil atraktif dengan pola serangan bervariasi. Peran van Persie mendukung langgam tim papan atas Inggris ini.
* Rooney disebut-sebut sudah relatif paham benar dengan gaya permainan tim-tim asal Jerman. Kesiapan Rooney perlu mendapat dukungan dari sesama pemain di timnya.
 
Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Bayer 04 Leverkusen 1-2 Man Utd. (17,12 persen)
* Bayer 04 Leverkusen 0-2 Man Utd. (13,18 persen)
* Bayer 04 Leverkusen 1-3 Man Utd. (13,03 persen)

Head to Head:
UEFA Champions League ‎UCL)
17 Sep 2013  Man Utd. 4 - Bayer 04 Leverkusen 2     

Lima laga terakhir:    

Bayer Leverkusen
23 Nov 2013    Hertha BSC 0 - Bayer Leverkusen 1    GER1
 9  Nov 2013    Bayer Leverkusen 5 - Hamburg 3    GER1
 5  Nov 2013    Shakhtar Donetsk 0 - Bayer Leverkusen 0    UCL
 2   Nov 2013   Eintracht Braunschweig 1 - Bayer Leverkusen 0    GER1
26  Oct 2013    Bayer Leverkusen 2 - FC Augsburg 1    GER1

Man Utd.
24 Nov 2013    Cardiff City 2 - Man Utd. 2    EPL
10 Nov 2013    Man Utd. 1 - Arsenal 0    EPL
  5 Nov 2013    Real Sociedad 0 - Man Utd. 0    UCL
  2 Nov 2013    Fulham 1 - Man Utd. 3    EPL
29 Oct 2013    Man Utd. 4 - Norwich City 0    CCUP

Narasi prediksi:
* Kedua tim sama-sama kehilangan pemain andalan, Sidney Sam di kubu Leverkusen, dan Van Persie (MU). Tentu, absennya kedua pemain ini banyak mempengaruhi produktivitas mencetak gol kedua tim.
* Pertanyaan kuncinya, apakah United mampu mengalahkan Leverkusen yang nota bene kini menempati peringkat kedua Bundesliga?
* Lini pertahanan Leverkusen kurang tampil stabil di musim ini. Ancaman datang dari Rooney, yang bersama Van Persie, telah mengemas 13 gol di musim ini di ajang Liga Inggris.
* Grafik penampilan United dalam pekan ini menunjukkan peningkatan. Pilihan bagi pasukan Moyes satu saja, terus menggempur barisan pertahanan Leverkusen.

Prediksi hasil pertandingan menurut editor Antaranews.com:
Bayer Leverkusen: 2
Manchester United: 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : FIFA.com/Reuters/Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper