Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA INGGRIS: Derby Manchester, Saling Lempar Genderang Perang

BISNIS.COM, JAKARTA—"It's a big game for Manchester City…” Demikian pendapat bos Manchester United, Alex Ferguson yang dirilis www.premierleague.com, Senin (8/4/2013) jelang derby MU versus Manchester City, Senin malam ini (8/4/2013).

BISNIS.COM, JAKARTA—"It's a big game for Manchester City…” Demikian pendapat bos Manchester United, Alex Ferguson yang dirilis www.premierleague.com, Senin (8/4/2013) jelang derby MU versus Manchester City, Senin malam ini (8/4/2013).

“Mereka pasti ingin mengalahkan kami. Saya dapat mengerti motivasi mereka. Kami pun mungkin memiliki hal yang sama…” tuturnya.

“We want to show, mungkin. Kami tidak menerima tetap 15 poin di belakang mereka,” ujar Roberto Mancini, pelatih Manchester City, tak kalah sengit.

Saat ini, Manchester United masih bercokol di puncak klasemen dengan nilai 77, disusul Manchester City dengan 62 poin. Pertandingan yang sudah diselesaikan kedua tim 30 pertandingan, menyisakan delapan pertandingan lagi. Termasuk derby Manchester ini.

MU, sangat berpotensi menggaet gelar juara tahun ini. City, meski semakin tipis, tetap masih punya harapan mempertahankan gelarnya. Itu mengapa, pertemuan kedua tim ini pada Senin ini, bakal cukup ketat.

Derby Manchester --yang sudah terjadi sejak 12 November 1881, saat West Gorton (St.Marks) –yang kemudian menjadi Manchester City— menjamu Newton Heath –yang kemudian menajdi Manchester United— selalu menghadirkan sesuatu.

Pada derby 1970-an, ada kisah mengharukan yang melibatkan pemain top Inggris, George Best. Akibat tackling Best, kaki pemain Manchester City Glyn Pardoe patah, bahkan nyaris kehilangan kakinya itu. Di musim berikutnya, muncul peristiwa yang melibatkan George Best lagi. Namun, kali ini dengan Francis Lee.  Lee kesal, karena Best melakukan diving agar Lee diganjar hukuman.

Kemudian pada musin 1973-1974. Dua pemain masing-masing Mike Doyle dan Lou Macari diganjar kartu merah dalam partai yang berakhir 0-0 di Maine Road. Namun, kedua pemain menolak keluar dari lapangan, sehingga harus dibawa wasit ke both masing-masing tim sebelum masuk ke kamar ganti. Kedua pemain itu akhirnya menerima hukuman itu.

Memanasnya atmosfir jelang perang derby Manchester ini, tidak terlepas dari kebesaran nama kedua tim. Pada 2010, jika disatukan, nilai ekonomi kedua tim mencapai 410 juta poundsterling –City 125 juta poundsterling dan MU 286 juta poundsterling—hampir seperempat nilai ekonomi seluruh tim di liga tersebut.

Dan partai first leg semi final Piala Liga 2009-2010 antar kedua tim, disaksikan 8,3 juta orang melalui televisi dan 10 juta menonton semi final FA Cup 2010-2011 antar kedua tim itu  melalui televisi terestrial.

Pada musim lalu, pertarungan itu terlihat jelas. City akhirnya juara dan MU runner up. Namun, penentuan itu, harus diperoleh pada akhir musim. Namun, pada derby terakhir (ke-164) 9 Desember 2011 MU menang 3-2 di Stadion Etihad.

Pertarungan kedua tim kali ini dipastikan ketat. MU dipastikan bakal diperkuat Wayne Rooney pada derby yang bakal digelar di Old Trafford. Setelah cedera groin strain saat membela tim nasional Inggris di partai kualifikasi Piala Dunia dan tidak tampil saat MU melawan Sunderland dan Chelsea, sudah kembali berlatih pada Kamis pekan lalu. Begitupun Rafael. Namun, kondisi Nemanja Vidic dan Jonny Evans masih 50%-50%.

Dalam pertarungan kali ini, City masih belum akan diperkuat  bek kanan Micah Richards dan Maicon (cedera lutut). Jack Rodwell (hamstring), kemungkinan besar siap untuk kembali diturunkan. Termasuk playmakers David Silva dan Samir Nasri, kedua pemain ini sudah fit setelah menderita minor knocks akhir pekan lalu saat City menang dari Newcastle United termasuk bek Matija Nastasic.

Pemain Manchester United yang siap tampil: De Gea, Lindegaard, Rafael, Smalling, Jones, Vidic, Ferdinand, Evans, Evra, Buttner, Nani, Valencia, Powell, Carrick, Anderson, Cleverley, Giggs, Young, Kagawa, Van Persie, Rooney, Hernandez, Welbeck.

Man City: Hart, Pantilimon, Zabaleta, Kompany, Lescott, Nastasic, K Toure, Kolarov, Clichy, Milner, Nasri, Sinclair, Y Toure, Barry, Garcia, Rodwell, Silva, Tevez, Aguero, Dzeko.

Wasit: Mike Dean. Asisten Wasit: S Child, J Brooks. Ofisial pertandingan cadangan: H.Webb.

Prediksi:
FIFA 13: 1-1;

Don Hutchison: 2-2;

Dean Sturridge: 1-2.

Enam parta ietrakhir MU

Posisi          skor   Lawan                   Status                   Tanggal

Menang          0-1        Sunderland     Tamu              30 Maret 2013

Menang          1-0        Reading          Tuan rumah   16 Maret 2013

Menang          4-0       Norwich         Tuan rumah   2 Maret 2013

Menang          0-2       QPR                Tamu              23 Feb 2013

Menang          2-0       Everton           Tamu              10 Feb 2013

Menang          0-1        Fulham           Tamu              2 Feb 2013

 

Menang/Kalah Terakhir

Menang          0-1        Sunderland     Tamu              30 Maret 2013

Kalah              1-0        Norwich         Tamu              17 Nov 2012

Manchester City

Menang          4-0       Newcastle       Tuan rumah   30 Maret 2013

Kalah              2-0       Everton           Tamu              16 Maret 2013

Menang          0-1        Aston Villa     Tamu              4 Maret 2013

Menang          2-0       Chelsea           Tuan rumah   24 Feb 2013

Kalah              3-1        Southampton  Tamu              9 Feb 2013

Seri                 2-2       Liverpool        Tuan rumah   3 Feb 2013

Menang/Kalah Terakhir

Menang          4-0       Newcastle       Tuan rumah   30 Maret 2013

Kalah              2-0       Everton           Tamu              16 Maret 2013. (msb)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Editor : Others
Sumber : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper